Konsep Dasar Belajar HTML Bagi Pemula

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Dewasa ini, banyak orang yang tertarik dengan perkembangan website. Pasalnya, website yang sering digunakan sebagai media informasi telah berkembang menjadi media promosi maupun alat pemesanan produk. Namun, website yang dibuat tanpa menggunakan coding seringkali tampak kaku. Untuk itu, belajar html dapat membantu untuk mengembangkan website yang menarik.

Mengenal Rancangan Studi HTML

HTML atau kepanjangan dari Hypertext Markup Language adalah bahasa markah standard yang sering ditampilkan di internet. Dalam hal ini, HTML dapat membantu anda untuk menyusun berbagai paragraph, link atau tautan, heading dan blockquote yang sering digunakan pada halaman web maupun aplikasi.

Pasalnya, bahasa yang satu ini bukanlah bahasa pemrograman. Cara kerja yang dihadirkan oleh HTML ini sama halnya dengan penggunaan Microsoft Word, yaitu mengorganisir dokumen. Meski demikian, anda membutuhkan beberapa kode sederhana seperti tag dan atribut yang berfungsi sebagai markup pada halaman website anda.

Awal mula keberadaan Hypertext Markup Language ini dipelopori oleh Tim Berners-Lee yang ingin membuat referensi link untuk dihubungkan dengan teks yang lain. Selanjutnya, ide tersebut telah dieksekusi pada tahun 1991 menjadi HTML tag. Bahkan, perkembangan HTML yang semakin pesat membuat bahasa ini dianggap sebagai web standard yang resmi.

Tentunya, belajar html dan css dapat membantu anda untuk menghadirkan informasi menarik yang dihadirkan pada halaman website. Melirik perkembangan HTML hingga saat ini, bahasa ini telah berkembang menjadi HTML5 pada tahun 2014 dengan penyederhanaan syntax dan efek eror. Selain itu Hypertext Markup Language ini juga menghadirkan berbagai fitur menarik untuk anda gunakan.

Baca Juga :  Tips Mengetik 10 Jari Dengan Cepat Untuk Pemula

script-html

Kerangka HTML Yang Harus Anda Ketahui

Lazimnya, HTML tersusun dari beberapa kumpulan atom yang terdiri dari tag, atribut dan elemen. Keberadaan atom tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam menghadirkan tampilan pada halaman website. contoh coding html website dengan atom ini, anda bahkan bisa membuat teks dalam bentuk bold menggunakan tag<bold>.

Begitu pula, anda juga bisa memanfaatkan atribut dan elemen ketika belajar HTML. Dalam hal ini, atribut berfungsi untuk memberikan perintah tambahan yang terdapat pada elemen. Sedangkan elemen adalah penggunaan kode yang berisi tag pembuka (<>) maupun tag penutup (</>). Meski demikian, komponen HTML perlu dipahami dengan rinci dalam mempelajari coding HTML dasar.

Jika anda sudah memahami berbagai komponen dasar tersebut, anda bisa mengumpulkan beberapa atom untuk menghasilkan dokumen HTML yang menarik. Tentunya, anda bisa membuat dokumen HTML sederhana dalam ketika masih menjadi pemula. Untuk lebih jelasnya, anda bahkan bisa mempraktikkan pembuatan halaman ini pada website anda.

Web Browser Terbaik Untuk Membuat HTML

Untuk mengetahui hasil pembuatan dokumen melalui HTML, anda perlu menggunakan web browser terbaik untuk mengakses halaman website yang anda miliki. Beberapa web browser yang telah dihadirkan dengan berbagai keunggulan dapat terdiri dari google chrome, mozilla firefox, browser opera, microsoft edge dan masih banyak lagi yang lainnya.

web-browser-html

Dalam hal ini, google chrome dapat menjadi web browser terbaik untuk mengetahui hasil dari belajar html lengkap yang telah anda lakukan. Browser yang bisa digunakan pada berbagai sistem operasi ini memiliki kemampuan yang aman, multifungsi dan sangat ringan. Tentunya, anda dapat mengetahui hasil HTML yang telah dibuat menggunakan web browser yang satu ini.

Baca Juga :  Tips Mudah Atasi Battery Over Temperature Di HP Android

Itulah beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belajar bahasa HTML untuk menghadirkan tampilan website menjadi lebih menarik. Tentunya, website yang dihadirkan dengan desain trendi dapat menambah pengunjung yang berselancar pada website anda. Selain itu, penggunaan bahasa HTML ini juga dapat dihadirkan secara sederhana.