Panduan Mudah Belajar MS Word Untuk Orang Awam

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

belajar ms word, Kata word yang digunakan dalam nama microsoft word merupakan fungsi dari software ini. Tentunya, microsoft word atau biasa disebut ms word maupun word adalah program pengolah kata yang sering digunakan untuk menulis secara digital. Bahkan, anda bisa belajar ms word dengan mudah melalui les maupun mengikuti panduan di internet. Berikut selengkapnya.

Cara Menggunakan Ms Word Bagi Pemula


1. Membuka Dan Membuat Dokumen

Jika pertama kali kalian membuka dengan mengklik icon aplikasi ms word ini maka akan tampi seperti gambar dibawah ini ya teman-temannya, pada posisi paling atas bisa kalian perhatikan nomor 1 ini adalah namanya ribbon,

no 2 namanya title bar ya, title bar atau baris judul diSini apabila nanti teman-teman menyimpan dokumen di Microsoft Word maka disini akan muncul nama file dokumen kalian yang sudah disimpan, lalu di posisi sudut pojok sebelah kanan ini ada yang minimalis lambangnya seperti tanda minus, restore berbentuk kotak dan exit atau keluar dengan tanda silang ya.

Nah untuk minimalis ini jika diklik berguna untuk menyembunyikan layar dokumen sementara di bagian bawah yang nanti sewaktu-waktu kalian ingin gunakan kembali bisa dipilih kembali filenya, berbeda dengan resotre ini untuk mengecilkan dan mengembalikan layar dokumen ini keposisi semulanya, serta tombol keluar atau exit ini untuk mengakhiri / menutup dokumen atau lembar kerja kalian.

Sebagai software pengolah kata, ms word seringkali digunakan untuk membuat surat, artikel, naskah dan lain sebagainya. Tentunya, pembuatan file tersebut harus diawali dengan membuka word. Dalam hal ini, anda bisa langsung membuka software ini dengan klik icon word pada desktop maupun melalui tombol pencarian yang terdapat pada windows.

Baca Juga :  Tips APK Signal Aman Untuk Pesan Yang Privasi

Setelah anda menemukan icon word, anda hanya perlu klik icon tersebut sebanyak 2 kali. Kemudian, halaman ms word akan muncul beberapa pilihan sehingga anda bisa memilih blank dokumen untuk menulis dokumen yang baru. Begitu pula, anda juga bisa membuka tampilan word baru dengan memilih file, lalu tekan new dan pilih blank dokumen.

pengaturan-dokumen-ms-word

2. Menyimpan Dokumen

Anda juga perlu belajar ms word untuk mengetahui cara menyimpan dokumen. Tentunya, cara ini dapat dilakukan ketika anda sudah selesai membuat maupun mengedit dokumen. Dalam hal ini, penyimpanan dokumen terdiri dari save dan save as. Icon save pada dasarnya digunakan untuk menyimpan dokumen yang telah selesai dibuat dan diedit.

Anda bahkan bisa langsung memilih icon save yang terdapat di atas file maupun memilih icon file dan menekan save. Selain itu, anda juga bisa menggunakan menu save as untuk membuat dokumen baru sebagai salinan dari dokumen yang lama. untuk menyimpan dengan cara ini, anda hanya perlu memilih menu file, kemudian klik save as, lalu beri nama di tempat penyimpanan dan save.

pengyimpanan-dokumen

3. Mengatur Margin

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah margin pada ms word. Pasalnya, margin adalah pengaturan tata letak teks yang selalu anda gunakan ketika menulis dokumen. Dalam hal ini, margin biasanya akan menentukan jarak teks dengan garis terluar kertas yang berada pada sisi atas, sisi kanan, sisi kiri dan juga sisi bawah.

Untuk melakukan pengaturan dalam belajar ms word ini, anda perlu memilih menu page layout yang terdapat pada menu bar microsoft word. Setelah itu, anda bisa klik icon yang terdapat pada barisan paling kiri dan terdapat tulisan margin. Kemudian, anda bisa mengatur margin ini dengan menuliskan angka pada kolom yang disediakan. Anda juga bisa menentukan bentuk kertas disini.

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar Ms Excel Untuk Pemula

margin-ms-word

4. Memasukkan Gambar Dan Membuat Tabel

Selain itu, memasukkan gambar dan membuat tabel juga dapat dilakukan untuk memperjelas dan mempercantik tulisan anda. Tentunya, menu yang satu ini terdapat pada menu insert. Untuk memasukkan gambar, anda hanya perlu klik menu gambar atau mendrag gambar yang sudah disediakan.

Begitu pula, anda juga bisa membuat tabel dengan memilih menu table pada menu insert. Belajar ms word juga bisa dilakukan dengan memilih jumlah tabel dan kolom pada menu ini dapat dilakukan dengan memblok insert tabel yang telah disediakan. Selain itu, anda juga bisa klik insert table untuk memasukkan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan.

insert-gambar-dan-table

Software pengolah kata ms word memang paling banyak digunakan oleh semua kalangan. Software ini memiliki banyak menu yang bisa digunakan untuk memudahkan anda dalam membuat dan mengedit dokumen. Tentunya, beberapa ulasan di atas adalah hal yang bisa anda gunakan sebagai pemula dalam mempelajari software ini.

Ulasan belajar ms word yang telah dijelaskan termasuk kategori masih dalam pengenalan terlebih dahulu ya, untuk tips latihan yang lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya. Tetap semangat belajar terus ya, sukses selalu.