Mengenal Bahasa Pemrograman Visual Basic Bagi Pemula

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Beberapa orang menyatakan bahwa belajar pemrograman termasuk gampang gampang susah. Hal ini tentu dipengaruhi oleh penggunaan algoritma yang terkenal rumit dan bahasanya yang masih sulit dipahami. Meski demikian, anda bisa belajar pemrograman ini dengan memahami bahasa visual basic. Pasalnya, pemrograman yang sangat populer ini mudah dipelajari. Berikut selengkapnya.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Visual Basic

Sebagaimana kegiatan yang lain, pemrograman juga memiliki berbagai aplikasi yang bisa digunakan. Meski demikian, aplikasi visual basic adalah salah satu program populer yang paling banyak diminati. Tentunya, kepopuleran program yang satu ini dapat memudahkan anda untuk belajar pemrograman karena terdapat banyak sumber yang disediakan.
Dalam hal ini, visual basic adalah bahasa pemrograman yang menggunakan integrated development environment (IDE) visual untuk membuat suatu program maupun aplikasi pada sistem operasi Microsoft windows. Tentunya, kehadiran bahasa yang sangat sederhana dan tools yang disediakan secara gratis dapat memudahkan anda untuk memahami bahasa visual basic.

Memahami Komponen Yang Dimiliki Visual Basic

Tampilan user interface yang sederhana ini dapat memudahkan siapa saja yang menggunakannya. Dalam hal ini, visual basic memiliki beberapa komponen penting yang harus anda pahami. Terdapat menu bar, toolbar, title, project, code, tool box, event immediate windows, from layout windows, module dan metode pada aplikasi ini.

Tentunya, komponen-komponen tersebut memiliki fungsi yang dihadirkan untuk membuat suatu program. Begitu pula, anda harus memahami komponen tersebut untuk melanjutkan proses pemrograman. Dalam hal ini, anda harus memahami komponen menu bar karena memiliki berbagai perintah yang bisa anda gunakan.
Begitu pula, toolbar juga harus dipahami ketika mengenali bahasa visual basic.

Baca Juga :  5 Jenis Aplikasi Database Yang Mudah Digunakan Serta Aman

Komponen ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai perintah dalam membuat suatu program. Dengan memahami fungsi dari alat tersebut, anda pun dapat menciptakan suatu pemrograman setelah menggunakannya.

contoh-aplikasi-1

Tool box juga memiliki keberadaan yang sangat penting dalam menjalankan pemrograman. Tentunya, komponen yang satu ini berisi daftar komponen yang bisa digunakan untuk membuat atau mendesain tampilan suatu program yang diinginkan. Dalam hal ini, anda bisa membuat kasir restoran, edit database, form pengguna, VB sederhana dan masih banyak yang lainnya.

Tentunya, pembuatan beberapa program tersebut dapat dilakukan dengan membuat module atau from yang terdapat pada project. From merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan berbagai objek dalam suatu pemrograman. Sedangkan, module yang digunakan pada visual basic ini juga memiliki fungsi yang hampir sama seperti form, tetapi tidak berisi objek.

Selanjutnya, anda juga harus mengikuti prosedur yang ditetapkan sebuah metode dalam membentuk berbagai objek yang sedang dibentuk.

Begitu pula, anda juga harus mencantumkan code program yang digunakan untuk mengatur berbagai objek yang telah disusun. Untuk melakukan pengujian ini, anda bisa menekan f15 yang akan memunculkan form dari program yang telah dibuat.

Tentunya, kemudahan bahasa visual basic yang digunakan dalam aplikasi ini dapat membuat anda bisa membuat program sesuai yang diinginkan. Selain itu, visual basic ini juga menampilkan bahasa visual C++ dan memiliki kontrol yang lebih canggih dalam menjalankan suatu kegiatan pemrograman. Anda bahkan bisa membuat program pembantu dengan file help maupun control activeX.

Sebagai aplikasi pemrograman yang sangat terkenal, visual basic memiliki banyak sumber yang bisa digunakan oleh pemula untuk belajar pemrograman. Tentunya, bahasa dan tampilan yang mudah dipahami juga dapat membuat anda mudah mengaplikasikan program ini untuk membuat berbagai program yang anda inginkan.

Baca Juga :  6 Aplikasi Karaoke Terbaik Di Android

Konsep Dasar Bahasa Pemrograman

Nah basic itu adalah salah satu bahasa pemrograman yang berasal dari pemograman basic sedangkan visual berarti dia berbentuk visualisasi sama dengan bahasa pemrograman yang lain. Jadi Visual Basic Itu adalah sebuah bahasa yang berbentuk oop (Object Oriented Programming) digunakan untuk membantu dalam membuat sebuah aplikasi.

Nah di sini pasti lingkungannya berupa dan contoh pada aplikasi yang penggunaannya itu atau ini dapat dijalankan setelah source kita kompile menjadi .exe, lalu meng-install. Artinya dijadikan khusus untuk desktop jadi aplikasi nanti hasilnya itu diubah menjadi sebuah installer kemudian kita harus menginstal untuk menjalankan aplikasi tersebut di komputer yang disebut dengan desktop aplikasi, untuk tipe bahasa pemograman hampir sama dengan oop yang lainnya ada yang namanya variabel adalah suatu tempat dalam memori yang digunakan untuk mengelola data baik teks atau angka, bilangan dan lain-lain.

contoh-aplikasi-2

Dan ini contoh untuk mendeklarasikan variabel dengan menggunakan perintah :

Dim nama_variable [As Type]

Contoh disini : Dim jumlah As Integer

Dim Kota As String

Apabila As Type ini tidak digunakan, maka tipe datanya akan berubah menjadi variant

Tipe Data Jangkauan Nilai

Integer -32.768 sampai 32.767

Long Integer -2.147.483.648 sampai 2.147.483.647

Currency -922337203685477,5808 s/d- 922337203685477,5807

Striing 0 s/d 65.535

Boolean True atau False

Data 1 januari 100 s/d 31 desember 9999

Byte 0 s/d 255

Double -1.7976931348232E308 s/d

Contoh :

Integer adalah bilangan bulat, atupun tipe data seperti single dan double ini merupakan bentuk tipe data pecahan decimal. Currency untuk nilai mata uang, string untuk karakter, boolean untuk menentukan salah dan benar (nilai kebenaran), date untuk tanggal, dan lain sebagainya.

Nah kemudian selain tadi, ada lagi yang disebut dengan array atau tipe struktur yang terdiri dari sebuah komponen data yang sama di sini perbedaannya mempunyai sebuah indeksnya, lalu ada lagi yang dinamakan operator yaitu suatu Tanda yang digunakan untuk menghubungkan satu variabel yang satu dengan variabel yang lain.

Baca Juga :  11 Tipe Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Nah ini saya di sini menggunakan Visual Basic 6, nah ini adalah tampilan dari Visual Basic Mungkin ada yang lebih terbaru versi sekarang seperti Visual Studio 2016 atau 15 atau yang sering dikenal dengan VB.NET akan tetapi Visual Basic 6 untuk konsep pemrogramannya bahasanya masih standar jadi sangat cocok bagi anda yang masih pemula untuk dapat belajar tahap dasar terlebih dahulu dengan memahami dan menggunakan visual basic 6 ini. Jika kalian sudah paham dan mampu menguasai teknik di vb6 ini maka akan sangat mudah untuk kalian mencoba versi pemrograman yang lebih tinggi lagi nantinya.