Cara Merubah Teks Menjadi Suara, Untuk Youtuber Pemula

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Nah pada kesempatan kali ini tekno info akan membahas cara merubah teks menjadi suara. Ketika kalian sedang menonton Youtube, mungkin anda pernah mendengar suara audio dari video tersebut yang intonasinya tidak seperti manusia yang berbicara secara normal, melainkan seperti robot.

Memang itu bukan suara manusia asli, akan tetapi suara yang dihasilkan dari sebuah teks menjadi suara manusia. Meskipun begitu, banyak Youtubers yang menggunakan aplikasi ubah teks jadi suara.

Tips-Tips Mengubah Teks Menjadi Suara untuk Pemula Youtuber


1. Menggunakan Google Translate (Online)

Tips translate tulisan ke suara yang pertama adalah memakai Google Translate sebagai alat mengubah teks anda ke dalam bentuk suara. Google translate ini bisa anda akses dengan menggunakan jaringan internet yang artinya hanya dapat digunakan secara online saja.

Selain sebagai tempat penerjemah berbagai macam bahasa di dunia, Google Translate juga bisa digunakan untuk mengubah teks menjadi suara, dengan teknik ini merupakan salah satu cara merubah teks menjadi suara google tanpa aplikasi.

translate-tulisan-ke-suara

Caranya menggunakannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan teksnya pada kotak Google Translate tersebut. Kemudian, anda bisa mendengarkan suara dengan memencet tombol yang ada pada pojok kiri bawah kotaknya. Jika ingin mengunduhnya, anda bisa memakai IDM (Internet Download Manager) yang sudah terpasang di komputer anda.

Jika sudah memiliki IDM tersebut, anda bisa menyalin teksnya terlebih dahulu kemudian merefresh halaman browsernya. Setelah itu anda tempelkan teksnya kembali agar bisa ubah teks jadi suara dan juga mendownloadnya dengan memencet logo IDM yang muncul. Hal yang paling penting adalah penggunaan tanda baca pada teksnya agar menghasilkan intonasi yang wajar.

Baca Juga :  Mengenali Jenis Backlink Web Berkualitas Untuk Optimisasi

2. Menggunakan TTSReader (Online)

Disamping menggunakan Google Translate, anda juga dapat menggunakan TTSReader sebagai solusi anda untuk mengubah teks menjadi suara. TTSReader ini juga hanya bisa dipakai jika terdapat sambungan internetnya atau harus online. Tentunya, anda juga bisa memakainya tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Tampilan TTSReader sendiri sangatlah menarik,

sehingga dapat membuat para penggunanya tidak bosan untuk memakainya. Untuk caranya sendiri juga sangat mudah, anda bisa mencari TTSReader ini di mesin pencari laptop anda. Kemudian, anda bisa membukanya. Saat halamannya sudah terbuka, anda bisa mengaksesnya untuk ubah teks jadi suara.

Disamping itu, anda akan menemukan beberapa fiturnya yang tidak kalah bagusnya dengan Google Translate. Anda bisa dengan langsung menyertakan file teksnya pada TTSReader tersebut tanpa harus mengcopy pastenya. Kelebihan yang lainnya adalah anda bisa mengubah teks PDF atau E-Book menjadi audio suara.

mengubah-teks-menjadi-suara-online

3. Menggunakan Aplikasi Android

Tips yang terakhir adalah dengan mengunduh sebuah aplikasi android di Google Playstore. Aplikasi tersebut adalah Text to Speech atau disingkat dengan TTS. Dengan adanya aplikasi TTS ini di handphone anda, maka bisa memudahkan anda untuk memakainya kapan saja dan dimana saja tanpa harus online dan membuka halamannya di Google.

Tampilan yang dimiliki oleh aplikasi ubah teks jadi suara yang satu ini dapat dengan mudah digunakan. Selain itu, terdapat juga fitur bahasa yang berfungsi untuk mengganti bahasa yang anda inginkan, fitur speed untuk mempercepat audionya, fitur pitch untuk mengubah intonasinya agar menjadi bagus, dan fitur volume untuk mengatur keras suara audio tersebut.

Dan cara merubah teks menjadi suara di android dengan pemakaian aplikasi TTS ini adalah hanya dengan merekam suara anda yang kemudian suara tersebut akan dikonversikan menjadi bentuk teks. Setelah itu, anda dapat menyalin teks tersebut dan menempelkannya pada kotak yang tersedia untuk mengubah tulisannya dalam bentuk suara yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut. Dengan begitu, anda bisa mendownload hasil audionya.

Baca Juga :  Apa Itu Proxy Server? Berikut Fungsi Dan Manfaatnya

baca juga artikel lainnya : aplikasi ubah suara jadi teks untuk pc gratis

cara-merubah-teks-menjadi-suara-di-android

Ada sekitar 7 aplikasi android yang rekomended untuk kalian gunakan, yang bertujuan cara merubah teks menjadi suara di android :

  1. Text to Speech
  2. Android’s Native Text-to-Speech Feature
  3. Voice Aloud Reader
  4. Narrator’s Voice
  5. Talk Free
  6. T2S
  7. Pocket

Ulasan diatas merupakan tips atau cara-cara yang bisa digunakan oleh para Youtuber pemula untuk mengkonversikan teks ke dalam bentuk suara. Cara-cara ini merupakan jalan yang tepat untuk pemula jika masih merasa malu dengan suara aslinya. Dengan memakai aplikasi-aplikasi diatas tersebut, maka akan memudahkan penggunanya untuk mengaksesnya.

Demikianlah tips cara merubah teks menjadi suara yang bisa kami share untuk temen-temen teknoinfo.id semua ya, semoga dapat bermanfaat.