Tutorial Mudah Belajar MYSQL Tingkat Dasar

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

MYSQL adalah salah satu software atau aplikasi database untuk pengembangan beberapa aspek bisnis. Aplikasi tersebut banyak digunakan terutama pada bisnis pembuatan website. Sayangnya, penggunaan software tersebut bukanlah hal yang mudah dilakukan. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengetahui tips belajar MYSQL dalam ulasan berikut ini.

Cara Mudah Mempelajari Software MYSQL Untuk Pemula


1. Pengenalan Dasara Basis Data

Tentu kalian harus paham dasar tentang database atau yang sering disebut basis data ini, dengan terminologi-terminologi nya, bahasa bahasa yang kita gunakan di SQL.

Oke sebelum itu kita akan mengenal dahulu Apa itu database database adalah koleksi sistematis dari data yang nantinya kita akan lebih mudah untuk memanajemen datanya ya, untuk lebih mudahnya akan saya berikan ilustrasinya : misalkan Saya ingin membuat toko online, kemudian toko online – toko online tersebut pastinya nanti harus mempunyai sebuah database tentunya.

Apa saja data-data yang harus kita miliki apa saja data-data yang harus kita simpan yang pertama yaitu data barang, lalu kedua harga barang, lalu kita juga bisa menyimpan databpenjual dan pembeli serta data transaksi dan lain-lain sehingga ketika kita nanti ingin misalkan mengetahui Berapa penjualan hari ini kita bisa lihat dari data transaksi yang berhubungan dengan toko online tersebut.

database

Bisa lihat dari data penjual lalu misalkan berapa data pembeli yang ada pada umur 17 sampai umur 25, ya kita bisa lihat dari data pembeli, yang anti dari atribut tanggal lahir misalkan ya. Nah inilah yang merupakan contoh-contoh data manajemen yang bisa kita lakukan dalam database toko online.

Baca Juga :  Apa Itu Proxy Server? Berikut Fungsi Dan Manfaatnya

Satu contoh selanjutnya adalah misalkan kita ingin membuat sebuah aplikasi ojek online, dan apk ojek online tentu saja nanti kita akan menyimpan data tukang ojek, data pelanggan, data transaksi tarikan ojek, dan lain-lain yang ada di sini juga kita bisa lihat misalkan demografi dari data pelanggan kita seperti apa lalu misalkan rata-rata umur dari tukang ojeknya berapa dan lain sebagainya. Jadi paham nya konsep dasar dari database itu seperti apa ?.

2. Menginstal Software MYSQL

Sebelum mulai mempelajari MYSQL, pastikan anda sudah menginstal perangkat lunak ini dalam komputer. Perlu anda ketahui, komputer merupakan jenis server yang bisa menampung beban kapasitas file berat. MYSQL sendiri merupakan perangkat lunak yang lumayan menyita ruang memori. Oleh sebab itu, silahkan unduh melalui laptop agar tidak eror.

instal-mysql

Intinya, untuk mempelajari perangkat lunak MYSQL anda harus menggunakan komputer. Pastikan bahwa server yang anda gunakan sudah terdownload software MYSQL. Jika belum, maka anda bisa melakukan pengunduhan melalui Google Browsing. Setelah diunduh, barulah anda bisa melakukan penginstalan perangkat lunak MYSQL pada komputer.

3. Login Akun MYSQL

Pasa perangkat lunak selesai diinstall, tahap selanjutnya adalah login akun. Pada dasarnya, mempelajari MYSQL sendiri bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mula mula, gunakan akun MYSQL yang sudah anda miliki. Tetapi jika anda seorang pemula belajar MYSQL, maka pilih login dengan user Root. Ingat, menu tersebut dikhususkan bagi mereka yang memang baru terjun ke dunia database.

login-mysql

Setelah memilih menu login Root, anda akan diminta untuk mengisi nama user dan password akun. Perlu anda ketahui, password yang diminta ialah kata sandi yang anda gunakan pada saat melakukan penginstallan perangkat lunak MYSQL. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk senantiasa mengingat kata sandi penginstalan software tersebut.

Baca Juga :  Materi Perancangan Basis Data Secara Fisik Dan Logika

4. Membuat Database Untuk MYSQL

Ingat, saat ini anda sedang dalam proses mempelajari database MYSQL. Untuk itu, buatlah akun database dengan nama yang masih baru. Selain membuat database baru, anda diharuskan untuk membuat alamat user untuk akun database MYSQL. Mengingat saat anda login, sistem masih belum merekap nama pendaftar. Cobalah membuat nama akun yang mudah diingat.

membuat-database-mysql

Setelah selesai membuat user database baru, anda juga perlu membuat kata sandi atau password demi terciptanya keamanan selama belajar MYSQL. Pembuatan user dan password juga bertujuan memudahkan anda untuk mengetahui tampilan database yang nantinya akan dibuat. Jadi, usahakan nama user dan kata sandi mudah diingat.

5. Belajar Menggunakan List Table Terlebih Dahulu

Ketika berbicara mengenai website, maka secara otomatis akan menyinggung mengenai konten terkait database MYSQL. Ada kalanya, dalam mempelajari perangkat lunak ini anda dimintai untuk mengisi list table tertentu. Untuk dapat mengoperasikan list table, anda bisa mengisi perintah “User Nama Database” kemudian memilih “Use Blogspot” dan diakhiri menu “Show Table”.

list-table-mysql

6. Cara Mengakhiri Pembelajaran Database MYSQL

Jika anda sudah merasa menguasai list table, tentu tidak dapat menutup jendela software secara langsung. Anda perlu mengetahui cara untuk keluar dari perangkat MYSQL dulu. Caranya, cukup klik tulisan “Exit” yang tertera di layar utama.

Opsi lainnya, anda bisa tekan CTRL+D, maka jendela layar akan tertutup dan menyimpan seluruh data yang dibuat selama belajar MYSQL.
Itulah beberapa langkah atau tutorial untuk mempelajari perangkat lunak MYSQL. Meski kedengarannya cukup sederhana, jika terjadi kesalahan sedikit saja maka proses pembelajaran MYQSL bisa saja gagal. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan tiap tiap poin yang telah dijelaskan dalam ulasan tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar Ms Excel Untuk Pemula