6 Cara Mudah Aktifkan Bluetooth Di Laptop Ataupun PC

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Rate this post

Pada kesempatan kali ini tekno info akan memberikan tips cara aktifkan bluetooth di laptop. Konektivitas Bluetooth pada laptop maupun PC tentunya memiliki kegunaan yang sangat penting. Diantaranya untuk menerima atau mengirim berbagai jenis file yang berupa dokumen, musik, film atau word yang berisi tugas. Tidak hanya dapat mengirim file dari laptop ke ponsel namun Bluetooth berfungsi menghubungkan perangkat lain. Simak cara aktifkan Bluetooth laptop berikut ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Bluetooth Pada Laptop


1. Menggunakan Tombol FN

Tombol FN yang terdapat pada laptop dapat dijadikan sebagai tombol shortcut keyboard agar dapat melakukan berbagai fungsi. Seperti dapat mengaktifkan dan menonaktifkan. Mulai dari mengatur kecerahan, mengatur volume dan termasuk juga untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop kamu.

Maka dari itu, anda harus memperhatikan tombol manakah antara F1 sampai dengan F12 yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan Bluetooth. Cara mudah untuk mengetahuinya dengan cara melihat ikon Bluetooth pada tombol-tombol tersebut. Misalnya pada laptop Acer tombol yang digunakan untuk mengaktifkan Bluetooth adalah FN+F3.

Pada masing-masing laptop memiliki fungsi tombol yang berbeda. Jadi anda harus tentukan tombol mana yang benar-benar memiliki fungsi untuk mengaktifkan Bluetooth. Agar cara satu ini dapat berhasil anda gunakan untuk mentransfer data-data penting seperti tugas ke perangkat lainnya.

Baca Juga :  Tips Uji Kecepatan Internet Koneksi Yang Paling Akurat

cara-aktifkan-bluetooth-di-laptop-windows-10

2. Menggunakan Ikon Bluetooth di Sistem Tray

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan Bluetooth laptop adalah mengunjungi sistem tray. Kamu dapat menemukan sistem tray yang terletak pada bagian kanan bawah laptop. Kemudian tekan ikon panah ke atas untuk membukanya. Setelah itu maka terdapat ikon Bluetooth dan lainnya.

Selanjutnya klik kanan pada ikon Bluetooth untuk memilih berbagai menu lain yang tersedia. Menu tersebut seperti add a Bluetooth device untuk menambahkan koneksi perangkat dan show Bluetooth device untuk melihat perangkat yang terhubung. Jika anda ingin mengirim atau menerima file maka pilih menu send file atau receive a file.

3. Menggunakan Device Manager

Mengaktifkan Bluetooth selanjutnya adalah menggunakan Device manager. Cara yang digunakan cukup mudah, yakni membuka device manager. Setelah membukanya maka anda akan menemukan menu Bluetooth yang belum aktif. Untuk mengaktifkannya cukup dengan klik kanan menu enable, kemudian pilih ok.

4. Instal Driver Bluetooth

Ketika anda melakukan percobaan mengenai beberapa cara sebelumnya seperti menggunakan tombol FN, kemudian gagal. Maka kemungkinan besar sistem operasi pada laptop anda belum memiliki driver Bluetooth laptop. Untuk itu pasanglah server Bluetooth terlebih dahulu dengan cara membawa Cd driver bawaan atau anda dapat mendownload driver Bluetooth di internet.

5. Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Jika anda memiliki laptop yang tidak mendukung dan tidak terdapat ikon di salah satu tombol F1 hingga F12, maka perlu memasangnya dengan cara lain. Salah satu cara yang dapat anda gunakan yaitu menggunakan dongle USB Bluetooth. Bluetooth berupa flashdisk yang memiliki antena receiver. Cara penggunaan nya sangat gampang yakni dipasangkan pada port USB laptop.

cara-mengaktifkan-bluetooth-di-pc

6. Mengaktifkan Bluetooth Melalui Action Center

Cara yang terakhir yang dapat anda gunakan yaitu membuka klik Action Center yang berada pada pojok kanan bawah laptop atau desktop. Maka secara langsung akan muncul ikon Bluetooth, ikon setting dan ikon lainnya. Klik ikon Bluetooth untuk dapat mengaktifkan Bluetooth laptop anda.

Baca Juga :  Tutorial Mod APK Android Bagi Pemula

Terdapat banyak cara untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop. Mulai dari cara menggunakan tombol FN dengan tambahan tombol F1 hingga F2 yang memiliki fungsi sebagai notifikasi Bluetooth. Hingga dengan cara menggunakan sistem tray dan sistem lainnya yang di dalamnya terdapat ikon Bluetooth yang dapat di akses untuk mengaktifkannya.

Demikianlah tips mudah cara aktifkan bluetooth di laptop yg bisa kami share untuk temen-temen teknoinfo.id semua, semoga bermanfaat – sukses selalu.