Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya? | Biologi Kelas 7

Bagian-Bagian Mata – Hai sobat pintar tentunya banyak yang mengira kalau organ mata cuma ada bola hitam dengan cairan putih yang ada di sekelilingnya. Kalau perkiraan kalian seperti

ini tentu ini keliru sebaiknya dibuang jauh-jauh. Faktanya ketika kita menguliknya lebih dalam lagi mata menjadi salah satu organ yang sangat kompleks baik struktur dan polanya.

Organ ini merupakan salah satu dari panca indera kita, bagian ini tentu mempunyai fungsi yang penting bagi kehidupan manusia. Bayangkan saat kita semua tidak bisa melihat dengan jelas.

Pasti sakit banget kan rasanya, Apalagi kalau kita tidak bisa melihat kode-kode yang dia kasih pasti sakit banget kan sobat pintar dan adik – adik semua rasanya hehehe.

Sisi mata manusia digolongkan jadi dua, yakni organ sisi luar (kelopak, alis, dan bulu-bulu mata) dan organ sisi dalam. Tidak seperti organ sisi luar yang condong

sebagai perlindungan, organ dalam mata berperan untuk ‘mengolah’ sinar hingga kemudian bisa kita ganti jadi penglihatan. Minimal, ada 17 sisi yang berperanan penting dalam proses penglihatan.

bagian-bagian mata

Berikut Bagian-Bagian Mata

Kornea Mata

Yang pertama ada Kornea sebagai sisi bening yang memiliki sifat menembus pandang dan berada di susunan terluar. Kornea berperan sebagai tempat masuknya sinar pertama kalinya, sebelumnya terakhir sinar bisa masuk ke beberapa sel yang menerima di dalam organ.

Jika kita saksikan mata seorang, bakal ada sisi bola hitam (pupil) dan sisi yang kelihatan warna abu-abu, atau cokelat, atau biru, berbeda bergantung factor genetik seorang (iris). Nach, kornea ini cuma tutupi sisi irislah itu dan pupil.

Bagian Mata – Pupil

selanjutnya Pupil, yang disebut sisi lingkaran hitam di bola mata kita, sebetulnya ialah tempat lewatnya sinar ke mata. Pupil berperan untuk atur banyak-sedikitnya sinar yang masuk.

Misalkan, saat kita terkena banyak sinar, karena itu secara automatis pupil akan menjadi kecil hingga sinar yang masuk ke mata tidak begitu banyak. Begitupun sebaliknya.

Irislah

bagian Irislah sebagai sisi warna yang ada di sekitaran pupil. Jika kamu menyaksikan orang yang punyai warna mata berlainan (Tujuannya bukan yang punyai mata sharinggan seperti Sasuke ya.

Jika itu gunakan softlens). Nach, irislah inilah yang berperanan mewarnai pada lensa. Oleh karena itu, irislah kadang sisi ini dikenal juga Dengan “selaput pelangi “.

gambar bagian mata

Retina (Selaput jala)

Selaput jala atau Retina ialah susunan benar-benar tipis yang sensitif pada sinar. Tempatnya ada pada dinding terdalam yang berperan untuk tangkap bayang-bayang benda. Retina ini memiliki reseptor

sinar yang namanya sel tangkai (basilus) dan sel kerucut (konus). Sayang, sisi belakang retina tidak memilikinya. Akhirnya, saat ada bayang-bayang benda yang jatuh di titik itu, kita tidak bisa menyaksikannya. Sisi ini disebutkan titik buta.

Sklera (Selaput putih)

Selaput Putih atau Sklera ialah sisi dinding putih . Sklera ini berperan membuat perlindungan susunan mata dan menolong menjaga wujud organ penglihatan.

Lensa

Seterusnya Lensa yang disebut sisi yang memiliki sifat terbuka dan lunak. Terletak ada di belakang iris. Sisi mata ini berperan untuk kumpulkan dan memusatkan

sinar supaya bayang-bayang satu benda bisa jatuh di lokasi yang tepat. Antiknya, lensa mata punyai kekuatan yang dikatakan sebagai daya akomodasi. menarik sekali ya sobat.

Saraf Optik

Saraf optik berperan untuk melanjutkan info visual benda yang diterima retina ke arah otak. Nach, saraf optik inilah yang membuat kita bisa ketahui bagaimana wujud satu benda yang kita lihat. Maka dari itu, bila saraf optik ini hancur, karena itu kita tidak bisa melihat.

Koroid

Koroid ialah dinding yang berperan sebagai pemasok oksigen dan gizi untuk beberapa bagian lainnya, terutamanya retina. Koroid umumnya memiliki warna cokelat hitam atau kehitaman. Warna ini mempunyai tujuan supaya sinar tidak dipantulkan kembali.

Titik Buta

Titik buta ialah sisi yang berperan untuk melanjutkan dan berbelokkan arsip saraf ke arah otak. Pada sisi ini, tidak ada beberapa sel yang sensitif pada rangsangan sinar. Itu maknanya, saat ada bayang-bayang benda yang jatuh di titik ini, kita tidak bisa menyaksikannya.

Nah sobat pintar semua itulah tadi rangkuman informasi mengenai bagian-bagian mata yang kompleks dengan fungsi dan peranannya masing – masing sehingga harus kita jaga dengan baik

supaya penglihatan kita tentunya bisa jelas. Selain itu sebagai anugerah tuhan tentunya wajib kita bersyukur dengan menjaga dan mempergunakannya sebaik mungkin.