Arti Lambang Asean dan Bentuk pada Logo Lengkap

Lambang Asean – Hai sobat pintar, ada banyak organisasi antar negara yang terbentuk dengan tujuan tertentu sebagai bentuk kerjasama antar negara dan demi terwujudnya perdamaian dunia.

Beberapa organisasi ada yang diikuti seluruh negara di dunia sebagai anggota dan ada juga organisasi yang beranggotakan beberapa negara di kawasan tertentu. Contoh dari organisasi tersebut

ialah PBB yang dibentuk dengan misi memelihara perdamaian dan keamanan Internasional, memecahkan permasalahan baik dari segi perekonomian dan politik yang sedang dihadapi salah satu anggotanya.

Uni Eropa merupakan organisasi yang beranggotakan 25 negara di Eropa. APEC yang anggotanya ialah negara dari kawasan Asia Pasifik dengan tujuan untuk kepentingan perekonomian. dan beberapa

jenis organisasi lain salah satunya yang terkenal dikawasan Asia Tenggara ialah ASEAN yang beranggotakan negara – negara di kawasan Asia Tenggara. Menarik untuk mengetahui lebih

detil mengenai organisasi ini mengenai latar belakang terbentuknya, anggotanya negara mana saja dan apa tujuannya serta mengenal arti dari lambang organisasi tersebut. Langsung saja penjelasannya dibawah ini.

lambang asean

Mengenal Arti Lambang Asean

Latar Belakang dan Sejarah Singkat Terbentuk ASEAN

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yang menjadi organisasi ekonomi dan geopolitik yang dikhususkan untuk negara – negara yang berada pada kawasan Asia Tenggara.

Awal terbentuknya organisasi ini didorong adanya konflik yang terjadi di beberapa negara karena asia tenggara menjadi wilayah strategis yang menjadi basis blok barat serta timur

Masalah yang terjadi mulai dari konflik militer yang saat itu terjadi antara Laos, Vietnam dan Kamboja serta masalah bilateral antara Indonesia dan Malaysia sehingga terjadi gejolak

disana. Untuk menuntaskan permasalahan ini para petinggi negara mengadakan perbincangan dan sepakat untuk membentuk organisasi untuk membentuk kestabilan pertahanan dan perekonomian.

Organisasi ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand sudah berumur 55 tahun di tahun ini. Diawali dari pertemuan 5 menteri luar negeri perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara.

Pertemuan ini terjadi di Bangkok, Thailand pada 5 sampai 8 Agustus 1967. Pengesahan berdirinya ASEAN termuat dalam Deklarasi Bangkok atau yang disebut juga sebagai Deklarasi ASEAN.

Negara Pendiri dan Perwakilannya ialah :

1. Indonesia – Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia)
2. Malaysia – Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Mentero Malaysia)
3. Singapura – Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura)
4. Filipina – Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina)
5. Thailand – Thanat Koman (Menteri Luar Negeri Thailand)

Tujuan Dari Organisasi Antar Bangsa ASEAN

Karena saat itu banyak konflik yang terjadi antara beberapa negara seperti Filipina, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Singapura mulai dari konflik militer sampai bilateral dan kerjasama

perekonomian tentunya akan menjadi kendala dalam perkembangan negara mereka. Sehingga dengan beberapa latar belakang kesamaan yang mereka sepakati untuk perdamaian dan peningkatan

kerjasama mereka ada 5 negara dengan perwakilannya sepakat menandatangani perjanjian Bangkok di bulan Agustus. selain itu mereka juga berkerjasama dalam sosial budaya untuk meningkatkannya.

Inilah Gambar Lambang Asean Beserta Maknanya

arti dari lambang asean

Dari gambar diatas bisa dilihat logo atau simbol ASEAN yang menggambarkan 10 beras bersatu yang menunjukkan persatuan, persatuan dan persahabatan 10 negara anggota ASEAN (organisasi nasional Asia Tenggara).

Makna dari simbol dan warnanya sebagai berikut :

Biru berarti kedamaian dan keamanan.
Warna merah berarti keberanian dan dinamika.
Putih memiliki arti kesucian.
Kuning memiliki arti kemakmuran dan kebahagiaan.
Dan lingkaran yang ada melambangkan persatuan di antara negara-negara anggota ASEAN.

Sepuluh Negara Anggotanya :

Indonesia dengan Ibu Kota Jakarta
Malaysia dengan Ibu Kota Kuala Lumpur
Thailand dengan Ibu Kota Bangkok
Singapura dengan Ibu Kota Singapura
Filipina dengan Ibu Kota Manila
Brunei Darussalam dengan Ibu Kota Bandar Seri Begawan
Vietnam dengan Ibu Kota kota Hanoi
Kamboja dengan Ibu Kota Phnom Penh
Laos dengan Ibu Kota Vientiane
Myanmar dengan Ibu Kota Naypyidaw

Makna Lambang ASEAN

Simbol yang digunakan sebagai simbol resmi ASEAN.

Simbol yang melambangkan stabilitas, perdamaian, persatuan, dan dinamika Asia Tenggara.Warna Biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, warna merah sebagai simbol keberanian dan dinamika, putih menggambarkan kesucian, dan kuning menyimbolkan kemakmuran.

Sepuluh batang padi yang diikat mewakili sepuluh negara anggota ASEAN. Ini melambangkan harapan para pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN, yang terdiri dari 10 negara Asia Tenggara yang terikat oleh persahabatan dan solidaritas.

Lingkaran itu melambangkan kesatuan.

Sobat pintar dimanapun kalian berada, itulah tadi ulasan lengkap mengenai lambang asean yang merupakan salah satu organisasi internasional yang diikuti Indonesia yang sangat berperan

penting serta sejarah didalamnya. Semoga apa yang kami sajikan ini bisa bermanfaat menambah wawasan kita semua terutama untuk adik – adik yang masih duduk di Sekolah Dasar. Terimakasih banyak.

Kategori SD