Inilah Cara Kerja CCTV Untuk Menjaga Keamanan

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

CCTV atau bisa dikenal dengan nama Closed Circuit Television merupakan sistem kamera yang dipasang untuk menjaga keamanan. Kamera tersebut biasanya dipasang pada tempat-tempat tertentu untuk memonitor berbagai hal. Termasuk mengawasi tempat penting agar jauh dari jangkauan pencuri. Berikut beberapa jenis dan cara kerja CCTV yang bisa anda ketahui.

Daftar Isi

Jenis CCTV Beserta Cara Kerjanya


1. CCTV Analog

Pada mulanya, berbagai teknologi banyak yang dihadirkan dalam bentuk analog, termasuk Closed Circuit Television ini. Dalam hal ini, CCTV analog dihadirkan dengan perpaduan kamera dan kabel jenis coaxial. Tentunya, penggunaan kabel coaxial yang masih sangat sederhana ini hanya bisa menjangkau hingga jarak 300 meter dari server yang digunakan sebagai pemantau.

Kemudian, kamera yang telah terpasang tersebut akan terpantau pergerakannya menggunakan DVR yang tersambung pada televisi. Meski sangat terbatas, kondisi ini tentu sangat memudahkan anda dalam memantau berbagai kejadian yang tertangkap oleh kamera CCTV analog tersebut. Selain kelebihan tersebut, sistem yang satu ini juga memiliki kelemahan untuk dipertimbangkan.

Pasalnya, cara kerja cctv analog ini memiliki kelemahan dari kualitas video yang dihasilkan dan keamanannya. Hal ini dikarenakan sistem analog sangat tergantung pada perangkat DVR. Sehingga, kematian yang terjadi pada perangkat tersebut dapat berdampak pada pemantauan di seluruh alat pemantau. Oleh karena itu, anda memerlukan satpam yang memonitor layar jika menggunakan CCTV ini.

cctv-analog

2. IP Camera

Perkembangan dari analog menjadi IP Camera ini tentu menghadirkan sistem kerja yang lebih bagus. Sistem kerja yang dihasilkan oleh alat ini juga hanya perlu dipasang menggunakan kabel jaringan dengan jarak 100 meter dari Huda tau Switch. Tentunya, penggunaan kabel jaringan pada sistem ini juga sangat memudahkan anda dalam mengakses perangkat yang satu ini.

Baca Juga :  8 Model Perangkat Keras Komputer Yang Wajib Diketahui

cara kerja cctv ip camera ini menggunakan kabel jaringan tersebut bahkan mampu menghasilkan video rekaman secara realtime yang bisa diputar ulang. Sayangnya, jaringan internet yang dibutuhkan pada sistem ini harus memiliki kapasitas yang kuat untuk memberikan keamanan yang baik. Tentunya, IP Camera yang kurang kuat dapat dilacak oleh hacker yang ingin mencuri video tersebut.

Jika sudah diseting dengan baik dan sesuai koneksi internet yang stabil, maka dapat dengan mudah mengontrol cctv camera terbut dari jarak jauh.

ip-camera

3. PTZ Camera

Begitu pula, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga melahirkan model Closed Circuit Television dalam bentuk PTZ Camera. Pasalnya, sistem yang satu ini hampir memiliki kesamaan dengan IP Camera. Namun, sistem yang satu ini memiliki teknologi canggih seperti Pan-Tilt-Zoom camera untuk memperbesar dan menjauhkan gambar sesuai dengan perintah kontrol.

Tentunya, PTZ camera juga dilengkapi dengan rotor kamera. Cara kerja CCTV yang satu ini tentu dapat menghadirkan video pelacakan yang sesuai karena fitur rotor yang dihadirkan sehingga sangat unggul dibanding dengan jenis Closed Circuit Television yang lainnya. Sayangnya, sistem yang satu ini bahkan dihadirkan dengan harga yang mahal sesuai dengan sistem kerjanya.

Sistem kerja yang dihadirkan oleh Closed Circuit Television merupakan penghubungan antara perangkat kamera dengan server untuk menghasilkan rekaman video yang digunakan sebagai sistem keamanan. Tentunya, cara kerja yang dihadirkan oleh sistem ini dapat membantu anda untuk mengawasi berbagai kejadian di tempat-tempat khusus agar terjaga keamanannya.

ptz-camera

Pada menu ini merupakan salah satu cara mengetahui cctv merekam atau tidak nya!. Jadi bisa kalian cek pada pilihan hdd record – lalu pilih playback sesuaikan denga tanggal hari dan tahunnya yang ingin kalian putar ulang.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting CCTV Online Remote Ke HP Android

Itulah beberapa cara kerja yang dihadirkan oleh beberapa jenis CCTV yang bisa anda miliki. Pasalnya, semua jenis Closed Circuit Television tersebut memiliki cara kerja yang sama untuk memantau berbagai pergerakan yang mencurigakan. Dengan hadirnya sistem ini, anda tentu dapat terbantu dalam menjaga keamanan suatu tempat. Terlebih lagi pada tempat yang rawan terjadi pencurian.