Tutorial Mudah Belajar Ms Excel Untuk Pemula

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ms excel. Salah satu software yang dihadirkan oleh Microsoft ini seringkali digunakan untuk mengolah angka maupun data. Tentunya, anda bisa belajar ms excel dengan mudah melalui les privat maupun belajar otodidak dari internet. Yuk simak selengkapnya disini.

Mengenal Ms Excel Lebih Dekat

Ms excel yang biasa disebut dengan nama Microsoft excel atau excel merupakan program pengolah angka yang dihadirkan dalam bentuk spreadsheet. Tampilan spreadsheet ini terdiri dari beberapa kolom dan baris atau disebut sel. Tentunya, bentuk spreadsheet yang dihadirkan bertujuan untuk memasukkan angka maupun data yang hendak diolah.

Program atau software ms excel ini bahkan tersedia pada OS Windows, MacOS, Apple dan Android. Tentunya, program ini memiliki fungsi yang sama dalam mengelola data angka. Jumlah sel yang terdapat pada software excel 2016 memiliki 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. Tentunya, total kolom dan baris tersebut dapat anda jadikan sebagai media belajar ms excel.

mengenal-ms-excel

Software yang satu ini bahkan termasuk sebagai software pengolah angka yang paling diminati dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kondisi ini dikarenakan excel sangat mudah dipahami. Begitu pula, platform yang satu ini juga memiliki pivot tabel untuk memanajemen data dan dapat digunakan sebagai alternative SQL. Selain itu, excel bahkan juga mendukung visual basic.

Pasalnya, ms excel ini memiliki menu worksheet atau spreadsheet yang hampir sama dengan ms word. Software ini menghadirkan tampilan banyak tabel karena berfungsi untuk mengolah angka. Begitu pula, software yang satu ini banyak dilengkapi dengan rumus, formula bar, index baris, indek kolom, tab worksheet, cell pointer, column heading dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar MYSQL Tingkat Dasar

Begitu pula, anda juga harus memahami cara membuka, menyimpan dan mengoperasikan platform ini. Tentunya, anda bisa belajar ms excel dengan mudah jika sudah memahami ms word. Sebagai software yang dihadirkan oleh microsoft, kedua platform ini hampir memiliki kesamaan. Rumus dan tampilan worksheet adalah perbedaan yang paling nyata.

Mengenal Rumus Yang Sering Digunakan Pada Mc Excel

Rumus adalah ciri khas ms excel sebagai software pengolah angka. Tentunya, software yang satu ini memiliki banyak rumus yang dihadirkan oleh autoSUM pada menu Home. Meski demikian, anda juga bisa menggunakan beberapa fungsi secara manual untuk membentuk sebuah rumus. Misalnya, anda bisa menggunakan tanda * sebagai perkalian, tanda / untuk pembagian dan lainnya.

Beberapa rumus yang sering digunakan dalam pengolahan ini adalah penjumlahan, rata-rata, mencari nilai minimal, mencari nilai maksimal dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu rumus yang digunakan untuk menambahkan angka adalah SUM. Dalam hal ini, anda bahkan bisa belajar ms excel dengan menambahkan data secara langsung maupun satu per satu.

Jika anda ingin menambahkan data secara langsung pada suatu kolom, anda bisa langsung memasukkan rumus SUM. Misalnya =SUM(B2:B9) kemudian enter. Maksud nilai dari rumus tersebut adalah penjumlahan nilai angka atau data yang terdapat pada kolom B2 hingga B9. Begitu pula, anda juga bisa menggunakan rumus =SUM(B2;B5;B7) dan enter untuk menjumlahkan manual.

Belajar software Microsoft excel bisa dilakukan dengan mudah. Anda bahkan bisa memahaminya secara cepat ketika praktik langsung, dengan cara membuka tutorial yang terdapat di internet. Meski demikian, anda juga bisa mengikuti les privat Microsoft excel agar bisa menguasai berbagai materi dasar hingga tingkat lanjut dari platform ini.

Baca Juga :  Materi Perancangan Basis Data Secara Fisik Dan Logika

Pengertian Memahami Tampilan Antar Muka MS EXCEL

Pengenalan dan praktek dasar, apa itu column ?. Atau istilahnya dan sering disebut kolom dalam bahasa Indonesia adalah bagian dari lembar kerja yang membentang secara vertikal yang ditandai dengan alfabet a b c dan seterusnya,

Lalu kemudian Row dalam bahasa Indonesia adalah baris-baris yang ada di bagian dari lembar kerja yang membentang secara horizontal yang ditandai dengan angka 1 2 3 dan seterusnya Sedangkan untuk cel merupakan kombinasi keduanya yang berarti pertemuan dari kolom dan baris yang membentuk sebuah kotak kecil yang fungsinya untuk menginput dan menampung data pada Microsoft Excel.

tampilan-lembar-kerja-excel


fungsi-toolbar-worksheet


memahami-fungsi-dan-tampilan-awal-excel

Setiap sel mempunyai nama tersendiri tergantung pada lokasi tersebut seperti contoh ada : B3 artinya sel tersebut berada pada kolom B dan baris ke-3.

Dan ada juga sel aktif yaitu sel yang sedang kita gunakan untuk memasukkan data atau mengedit data sel aktif ditandai dengan Batas garis yang tebal pada sisi sel dan terdapat sebuah kotak hitam kecil di pojok kanan bawah nya Kalian juga bisa melihat nama sel yang aktif pada namebook. Kemudian range atau dalam bahasa Indonesia itu disebut dengan rentang merupakan kumpulan beberapa sel dalam sebuah lembar kerja seperti ini disebut dengan tentang A2 sampai dengan B3 yang di seleksi dengan sel dua barus sejajar.

Nah cukup itu saja dulu pengenalannya ya, untuk ketahapan pelajaran selanjutkan akan di update di artikel selanjutnya, semangat belajar terus ya teman-teman.. Semoga dapat bermanfaat dan sukses selalu.

Baca juga : Rumus Dasar Excel