Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar

Diposting pada
Spread the love
5/5 - (2 votes)

Halo sobat tekno info kembali berjumpa di hari akhir pekan yang penuh semangat ini ya, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tips tata cara membuat artikel yang baik dan benar, nah bagi kalian yang hobi mengarang bebas dan memiliki pengetahuan ilmu bahasa yang cukup baik tentu menjadi nilai positif ya, untuk berkreasi, inovasi dan bisa menghasil banyak pundi-pundi $ ataupu Rp lho ?.

Pembahasan kali ini ditujukan kepada blogger-blogger yang masih pemula yang terkadang hanya mengandalkan backlink saja dan tidak begitu memperdulikan dengan isi dan kandungan manfaat atau tidak si artikel yang dibuat nya, nah maka dari itu disini akan kita share bersama-sama ya temen-temen.

Dengan topik kali ini tentu adalah sesuatu yang bermanfaat ya temen-temen, dan sesuatu yang biasanya dianggap remeh, apa ya simple gampang lah gitu, akan tetapi perlu dipelajari kan karena semuanya perlu belajar ya nggak semudah apa yang kalian bayangkan ya. oke jadi kita langsung aja fokus ke ulasannya :

topik-permasalahan

Bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar ?


Topik Permasalahan / Pembahasan

Cara menulis artikel biasanya itu bisa dimuat di website atau blog itu kan Atau mungkin kamu lagi dapat tugas buat bikin artikel atau mungkin di media koran atau tuga kuliah, skripsi dan lainnya.

jadi langsung aja ya salah nulis artikel yang pertama Tentukan permasalahan yang akan dibahas Nah kamu harus tahu dulu apa yang bakal kamu bahas diambilnya kamu salah satu caranya dia biasanya

Iya mana yang bakalan kamu tulis kamu bisa berbagai macam ide yang ada di otak kamu nih yang ada di angan-angan kamu kamu tulis semuanya dilist misalkan ada 1 sampai 10 atau 50 atau mungkin 100 kamu tulis semuanya Nah setelah kau berhasil menuliskan ide kamu itu satu mungkin pertimbangan yang pertama itu sedang apa ya kontroversial sedang diperbincangkan masyarakat luas

Baca Juga :  7 Hp Harga 3 Jutaan Super Kencang Terbaik 2021

Sesuai dengan bidangnya kamu yang pasti Kamu suka banget tentang bidang itu yang ketiga itu sangat bermanfaat buat orang lain bermanfaat bagi masyarakat luas kamu Tentukan mana sih itu yang sesuai dengan 3 kriteria itu misalkan kalian status profil nya bekerja menjadi seorang IT yang setiap harinya berkelut di dunia komputer ya, tidak ada salahnya rekomendasi yang tepat buatlah blog dengan nice yang sesuai dengan informasi teknologi perkembangan, ilmu komputer, software, hadware ya.

Setelah itu Kamu tandai ya, dengan apa yang itu kamu Tentukan tadi topik judul artikel yang akan kamu tulis, karena bertujuan untuk memacu kamu mencari informasi yang mendukung dan berkualitas hasilnya nanti.

utamakan-orisinalitas

Utamakan Orisinalitas Serta Kualitas Artikelnya

Ini adalah inti masalah yang terkadang di sepelekan oleh para blogger pemula ya, yang sering copas atau copy paste ya temen-temen, nah jadi intinya kalian jangan plagiasi jangan biasakan copy paste copy paste copy paste ya hehehe,

jangan biasakan seperti itu, jika hanya bisa cuman copas aje itu bukan hasil jerih payah otaknya kamu bukan dari idenya kamu sendiri ya, dan cobalah berpikir lebih kreatif dan selalu menjadi yang inovativ menciptakan hal dan gagasan yang cemerlang, tentu itu harus dilatih ya tidak langsung tiba-tiba menjadi penulis yang profesional, tentu semua butuh proses panjang dan kesabaran pastinya.

Jadi ingat ya, tidak boleh copy paste deh, karena tulisan kamu mau dibaca oleh orang banyak di dunia dan diperlukan pertanggungjawaban nantinya.

Pahami Kaidah-Kaidah Bahasa

Oke selanjutnya yang ketiga ini tentang kaidah kebahasaan berkaitan dengan bahasa, kaliah harus perhatikan tentang bahasa yang baku. Penulisan yang benar kamu bisa berpedoman kepada “EBI” ya kepanjangan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia itu bisa digunakan kamu buat pada saat Menulis artikel yang berkualitas

agar hasil dari bahasanya itu bagus mudah dibaca dan dicerna serta sesuai dengan aturan-aturan standarisasi baik itu bahasa formal ataupun non formal ya tinggal kalian yang menentukan mana yang paling tepat.

Menguasai Teknik Mengutip

Sebagai penulisan yang profesional tentu teknik ini juga harus kalian kuasai ya temen-temen, ada beberapa model atau beberapa tipe yang dilakukan secara internasional itu perlu diketahui biar nanti kamu pada saat mengutip pendapat satu tokoh atau pendapat dari suatu buku, agar nanti kalian bisa menuliskan dengan tepat sesuai dengan aturan yang dibawakan secara internasional.

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar MYSQL Tingkat Dasar

Kuasai Teknik Parafrase

Dan yang kelima kuasai teknik parafrase Erna jadi misalkan kamu punya ide tapi bingung jadinya tuh sebelum membaca buku ada 1 pendapat tokoh yang mendukung dengan idenya kamu

Terus-terusan diartikan kamu tuh isinya pendapat dari orang semua gitu kan kamu perlu untuk memparafrasekan dari si tokoh tersebut jadi kamu membuat kalimat yang intinya itu sama dengan pendapat si tokoh tersebut Tapi kalimatnya kata-katanya itu diubah sesuai dengan gaya bahasanya Kamu sendiri itu yang namanya parafrase Jadi intinya sama cuma bahasanya aja yang berbeda.

kuasai-teknik-parafrase

Sumber Data & Referensi Yang Terpercaya

Sumber data yang akurat dan banyaknya itu istilahnya referensi jadi tulisan jadi misalnya Nia mau kamu bikin artikel itu isinya itu 10 minimal karena semakin banyak referensi artinya kan kamu semakin banyak sumber-sumber akurat yang kamu gunakan jadi argumen atau tulisan yang ada

tentu dengan kita menentukan sumber data yang benar maka Kamu tuh nggak main-main bukan cuma asal ide yang sembarangan akan tetapi juga didukung dari pendapat pendapat tokoh yang sudah pasti percaya dengan data yang kita oleh menjadi informasi yang berkualitas ya.

Teknik Membuat Kerangka Tulisan

Lanjutnya yang membuat kerangka tulisan Kalau kamu udah nemuin sumber-sumber yang bisa mendukung pendapat kamu yang bisa membuat kamu jadi bagus kemudian kamu membuat kerangka tulisan kamu dulu judulnya itu dibikin kira-kira kamu mau berapa halaman

misalkan paragraf pertama nanti sampai paragraf 10 misalkan nanti intinya berisi tentang ini, terus 11-15 akan berisi tentang yg lain, paragraf 17 sampai 20 lagi tentu dengan ulasan yg berbeda namun masih dalam ruang lingkup si judul pembahasan artikelnya ya, jadi nanti pada saat kau menulis juga bingung kamu udah punya peta kamu udah punya kerangkanya dulu.

Uraian Atau Kesimpulan

Uraikan hasil temuan dengan bahasa yang ringkas dan mudah dipahami di setiap tulisan namanya tulisan kan biar dibaca sama orang, jadi gunakan bahasa yang mudah dimengerti orang oleh orang lain jangan terlalu banyak menggunakan bahasa bahasa asing atau menggunakan bahasa bahasa yang apa ya kalau orang bahasa tuh jangan terlalu banyak menggunakan peribahasa menggunakan majas gitu karena Enggak semua orang itu mengerti tentang majas tentang peribahasa,

Baca Juga :  6 Cara Mudah Aktifkan Bluetooth Di Laptop Ataupun PC

Jadi gunakan bahasa yang ringkas aja yang enak yang padat jelas yang orang itu mudeng yang paham tentang apa yang kamu tulis selingkuh.

Pahami Gaya Selingkung

Selingkung ya makanya jadi juga berkaitan dengan gaya selingkung jadi teknik selingkung itu apa gaya selingkung itu seperti mudahnya itu template jadi kerangkanya tulisan itu setiap artikel itu biasanya beda-beda jadi kayak Dari jurnal yang satu dan lainnya itu memiliki kriteria tertentu buat setiap artikel yang diterbitkan di jurnal tersebut jadi misal jenis font yaitu menggunakan jenis font nya itu yang apa,

terus berapa ukuran hurufnya itu berapa marginnya itu seberapa jarak baris nya berapa itu yang dimaksud dengan gaya selingkung jadi templatenya itu perlu dipahami, nah disini yang terkadang kalian jika memasukan tulisan di sumber website berita terkadang ditolak. Ya karne salah satunya kalian tidak memahami teknik gaya selingkung ini ya temen-temen.

Lakukan Revisi Tulisan

Melakukan revisi dari hasil tulisan kamu ini adalah tahap terakhir atau finishing ya, sebalum di publish atau di terbitkan tentu kalian harus baca lagi yang namanya orang pasti berbuat kesalahan dan dia juga merasa tahu nulis artikel pada saat kamu lagi nulis artikel ini terlalu bersemangat sehingga banyak kata-kata yang yang kurang baku misalkan, atau salah huruf bahkan ejaan dan berbagai teknik diatas yang sudah dijabarkan masih ada yang ketinggalan ya. Jadi harus teliti saat kalian melakukan revisi artikel ini ya.

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan seputar cara membuat artikel blog yang baik dan benar, semoga bisa menambah pengetahuan temen-temen semua dan bisa bermanfaat. Salam sukses selalu teknoinfo.id