Tips Memahami Bahasa Pemrograman, Pengertian, Dan Jenisnya

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer dapat membuat seorang programmer untuk menentukan data mana yang ingin diolah oleh komputer. Teruntuk anda yang baru saja terjun ke dalam dunia programmer, maka penting untuk mengetahui pengertian, jenis, macam, tingkatan, serta contohnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Pengertian Bahasa Komputer

Secara mendasar, bahasa komputer merupakan sebuah instruksi standar untuk memerintahkan suatu sistem dalam komputer. Bahasa ini terdiri dari himpunan sintak dan semantik yang dipergunakan untuk mendefinisikan suatu sistem atau program dari komputer. Penggunaan bahasa ini memungkinkan para pelaku programmer untuk mengubah sistem data.

Sederhananya, bahasa komputer ini ialah sebuah instruksi khusus yang diperintahkan programmer kepada perangkat untuk melakukan tugas tertentu. Adapun fungsi dari bahasa ini ialah untuk memerintah perangkat komputer, agar dapat mengolah data sesuai perintah yang diberikan. Entah itu mengubah data, meneruskan, atau membloknya.

Mengenal Jenis Dan Macam Macam Bahasa Komputer Atau Pemrograman


Bahasa C

Di antara beberapa jenis bahasa komputer yang terkenal di Indonesia, Java mendapat perhatian lebih sebagai bahasa komputer yang paling disukai. Bukan tanpa alasan, penggunaan jenis bahasa pemrograman Java ini memiliki sifat yang sangat fleksibel. Bersaing dengan Java, muncul pula jenis bahasa komputer yang belakangan juga menjadi populer, yakni Bahasa C.

programming-c++

Bahasa PHP

Bahasa C sering kali digunakan sebagai media berbicara yang diajarkan di perguruan tinggi. Meski sangat mudah dipahami, para programmer lebih memilih jenis bahasa lain seperti PHP, nah php disini bukannya berarti pemberi harapan palsu ya temen-temen hehehe, yang benarnya adala pre hypertext processor.

Baca Juga :  Belajar Pemrograman Visual Basic Tingkat Dasar Dengan Mudah

php-programming

 

Nah untuk bahasa Visual Basic, Phyton, dan C++. PHP atau Hypertext Pre-Processor merupakan jenis bahasa komputer yang cukup populer di kalangan developer Indonesia.

Penggunaan bahasa PHP ini populer karena menyediakan layanan secara gratis. Tak hanya itu, para programmer lebih memilih jenis bahasa ini karena memiliki sifat dinamis dalam pengelolaan dan pembuatan web. Ada pula bahasa komputer tingkat tinggi yang sangat mudah dipahami oleh pemula, yakni bahasa Phyton.

Bahasa Pyton

Phyton merupakan jenis bahasa komputer yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi baik itu berbasis mobile maupun web. Bahkan, beberapa perusahaan besar banyak yang lebih memilih menggunakan Phyton untuk mengelola perkembangan bisnisnya. Meski berada di tingkatan paling tinggi, jenis bahasa pemrograman ini sangatlah mudah dipahami bagi pemula.

phyton-programming

 

Tingkatan Dalam Bahasa Komputer Beserta Contohnya

Pengklasifikasian bahasa komputer berdasarkan pada tingkatan yang sebenarnya tidaklah baku. Hal ini terjadi lantaran banyaknya sumber yang mengatakan tingkatan bahasa komputer yang berbeda beda. Dari segala sumber, dapat ditarik benang merah bahwa tingkatan bahasa komputer ialah tingkat rendah, tingkat menengah, tingkat tinggi, dan tingkat object.

Pada tingkatan rendah, programmer akan mempelajari banyak hal mengenai programming dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Salah satu contoh bahasa yang digunakan dalam tingkatan ini adalah bahasa mesin. Untuk tingkat menengah, bahasa yang digunakan sedikit semantik atau formal. Pasalnya, hanya pemetaan simbol yang bisa di baca mata manusia.

Contoh bahasa komputer untuk tingkat menengah ialah Assembler dan Microsoft Macro Assembler atau MASM. Sedangkan bahasa komputer tingkat tinggi berkembang lebih jauh dan lebih kompleks dari tingkatan sebelumnya. Adapun contoh bahasa komputer tingkat tinggi ialah C++, Visual Basic, Delphi, dan PHP. Untuk tingkat object juga menggunakan bahasa pemrograman ini.

Baca Juga :  Tutorial Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Tipe Bahasa Program Yang Terpopuler Di Tahun 2021

Sumber informasi yang jelas bisa kalian lihat saja namanya di situs resmi tiobe index untuk bulan desember 2020 dan disini kita bisa lihat ada bahasa pemrograman yang populer di tahun ini.

Bahasa yang menduduki rangking pertama bisa kita lihat adalah bahasa programming C, java diurutan kedua, Pyton dan C++. Berikut dibawah ini list gambar nya bisa kalian cek.

urutan-bahasa-program-terpopuler

Dengan melihat parameter ini adalah peluang yang sangat bagus bagi anda sebgai calon programmer yang handal dan agar bisa bersaing didunia pasar teknologi informasi.

Nah dari kesimpulan ini, kira-kira mana ya yang akan kalian tempuh, dan pelajari !.. Menurut kalian akan prospek jangka panjang di tahun-tahun yang akan datang nanti.. Bagi anda yang baru saja terjun ke dunia programming, maka sangat penting untuk mengetahui penjelasan dalam ulasan tersebut. Tak hanya seorang pemula, anda yang tidak berhubungan dengan programming juga dapat menambah pengetahuan

Demikian pembahasan mengenai pengertian, jenis, macam, tingkatan, dan contoh dari bahasa pemrograman software aplikasi komputer. Semoga bisa bermanfaat ya, salam sukses dari teknoinfo.id