Mengenal Model Desain Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Teknologi yang semakin tinggi tentunya akan membutuhkan jaringan yang sangat berkualitas. Seperti halnya jaringan komputer, yang dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah komunikasi yang terdiri dari dua komputer. Untuk mendapatkan desain jaringan komputer yang baik serta jaringan yang luas dan tidak lemot maka anda perlu memperhatikan hal berikut ini.

Model Dan Desain Jaringan Suatu Komputer Yang Wajib Anda Tahu


1. Topologi Bus

Topologi jaringan merupakan sebuah desain jaringan suatu komputer yang dibentuk serta menggambarkan bagaimana komputer tersebut dapat saling menghubungkan satu dengan yang lain. Topologi jaringan terdiri dari beberapa, salah satunya adalah topologi Bus.

Topologi bus merupakan topologi yang menggunakan kabel untuk media transfer. Topologi yang satu ini memanfaatkan kabel pusat sebagai tempat terhubungnya suatu server, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa topologi bus merupakan desain jaringan komputer yang menggunakan kabel tunggal untuk transfer media.

Adapun kelebihan dari topologi ini ialah dapat menghemat kabel, memiliki layout kabel sederhana serta mudah dikembangkan. Selain itu pada patologi yang satu ini tidak membutuhkan kendali pusat sehingga sangat mudah untuk menambahkan atau mengurangi terminal.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh topologi bus yaitu deteksi dan isolasi yang digunakan sangatlah kecil, kemudian lalu lintas jaringan yang terlalu padat serta keamanan datang yang kurang terjamin. Selain itu kecepatan pada jaringan akan menurun apabila pemakaiannya bertambah, oleh karena itu topologi ini memerlukan repeater untuk jarak jauh, berikut gambar desain jaringan nya.

Baca Juga :  Tutorial Mudah Belajar MYSQL Tingkat Dasar

model-jaringan-topologi-bus

Dengan menerapkan desain jaringan komputer untuk gedung bertingkat sangat cocok menggunakan topologi ini.

2. Topologi Ring

Desain jaringan lainnya ialah topologi ring. Topologi yang satu ini merupakan jenis topologi yang sangat banyak digunakan pada sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan topologi ini memiliki karakteristik tersendiri. Dengan karakteristik tersebut dapat memberikan data kepada sumber dan dapat berjalan kembali.

Kemudian kelebihan yang dapat anda temui pada topologi ini adalah tidak memerlukan banyak kabel sehingga sangat mendukung untuk berhemat. Selain itu dapat juga melayani lalu lintas yang padat, tidak seperti topologi jaringan. Sedangkan untuk kekurangan nya yaitu selalu peka terhadap kesalahan, pengembangan jaringan lebih keras dan kaku.

Tidak hanya itu kerusakan yang terjadi pada terminal dapat melumpuhkan kinerja topologi ini, sehingga seluruh jaringan akan lambat karena pengiriman harus menunggu giliran token. Setiap molekul dari desain jaringan komputer yang satu ini dapat memperkuat sinyal atau melakukan review pada note yang lainnya.

model-jaringan-topologi-ring

3. Topologi Star Atau Bintang

Topologi yang terakhir atau yang sering disebut dengan topologi bintang adalah metode atau cara untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dengan menggunakan jaringan berbentuk bintang. Topologi yang satu ini memiliki prinsip kerja dengan menggunakan sebuah kendali pusat. Dimana seluruh link akan menuju ke pusat kemudian data disalurkan ke semua note.

Adapun kelebihan dari desain jaringan komputer ini adalah sangat fleksibel dikarenakan pemasangan kabelnya sangat mudah. Kemudian memiliki penambahan atau pengurangan terminal yang mudah serta adanya kontrol terpusat yang dapat menyebabkan isolasi kesalahan dalam pengelolaan data.

Sedangkan untuk kekurangan yang terdapat pada topologi bintang ini yaitu terlalu menggunakan banyak kabel sehingga sangat dikenal boros, dan memiliki kontrol pusat yang dapat berkemban secara tidak teratur. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas jaringan yang disediakan. Adapun contoh dari desain jaringan dapat dilihat pada gambar berikut.

Baca Juga :  Rahasia Tips SEO Untuk Mendongkrak Visitor Website

model-jaringan-topologi-star-bintang

Dalam perancangan sebuah jaringan terdapat banyak hal yang harus dipenuhi, mulai dari perangkat lunak-perangkat keras serta software yang digunakan. Tentunya adanya bagian-bagian tersebut menjadi suatu penyatuan yang tepat dengan memberikan kualitas jaringan yang terbaik. Karena didukung oleh banyaknya fungsi yang berasal dari perangkat aplikasi desain jaringan tersebut.