Belajar Di Rumah Dengan Teknologi Selama Masa Pandemi

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

belajar di rumah – Virus covid 19 adalah penyakit berbahaya yang bisa menginfeksi siapa saja. Untuk menghadapi kondisi tersebut, sekolah yang ada di seluruh dunia mencoba pembelajaran jarak jauh agar dapat memutus penularan. Sayangnya, pembelajaran daring melalui belajar di rumah ini banyak menemui kendala yang dirasa kurang maksimal. Untuk memaksimalkan pembelajaran tersebut, berikut selengkapnya.

Tips Jitu Belajar Efektif Selama Di Rumah

Tak seperti di sekolah, belajar secara daring memang seringkali menemui banyak kendala. Mulai dari rasa malas karena dekat dengan kamar tidur hingga malas karena belajar harus dilakukan secara sendiri. Oleh karena itu, anda harus memodifikasi ruang belajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah awal yang harus dilakukan dalam hal ini adalah memisahkan ruang belajar dengan tempat tidur. Sayangnya, beberapa anak seringkali ingin belajar di tempat tidur selama di rumah. Kondisi tersebut tentu bisa membuat tubuh anda merasa lelah dan mengantuk dalam memulai berbagai hal. Oleh karena itu, belajar di ruangan yang nyaman dan jauh dari tempat tidur adalah solusinya.

pembelajaran-during-dirumah

Begitu pula, anda juga harus bisa menganggap belajar di rumah sebagaimana belajar ketika di sekolah. Dalam hal ini, anda harus memulai pagi dengan mandi dan sarapan untuk menyiapkan semangat yang tinggi. Dengan demikian, anda dapat menjadikan belajar daring lebih efektif dan maksimal seperti pembelajaran during.

Hal lain yang harus dipastikan sebelum memulai pembelajaran ini adalah pemenuhan kebutuhan sekolah online. Tentunya, kuota dan baterai gawai yang digunakan harus harus bisa menunjang kegiatan pembelajaran. Selain itu, anda juga harus mematikan notifikasi agar tidak mengganggu kegiatan belajar karena pesan tersebut dapat merusak konsentrasi.

Baca Juga :  7 Hp Snapdragon Terbaik Dengan Harga 2 Jutaan

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan santai dan fleksibel terkadang membuat seseorang bingung dalam mengatur waktu yang dimiliki. Beberapa orang bahkan menunda waktu belajar untuk dikerjakan nanti. Begitu pula, beberapa orang yang lain juga ingin semua pekerjaannya selesai dengan cepat dan langsung melakukan kegiatan lain.

Kondisi ini tentu menjadi tidak efektif karena pemikiran tersebut bisa membuat seseorang menjadi multitasking. Belajar di rumah yang dilakukan dengan cara ini bahkan bisa memecah konsentrasi dan membuat anda sudah untuk mengerjakan. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat anda bosan dan terbebani. Akibatnya, tubuh dapat mudah lelah dan sakit.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, kegiatan bersosialisasi dapat menjadi solusi. Dalam hal ini, anda bisa melakukan sosialisasi secara online dengan teman teman maupun belajar bersama dengan orang tua di rumah. Kegiatan sosialisasi ini bahkan sudah terbukti efektif agar keseharian bisa lebih santai dan otak dapat refreshing.

Begitu pula, sosialisasi yang dilakukan bersama teman juga bisa menambah wawasan anda. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan berbagai aplikasi dengan memanfaatkan teknologi yang anda miliki. Kemudahan teknologi ini bahkan bisa membuat anda lebih mudah dengan cara menghadirkan konferensi menggunakan video maupun via chatting grup.

aktifitas-belajar-dirumah

Tentunya, aktivitas belajar yang sudah dilakukan juga harus didukung dengan istirahat yang cukup. Dalam hal ini, anda juga perlu melakukan peregangan di sela sela belajar di rumah. Kondisi ini bahkan bisa membuat tubuh anda lebih nyaman dan otak menjadi lebih fresh. Begitu pula, setiap kegiatan yang dilakukan juga harus ditunjang dengan berbagai asupan makanan bergizi.

Teknologi Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Pembelajaran Daring

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama di rumah sebaiknya juga didukung dengan teknologi yang mumpuni agar kebutuhan belajar bisa terpenuhi. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan bimbingan belajar online yang disediakan oleh guru. Tentunya, anda bisa memanfaatkan video, rangkuman maupun latihan soal dalam belajar.

Baca Juga :  7 Aplikasi MP3 Terbaik Untuk Pemutar Musik Di HP Android

Salah satu aplikasi yang sering dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran online adalah google classroom. Layanan ini seringkali dimanfaatkan dalam memulai kegiatan kelas bersama menggunakan akun google atau gmail. Pemanfaatan platform tersebut bahkan bisa membuat layanan kelas secara online dengan cara yang mudah dan praktis.

Anda bahkan tidak perlu bingung dalam menggunakan aplikasi ini. Tampilan yang sangat friendly dan mudah digunakan bisa dimanfaatkan untuk belajar daring. Begitu pula, aplikasi ini juga bisa langsung digunakan untuk mengirim berbagai tugas seperti file, video maupun foto dan dilengkapi dengan fitur untuk chatting.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bisa mengatur batasan waktu untuk mengirim tugas. Google classroom Bahkan menghadirkan fitur peninjauan tugas yang bisa dilakukan sebelum tugas dikirim. Hal lain yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini adalah tempat penyimpanan yang terhubung langsung dengan google drive. Oleh karena itu, anda tidak perlu bingung jika membutuhkannya.

Aplikasi lain yang banyak diminati selama belajar di rumah adalah zoom. Aplikasi yang satu ini seringkali dimanfaatkan untuk memulai kelas online maupun kegiatan diskusi. Zoom menyediakan ruang untuk 100 peserta dalam satu sesi konferensi video. Untuk terhubung dengan aplikasi ini, anda bahkan hanya perlu menerima undangan yang dikirim melalui link.

Dengan memanfaatkan zoom, seorang guru bisa mengajar dengan baik sebagaimana di kelas. Guru bahkan bisa menampilkan papan power point di layar sebagai media dan menggunakan papan tersebut sebagai papan tulis. Pasalnya, zoom sangat efektif untuk media pembelajaran dalam menunjang pembelajaran daring.

Selain itu, aplikasi ini juga didukung dengan berbagai fitur seperti rise hand untuk mengangkat tangan sebelum berbicara. Zoom bahkan memiliki fitur chat untuk berkoordinasi maupun mengirimkan link berisi drive yang bisa didownload. Aplikasi ini juga menyediakan break room untuk membagi ruang yang bisa digunakan untuk berdiskusi.

Baca Juga :  Cara Mudah Download Youtube Video Dengan Televzr

Belajar daring memang bisa dilakukan secara optimal oleh beberapa orang. Beberapa pemanfaatan teknologi tersebut juga bisa mendukung kegiatan ini menjadi lebih maksimal. Sayangnya, kondisi ini tidak bisa dilakukan oleh semua pihak di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi oleh beberapa orang.

Penyebab Pembelajaran Daring Kurang Maksimal

Belajar di rumah memang membutuhkan semangat yang lebih bagi setiap orang. Sayangnya, kekurangan media yang bisa digunakan untuk sekolah online bisa menghambat kegiatan ini. Beberapa hal yang menjadi kendala dari sistem pembelajaran ini adalah kondisi sinyal di suatu tempat maupun media komunikasi yang kurang.

pembelajaran-during-kurang-maksimal

Sinyal adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk menunjang sekolah online. Sayangnya, kemajuan daerah yang berbeda di Indonesia menyebabkan sinyal atau koneksi menjadi permasalahan di suatu daerah. Beberapa wilayah yang sering mengalami masalah ini adalah wilayah yang berada di pelosok desa maupun daerah tertentu.

Selain itu, ketimpangan sosial yang masih terjadi juga menyebabkan beberapa orang belum bisa memenuhi kebutuhannya, termasuk alat komunikasi untuk belajar online seperti smartphone. Untuk menjembatani masalah ini, seorang guru biasanya akan mengunjungi anak tersebut. Selain itu, beberapa anak terkadang juga dibentuk tim belajar secara mandiri.

Penyakit yang disebabkan oleh virus covid 19 telah menimbulkan banyak korban dan menjadi permasalahan umum yang harus diatasi oleh setiap negara. Hal ini bahkan membuat setiap negara harus mencari berbagai solusi seperti pembelajaran online. Tentunya, teknologi yang dimiliki dapat menjadi penunjang sistem belajar ini. Sayangnya, pembelajaran daring masih memiliki banyak kendala.