6 Trik Casting Pemrograman Java Tingkat Dasar

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Rate this post

Halo sobat tekno info kalia ini kita akan sama-sama share dan mempelajari tips dan trik casting pemrograman java ya bagi temen-temen yang ingin mempelajari bahasa pemrograman java tentu harus mengetahui terlebih dahulu dasar – dasar teknik bahasa pemrograman java nya ya.

Mempelajari sebuah teknik dulu yang namanya teknik casting dan teknik casting ini khusus di artikel kali ini kita akan bahas yang diperuntukkan untuk pemrograman java dan saya mendapatkan referensi dari dosen pemrograman Java di kelas dan juga mendapatkan referensi dari Google. Tanpa banyak basa-basi lagi yuk mendangan lansung aja kita ke prakteknya disini :

Apa itu casting pada pemrograman java ?

Oke Kita langsung aja masuk ke Text Editor nya jadi disini saya menggunakan sebuah teks editor yang namanya Eclipse, ada banyak model editor yang bisa kalian pakai ya namun karena ingin merasakan perbedaannya jaga dia dan mencari yang lebih cocok dengan karakter saya itu dan sampai saat ini Eclips ini merupakan editor yg sangat direkomendasikan buat kalian para programmer baik yang masih pemula ataupun pro sekalipun.

Nah untuk kebutuhan os yang saya gunakan untuk pemrograman ini kami memakai Linux dan ini juga direkomendasikan buat programer ataupun developer ya karena kita menginstal Linux tentu sudah support aplikasi-aplikasi seperti Visual Studio code dan juga blockquote dan masih banyak lagi yang mendukung untuk pekerjaan kita deh.

contoh-type-casting

Contoh Type Casting

Ini langsung aja tanpa berbasa-basi kita langsung buat kelas baru ya dengan nama :

Baca Juga :  Tips Memahami Bahasa Pemrograman, Pengertian, Dan Jenisnya

C casting kita klik finish Jangan lupa kita buat main methodnya utama terutama kalau di eclipse kita pakai main control lalu spasi seperti ini kalau di pabrik di klip kita agak sedikit bertransmigrasi kemudian begini kita buat sebuah variabel yang bertipe data integer artinya bilangan bulat ya :

a = 5 B kemudian masih dengan tipe data bilangan bulat b = 2 begitu ini sengaja saya bisa nanti kita akan atur tipe datanya integer hasil = misalnya begini a + b begitu kemudian kita tampilkan sistem print sekalian lah dia kemudian Tampilkan hasil nya ya.

Nah lalu silakan di run (test) coding nya ya untuk simulasi biasanya jika penjumlahan (+), pengurangan (-) dan perkalian (*) hasil akan mutlak benar ya !. Namun pada hasil pembagian (/) tentu akan tidak balance ya dan tidak sesuai dengan yang di inginkan misalnya ;

int a = 5, b = 2;

int hasil = a / b;

Maka hasilnya seharusnya 2,5 (dalam pecahan) karena tipe data ini integer hasilnya (2).

Nah untuk menyelesaikan permasalahan ini nah ini maka kita butuh teknik yang namanya teknik casting ya.

Oke Coba sekarang untuk tipe datanya kita ganti jadi float sesuai dengan coding di atas tentu jika sudah kita ganti jadi float ini pasti : 2,5 ketemu ya. Intinya untuk setiap bilangan yang hasilnya ada pecahan atau ganjil kalian bisa menggunakan tipe data (float) ini ya temen-temen.

Namun cara penggunaan casting yang dikombinasikan dengan tipe data bilangan bulat apakah bisa ?, ya itulah fungsi casting namanya, jadi seperti ini contoh coding nya ya.

int a = 5, b = 2;

int hasil = (float) a / b;

hasil : 2,5

konversi-tipe-data-java

Contoh coding casting (floating) dengan angka :

Nah ini artinya begini dalam kurung kita kasih (float) depan variabel a artinya variabel a saya casting nilainya berbentuk float ya, bukan tipe datanya yang dirubah tapi nilainya dibentuk menjadi bilangan pecahan,

Baca Juga :  Kamera Smartphone Yang Bagus Untuk Vlog

dan inilah kelebihan casting (float) di dalam coding nya bisa kita gabungkan antara angka ataupun variabel hurufnya secara langsung ya, tentu hasilnya tidak berpengaruh dan tetap mutlak benar ya. Berikut contoh program operator java :

int a = 5, b = 2;

int hasil = (float) 7a / b;

hasil : 3,5

Oke simple dan mudah ya temen-temen teknik casting pemrograman java, insyallah pada paham semua ya, yuk pentengin terus di website TeknoInfo.ID untuk tips dan tutorial bahasa pemrograman java selanjutnya. Selamat belajar dan semoga sukses. Terima kasih.