Tutorial Cara Instal Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Windows 7 merupakan salah sistem operasi yang penting yang diproduksi oleh Microsoft untuk dapat digunakan pada komputer, laptop pribadi. Dengan adanya windows ini dapat memudahkan berbagai hal seperti mengerjakan tugas-tugas kuliah maupun Kantor yang penting. Simak cara instal windows 7 berikut ini agar performa yang diberikan sangat bagus.

Cara Mudah Melakukan Instal Windows 7 Dengan USB


1. Menyiapkan Flashdisk dan Software

Hal yang pertama yang perlu anda lakukan untuk menginstal windows adalah menyiapkan software dan flashdisk. Untuk software anda dapat menemukannya di beberapa situs terpercaya. Kemudian masukan flashdisk pada laptop atau komputer yang terdapat windows 7 yang akan diinstal.

persiapan-software-win-7


persiapan-software-win-7-2

2. Menggunakan aplikasi Rufus

Aplikasi Rufus merupakan salah satu aplikasi yang dapat anda temui dimana saja untuk membantu penginstalan. Ketika sudah membuka aplikasi maka device akan secara otomatis berubah. Dalam perubahan tersebut terdapat gambar CD drive, maka anda dapat klik gambar tersebut untuk memilih lokasi ISO windowsnya kemudian pilih open.

Dengan hal tersebut maka otomatis aplikasi Rufus akan membuka file sistem dari FAT32 menjadi NTFS. Pada cara instal windows 7 ini anda juga dapat merubah nama drive tersebut pada New Volume label kemudian klik Start. Jika tidak ingin merubahnya maka tidak apa-apa, hal tersebut tidak memiliki pengaruh penting.

Menggunakan-aplikasi-Rufus

3. Memastikan Telah Melakukan Backup data

Setelah itu akan muncul suatu pemberitahuan bahwa semua data yang terdapat pada Drive akan diformat. Oleh karena itu pastikan semua data yang terdapat dalam laptop atau komputer anda sudah di Backup agar semua data penting anda tidak hilang. Selanjutnya maka anda dapat klik OK pada pilihan tersebut.

Baca Juga :  Mengenal Sistem Operasi, Jenis, Macam Dan Fungsinya

Pada proses ini dapat menggunakan waktu kira-kira 20 sampai dengan 30 menit. Akan tetapi semua tergantung berapa besar ukuran dari sistem operasi tersebut dan kecepatan flashdisk yang digunakan. Jika sudah selesai maka flashdisk dapat digunakan sebagai media cara instal windows 7.

4. Setting BIOS

Jika flashdisk sudah dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan instal. Maka selanjutnya anda dapat dilakukan adalah mengatur BIOS agar booting pada flashdisk. Dengan begitu setelah proses sebelumnya selesai anda disarankan untuk tidak mencabut flashdisk pada komputer tersebut dan biarkan dalam kondisi terpasang.

Selanjutnya anda dapat melakukan restart pada laptop atau komputer, dan klik tombol DEL agar dapat masuk pada BIOS. Tombol yang sering digunakan untuk masuk ke BIOS adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2 hal ini tergantung pada laptop dan komputer yang dimiliki. Setelah hal tersebut dilakukan maka akan terlihat tampilan menu BIOS, kemudian pindahkan ke menu boot.

setting-bios-usb-boot

Agar laptop atau komputer anda dapat melakukan booting di flashdisk, maka perlu menempatkan removable devices berada di urutan teratas. Caranya cukup mudah dengan menggesernya menggunakan tombol plus atau minus sampai berada pada urutan teratas. Kemudian tekan F10 untuk menyimpan hasil setting dan sekaligus keluar pada menu BIOS.

tampilan-awal-os-win-7


tampilan-awal-os-win-7-2


tampilan-awal-os-win-7-3


tampilan-awal-os-win-7-4

Cara instal windows 7 selanjutnya ialah menekan sembarang tombol hingga dihadapkan pada tampilan awal windows 7. Setelah itu ikuti panduan-panduannya dengan benar hingga terinstal dengan baik. Maka window 7 dapat anda gunakan dengan performa yang lebih baik lagi, sehingga tidak dapat menghambat pengerjaan tugas-tugas penting.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat lakukan untuk menginstal window 7 pada komputer atau laptop. Akan tetapi beberapa ulasan di atas merupakan salah satu cara yang mudah yang digunakan. Untuk melakukan instal komputer anda harus sangat berhati terhadap beberapa menu serta pilih yang muncul, karena hal tersebut dapat menghapus firmware android di perangkat anda.

Baca Juga :  Belajar Pemrograman Visual Basic Tingkat Dasar Dengan Mudah