Lompat Jauh : Pengertian, Teknik Dasar dan Ketentuannya

Lompat Jauh – Cabang olahraga atletik yang mengombinasikan kecepatan, kemampuan, dan kegesitan untuk melempar dianya dari papan tolakan. Maka target atau arah lompat jauh untuk capai jarak lompatan sepanjang kemungkinan ke sisi letak bak lompat atau pendaratan.

Pergerakan melonjak, mengangkat kaki ke atas di depan dalam usaha membawa titik berat tubuh sepanjang kemungkinan pada udara yang sudah dilakukan secara cepat dan pada jalan lakukan tolakan pada satu kaki

untuk capai jarak sejauhnya. Arah lompat jauh ialah menggapai jarak lompatan sejauhnya. Perhatian yang khusus pada beberapa hal tehnis rupanya memberi keuntungan untuk olahragawan saat perlombaan.

Aspek yang memengaruhi lompat jauh optimal diantaranya panjang tungkai, daya ledak otot tungkai, kecepatan lari saat ambil awalan, tolakan atau take off, sikap tubuh di landing dan udara.

Disamping itu, olahragawan harus juga berkekuatan, daya ledak, kecepatan, keakuratan, kelentukan dan koordinir pergerakan harus juga pahami dan kuasai tehnik untuk lakukan pergerakan lompat jauh, dan bisa melakukan secara cepat, pas, lancar dan lentur.

lompat jauh

Deskripsi Terkait Lompat Jauh

Sejarah Singkat

Lompat jauh bermula semenjak sekitaran 13 era yang lalu. Olahraga ini telah ada semenjak tahun 708 Masehi saat ada Olimpiade Kuno di Yunani. Lompat jauh sebagai salah satu kejuaraan lompat yang diperlombakan dalam Olimpiade Kuno.

Semua lomba yang diselenggarakan pada Olimpiade Kuno ditujukan sebagai latihan militer perang. Timbulnya olahraga lompat jauh dipercayai untuk latih kecakapan beberapa prajurit perang dalam menerobos halangan yang ada,

seperti parit atau jurang. Di saat itu, beberapa pelompat diharuskan lari dengan bawa sebuah beban dikedua tangan yang dikenali dengan panggilan halteres dengan berat 1 sampai 4,5 kg.

Olahraga lompat jauh pernah dilaksanakan oleh pelompat dari Sparta dengan rekor lompatan sepanjang 7,05 meter. Di dunia kekinian sendiri lompat jauh menjadi sisi persaingan Olimpiade semenjak pertama kalinya

timbulnya perlombaan ini tahun 1896. Pada akhirnya di 1914, Dr. Harry Eaton Stewart mereferensikan dibikinnya running broad jump yang distandarkan untuk olahragawan wanita hingga mereka bisa juga melangsungkan persaingan lompat jauh.

Referensi ini diperhitungkan dan diaplikasikan hingga olahragawan wanita sanggup ikuti persaingan lompat jauh pada tingkat Olimpiade. Walau olahraga ini ialah sisi dari permainan

Olimpiade Kuno, baru di tahun 1896 yakni pada Olimpiade kekinian pertama lompat jauh diperlombakan dengan cara resmi dan untuk wanita baru diawali di tahun 1948.

Peraturannya

Pelintasan awalan lebar minimal 1.22 m dan panjang 40 m.

Papan tolakan panjangnya harus 1.22 rn, lebar 20 cm dan tebal 10 cm. Pada segi dengan tempat landing harus ditempatkan papan vlastisin untuk menulis sisa kaki olahragawan jika salah tolak. Papan tolakan harus dicat putih dan haruss datar dengan tanah awalan dan harus ditanamkan sekurangnya 1 mtr. dari pinggir bak pasir pendaratan.

Tempat landing Lebar minimal 2.75 m jarak di antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan minimum 10 meter. Permukaan pasir dalam tempat pendaratan harus sama tinggi atau datar dengan segi alas papan tolakan.

Ukuran bak lompat jauh yakni, panjang bak minimum 7-9 mtr., lebar 2,75 mtr. sampai 3.00 mtr. dan balok sandaran dengan panjang 1.21-1,22 mtr., lebar 1.98-2.02 mtr. dan tebal 1.00 dm.

Tehnik Yang Dipakai

Awalan

Tehnik Awalan pada lompat jauh dengan lari secepat-cepatnya untuk memperoleh kecepatan yang tinggi saat sebelum lakukan pergerakan tolakan. Awalan umumnya dilaksanakan semenjak 30-45 mtr. dan

lebar pelintasan awalan 1,21-1,22 meter. Saat sebelum awalan umumnya pelompat harus ada pada sikap start.[6] Status kaki pada awalan bergantung dari rutinitas masing-masing olahragawan lompat jauh.

Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan yang berada di kebalikannya atau depan. Awalan dilaksanakan dengan lari perlahan saja. Kemudian kecepatan lari bisa ditambah. Harus dikenang kecepatan

itu harus dipertahankan sampai mendekati tolakan. Saat dekati 4 cara akhir saat sebelum tolakan karena itu kecepatan lari dijaga masih tetap stabil tidak dikurangkan.

manfaat lompat jauh

Tolakan

Tehnik Tolakan memiliki arti beralihnya kecepatan vertikal yang didapatkan dari lari ke kecepatan horizontal. Terbaik memakai kaki yang terkuat untuk tolakan. Diawali dari kaki sisi

tumit lalu usai di ujung jari. Tubuh seharusnya dicondongkan sedikit di depan saat akan menyangga. Sementara kaki yang berayun diangkat sampai dengan tinggi pinggul dengan status lutut menekuk.

Tubuh Diudara

Saat tubuh melayang-layang pada udara ada banyak cara. Misalnya berjalan pada atas udara. Triknya saat tubuh sedang melayang-layang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke atas. Lalu kerjakan pergerakan seperti mengambil langkah atau berjalan pada udara.

Pendaratan

Tehnik Pendaratan sebagai pergerakan yang paling akhir dari serangkaian pergerakan lompat jauh dan sebagai tehnik paling akhir dari 4 tehnik lompat jauh. Seharusnya pendaratan dilaksanakan dengan ke-2 kaki

dengan status sejajar dan tumit yang terlebih dahulu landing pada tempat dengan status tumit berdempetan. Ini untuk menahan cidera hingga tidak dapat berpengaruh fatal ke sang atlet.

Tipe Lompat Jauh

Model menggantung

Diawali dengan sikap pada udara seakan-akan sedang menggantung di udara. Dari sikap pada udara, ke-2 lengan lempengkan di depan ke-2 lutut dan tubuh dibawa ke depan. Saat ke-2 kaki akan sentuh tempat pendaratan, lempengkan di depan dan landing dengan ke-2 tumit ditambah dulu. Saat ke-2 kaki landing ke-2 lutut mengepet dan berat tubuh dibawa di depan

Model jongkok

style (tuck jump) juga dikenal dengan panggilan style duduk di udara. Dalam style ini di saat melayang-layang pada udara seorang pelompat lakukan seakan-akan membuat sikap berjongkok di udara.[8] Tubuh pada udara sesudah kaki kiri bertopang, karena itu kaki kanan diayun secara cepat ke depan. Di saat capai titik paling tinggi sikap tubuh, kaki seperti duduk atau jongkok

Gaya jalan pada udara

Lompat jauh style jalan pada udara ialah di mana pergerakan lompat jauh dengan style seakan-akan sedang jalan pada udara, saat badan sedang melayang-layang pada udara pergerakan kaki seolah lari

atau berjalan pada udara. Pergerakan itu dilaksanakan sesudah olahragawan lakukan tolakan dan badan sedang melayang-layang pada udara ke-2 kaki digerakkan seperti orang lari hingga kemudian landing kaki

sentuh tanah dan badan masih tetap dijatuhkan di depan supaya tidak kurangi jauhnya lompatan. Saat lakukan sandaran bisa dipakai kaki kiri atau kaki kanan sesuai rutinitas pelompat.

Seharusnya pakai kaki yang memliki kemampuan dominan. Saat kaki menyangga ke balok, tubuh harus dicondongkan di depan supaya kesetimbangan masih tetap terjaga. Padangan ke depan dengan ke-2 lengan

ada selain atas tubuh dan di saat bertopang kecepatan yang diperkembangkan lewat awalan tidak terputus. Sesudah pelompat menyangga pada balok sandaran, karena itu tubuh segera dapat terangkut ke udara.

Dengan lakukan sikap jalan pada udara ke-2 kaki sama-sama berganti-gantian mengayuh di udara. Saat sebelum kaki landing, usahakan ada dalam status pada udara sepanjang kemungkinan, supaya hasilkan lompatan yang maksimal.

Di saat landing pelompat harus usaha menjulurkan ke-2 tangannya di depan dan tarik ke belakang. Sementara kaki dikeluarkan di depan sepanjang mungkin. Daratkan ke-2 kaki secara bertepatan supaya terbebas dari cidera, jatuhkan berat tubuh ke depan.

Tersebut barusan pembahasan komplet berkenaan lompat jauh yang sukses kami rangkumkan dan kami suguhkan ke kalian adik – adik. Mudah-mudahan berguna dan semangat belajar selalu.