Tips Mudah Atasi Battery Over Temperature Di HP Android

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Rate this post

Pada kesempatan kali ini tekno info akan memberikan tips bagaimana mengatasi battery over temperature, nah untuk pengertian lebih jelasnya, battery merupakan suatu komponen yang sangat penting bagi Android. Tanpa adanya battery maka perangkat tersebut akan mati dan tidak dapat berfungsi.

Biasanya masalah yang sering ditemui pada battery yakni over temperatur, yang bisa disebabkan karena banyak faktor. Berikut ini akan diulas beberapa tips untuk atasi battery over temperature yang wajib anda ketahui.

Oke lanjut aja kita ke pembahasan intinya ya, yuk simak artikel ini sampai habis seputar fix battery temperature too low :

Tips Mengatasi Suhu Battery Yang Terlalu Tinggi Pada Android


1. Cek Temperatur Battery

Cek temperatur battery merupakan hal yang pertama yang harus anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa battery tidak rusak. Jika suhu HP yang di cek mencapai 37 derajat lebih, kemudian muncul pesan berupa suhu battery maka matikan ponsel untuk sementara waktu agar dapat dingin.

Selanjutnya jika ponsel anda dalam keadaan dingin kemudian muncul pesan error, maka kemungkinan battery ponsel rusak. Untuk melakukan pengecekan temperatur pada ponsel dapat menggunakan aplikasi CPU temperatur yang akan memudahkan anda. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dengan mudah untuk anda temukan di Play Store.

fix-battery-temperature-too-low

2. Menggunakan Charger Yang Sesuai

Charger pada setiap ponsel memiliki kapasitas daya yang berbeda-beda. Yang mana jika daya atau tegangan pada charger tidak sesuai dengan ponsel maka akan menyebabkan masalah seperti battery over temperature. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut maka anda dapat menggunakan charger yang sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik 2021

3. Membersihkan Konektor Ponsel dan Baterai

Hal yang satu ini sangat simple namun tidak dapat disepelekan begitu saja. Bagi anda yang mengalami temperatur battery yang tinggi, maka membersihkan konektor ponsel dengan penghapus karet dapat dijadikan solusi. Selain itu anda juga perlu membersihkan kuningan yang berfungsi sebagai penghubung baterai dengan Android.

Pembersihan ini dapat dilakukan secara rutin, untuk tetap menjaga keamanan battery ponsel anda. Selain itu hindari untuk menggunakan ponsel yang berlebihan saat proses charger, karena hal tersebut dapat memperparah over temperatur dari ponsel anda. Sehingga apabila mengalami kerusakan, akan mengharuskan untuk diganti dengan battery yang baru serta cocok dengan ponsel anda.

4. Menggunakan Charger Desktop

Jika menggunakan charger asli dari ponsel anda dapat membuat battery over temperature atau membuatnya menjadi lebih panas dari biasanya, maka anda dapat menggunakan charger desktop. Akan tetapi cara satu ini hanya dapat dilakukan bagi ponsel yang battery masih dapat dilepas.

Untuk charger desktop sendiri dapat anda temui dengan mudah di berbagai tempat. Dengan kisaran harga mulai dari 30 sampai 40 ribu rupiah. Dalam membeli charger ini anda juga harus memastikan apakah sesuai jika digunakan dengan ponsel atau tidak. Untuk itu diperlukan ketelitian sebelum membelinya.

battery-over-temperature-solution

5. Mengganti Battery

Cara satu ini dapat digunakan bagi anda yang memiliki battery ponsel yang dapat dicopot atau dipasang kembali. Cobalah mengganti battery HP dengan menggunakan merek lain, untuk mengetahui cocok atau tidaknya, anda dapat melakukan percobaan pada battery ponsel teman atau keluarga yang tidak memiliki masalah battery over temperature.

Jika berhasil menggunakan battery lain, maka anda dapat menggantinya dengan merek yang sesuai dengan battery tersebut. Anda dapat menemukannya di berbagai konter yang berada di wilayah anda. Utamakan untuk membeli battery yang original agar dapat tahan lama dan tidak mudah menimbulkan masalah nantinya.

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar Ms Excel Untuk Pemula

Penggunaan ponsel yang berlebihan saat proses charger berlangsung dapat membuat temperatur HP meningkat sangat tinggi. Jika hal tersebut sering terjadi maka lama-lama akan terjadi masalah yang berdampak pada rusaknya battery. Beberapa hal di atas dapat anda coba jika hp kalian mengalami battery charging over temperature.

Demikan saja tips yang bisa kami bagikan seputar battery over temperature, semoga bisa menambah wawasan temen-temen semua, dan bisa bermanfaat.