Mengenal Bahasa Pemrograman Java, Coding, Contoh, Aplikasi

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Pengembangan aplikasi memang menjadi ketertarikan tersendiri. Bahkan, belajar pemrograman juga dikenal gampang gampang susah. Anda bahkan harus memahami algoritma terlebih dahulu untuk memulai memahami bahasa pemrograman. Salah satu pemrograman yang sering digunakan adalah bahasa java. Yuk simak selengkapnya disini.

Mengulik Pemrograman Java

Sebagai bahasa pemrograman yang sudah berkembang sejak 1990 an, java merupakan salah satu alat pemrograman yang banyak diminati. Alat ini bahkan sering digunakan untuk membuat aplikasi native untuk android. Begitu pula, bahasa pemrograman yang satu ini juga banyak digunakan oleh para scientifik maupun akademisi.

Pasalnya, pemrograman ini sering digunakan untuk membuat aplikasi yang bertema data mining, aplikasi mobile, kecerdasan buatan, enterprise architecture dan lain sebagainya. Bahasa pemrograman yang satu ini juga telah eksis dengan berbagai web framework unggulan. Diantaranya adalah spark, sring, java server pages, Jakarta struts dan play famework.

Mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini memang harus dilakukan dengan cara yang bisa dibilang kurang praktis. Sebab anda bahkan harus menciptakan method dari kode program ketika menggunakan bahasa java. Begitu pula, pemrograman yang satu ini juga sangat terkenal dengan bahasa yang berorientasi pada objek.

Tipe Data Dasar Di Java Yang Harus Dipahami

Sebelum mengoperasikan lebih jauh, anda tentu harus memahami data dasar yang akan digunakan pada bahasa pemrograman java. Beberapa data dasar yang sering digunakan pada pemrograman ini meliputi int, string, float, Boolean, double dan yang lainnya. data-data tersebut pasalnya dapat digunakan untuk membuat suatu pemrograman.

Baca Juga :  Aplikasi Untuk Ubah Suara Jadi Teks

belajar-programming-java

Lazimnya, anda bisa mencoba menggunakan data dasar tersebut dalam menghasilkan pemrograman tertentu. Dalam hal ini, anda perlu memasukkan tipe data variabel yang dilanjutkan dengan nama variabel tersebut. Selanjutnya, anda perlu menginisialisasi variabel yang digunakan agar tidak terjadi error.

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Bahasa Pemrograman Java

Kehadiran pemrograman menggunakan bahasa java memiliki banyak pilihan yang tersedia. Anda bahkan bisa menggunakan salah satu aplikasi terbaik yang menawarkan berbagai fitur untuk menunjang kegiatan anda.Tentunya, aplikasi atau IDE yang dihadirkan selalu memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah bahasa ini adalah android studio. Aplikasi ini dirancang untuk mengembangkan aplikasi untuk platform android. Tentunya, aplikasi yang sangat fleksibel dengan berbagai jenis perangkat maupun editor ini sangat memudahkan anda dalam membuat aplikasi android.

interface-netbeans

Begitu pula, aplikasi untuk sistem pemrograman ini juga memiliki fitur built-in untuk google cloud serta kemampuan app-siging dan ProGuard. Kemudian, android studio juga dapat dikonfigurasi dengan java development kit 6 atau java development 7. Tentunya, anda bisa memiliki aplikasi ini dengan mudah karena tersedia secara gratis pada OS Windows, MacOS X dan Linux.

Tak hanya itu, anda juga bisa menggunakan netBeans dalam mengolah bahasa java. Pasalnya, aplikasi yang satu ini telah mendukung berbagai pengembangan semua aplikasi java. Aplikasi tersebut bahkan bisa diperluas kemampuannya oleh pihak ketiga, dalam meningkatkan fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi netBeans.

Menariknya, netBeans bahkan mendukung bahasa pemrograman lain seperti PHP, HTML5 dan C/C++. Penggunaan aplikasi yang satu ini juga dapat memungkinkan anda untuk menggunakan berbagai fitur proyek yang berbasis Ant serta mendukung kontrol versi, Maven dan refactory. Tentunya, netBeans bisa diperoleh dan dijalankan dengan mudah di MacOS X, Microsoft Winwows, Linux dan Solaris.

Baca Juga :  6 Aplikasi Karaoke Terbaik Di Android

Bahasa pemrograman java menghadirkan berbagai kemudahan dalam mengolah data untuk membuat aplikasi. Beberapa hal di atas dapat anda pahami terkait fitur bahasa yang digunakan maupun aplikasi yang bisa dicoba dalam menggunakan bahasa pemrograman ini. Tentunya, anda bisa mempelajari pemrograman java secara bertahap untuk membuat aplikasi.

Latihan Coding Beserta Contoh Aplikasinya

Sebelum memulai, kita buka aplikasi editor netbeans terlebih dahulu, lalu kalian bisa pilih klik File – New File, lalu kita pilih swing gui forms dan pilih JFrame From – NEXT. Untuk Class Name dan Package bisa kalian ganti sesuai keinginan, contoh disini akan saya berinama : belanja (misalnya). Lalu klik finish dan Untuk Create File biarkan saja default ya.

Setelah itu akan tampil form lembar kerja layar netbeans yang sudah kita seting dengan sangat mudah, karena program java sudah di dukung sebagai bahasa pemrograman yang sudah menampilkan interface akan lebih memudahkan kalian untuk mendesain dan memberikan syntax codingnya seperti dibawah ini.

memulai-programming-java-dengan-netbeans


desain-form-aplikasi


coding-bahasa-java