Makhluk Hidup : Pengertian, Ciri – Ciri dan Klasifikasi

Hai sobat cerdas di artikel ini kita akan mengulas tentang Makhluk Hidup. Tentunya kalian sudah sering mendengar tentang istilah ini bukan, karena ini termasuk salah satu materi pelajaran

yang sudah dibahas mulai dari kita kelas 3 SD sampai ke tingkatan SMA bahkan ke Perguruan tinggi dengan bahasan yang semakin dalam tentunya. Secara umum dapat dipahami kalau setiap yang

bernyawa disebut makhluk hidup. Perlawanan katanya ialah makhluk tak hidup atau benda mati seperti kayu, lemari rumah kita atau apapun yang tidak memiliki ciri – ciri kedidupan.

Istilah ini memiliki sebutan lain yakni organisme yang berasal dari bahasa Yunani yaitu organismos. organon, yaitu instrumen, alat, organ indera, atau penangkap. sehingga ada beberapa

ciri – ciri dari makhluk yang memiliki tanda – tanda kehidupan yang akan kita bahas secara lengkap dibawah ini. silahkan baca sampai habis ya sobat cerdas semua untuk menambah wawasan.

makhluk hidup

Uraian Mengenai Makhluk Hidup

Arti dari Makhluk Hidup

Dalam ilmu Biologi organisme merupakan makhluk dengan ciri-ciri kehidupan seperti bisa bernapas, mampu bergerak, dan memperbanyak jumlahnya dengan berkembang biak.

Ikan, kambing, burung dan manusia dapat bergerak, membutuhkan makanan, berkembang biak dan bernapas. Keadaan itu yang membandingkan di antara makhluk benda mati dan hidup.

Sementara contoh benda mati yakni meja, bangku, pupen, tas, buku dan sebagainya yang tidak memiliki beberapa ciri dari makhluk hidup. Dan menurut opini dari Kimball, organisme

sebagai suatu hal yang memiliki beberapa ciri yang paling penting yakni berevolusi atau mungkin dengan makna lain berevolusi sebagai makhluk hidup secara umum dan seharusnya merasakan peralihan dalam

wujud hidup. Selanjutnya untuk ciri-ciri yang ke-2 sebagai responsive atau sanggup terima rangsangan. Rangsangan pada keadaan itu memiliki makna yang banyak, baik berbentuk rangsangan suara, sentuhan dan lain-lainnya.

ciri ciri makhluk hidup

Ciri-ciri – Ciri-ciri Yang Dipunyainya

1. Bergerak

Bergerak sebagai salah satunya ciri-ciri dari organisme  Gerak manusia dan hewan kelihatan jelas. Manusia dan hewan ditolong oleh alat gerak, misalkan pada manusia memiliki kaki dan tangan.

Dan hewan memiliki sayap, kaki, silia dan sirip. Tumbuhan lakukan pergerakan, tetapi pergerakan yang tidak gampang untuk dilihat. Contoh tumbuhan putri malu yang jika disentuh akan menutup.

Daun petai cina yang tutup di sore hari, tumbuhan tanaman selalu ke hadirnya cahaya matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Pergerakan tumbuhan disebabkan karena ransangan dari luar.

2. Memerlukan Makanan

Tiap makhluk hidup memerlukan makanan atau gizi untuk menjaga hidupnya. Makanan dibitukan untuk sumber energi untuk lakukan proses proses kehidupan. Langkah mendapat

makanan atau langkah makan tiap makhluk hidup berbeda. Tumbuhan bisa membuat makanan sendiri dengan proses fotosintesis. Hewan dan manusia mendapat makanan dari makhluk hidup lain.

Peranan makanan untuk makhluk hidup, sebagai energi atau tenaga, buat dia berkembang dengan perkembangan sel – sel dan pergantian sel – sel yang rusak.

3. Bernapas

Saat bernapas kita bisa rasakan berlangsungnya proses penghasilan udara di luar yang memiliki kandungan oksigen dan pengeluaran udara dari dalam paru-paru. Udara yang keluar paru-paru

memiliki kandungan karbon uap air dan dioksida. Oksigen yang kita hisap dipakai untuk oksidasi zat makanan pada tubuh supaya didapat energi yang dipakai untuk kegiatan hidup.

Makhluk hidup memiliki langkah dan alat pernafasan yang berbeda. Manusia, mamalia, unggas, dan reptilian bernapas dengan paru-paru, dan ikan bernapas dengan insang.

Udara pernafasan dalam tumbuhan masuk lewat lubang kecil pada semua sisi tumbuhan, yakni stomata (pada daun) dan lentisel (pada tangkai) pada batang.

4. Tumbuh dan Berkembang

Perkembangan ialah proses bertambahnya jumlah dan berat kering sel makhluk hidup, yang memiliki sifat irreversible (tidak bisa kembali lagi ke kondisi semula). Perkembangan pada organisme bersel satu (uniseluler) diperlihatkan dengan pertambahan ukuran sel dan volume. Perkembangan pada makhluk hidup bersel banyak (multi mobile) muncul karena jumlah sel semakin bertambah banyak dan

ukuran sel semakin bertambah besar. Sel bisa semakin bertambah banyak karena sel alami proses pembelahan. Akibatnya karena perkembangan ialah semakin bertambah tinggi dan berat tubuh seorang anak, dan semakin bertambah

panjangnya ukuran batang. Selainnya alami perkembangan, makhluk hidup alami perkembangan. Perubahan sebagai proses ke arah kedewasaan. Perubahan sebagai peralihan atau

pembaruan susunan dan peranan organ badan yang mengikuti proses perkembangan, misalkan seorang anak umur 18 bulan bisa jalan tanpa kontribusi. Di antara 2—3 tahun, anak sudah bisa

mengatur kemauan kencing danbuang air besar. Pada umur tiga tahun anak sudah bisa bicara dengan kalimat simpel, umur lima tahun ke atas sudah berkembang kekuatan bicara, menulis, membaca, dan belajar bagaimana berkawan sama orang lain.

5. Berkembang Biak

Makhluk hidup selalu usaha untuk jaga keberlangsungan hidupnya, salah satunya triknya sebagai dengan berkembang reproduksi atau biak. Pada proses pengembangbiakan, karakter anak akan

mewariskan karakter induknya. Pengembangbiakan makhluk hidup bisa dilaksanakan dengan 2 langkah, yakni secara seksual (kawin atau generatif) dan secara aseksual (tidak kawin atau vegetatif).

Ada banyak ciri-ciri makhluk hidup lain seperti bisa menyesuaikan dengan lingkungan, Sensitif pada rangsangan yang ada disekelilingnya dan dapat keluarkan zat tersisa atau kotoran

tetapi pada tingkat SD umumnya cuma beberapa karakter dasar saja hingga ulasan kelak akan dibahas di artikel lainnya. pada jenjang atau tingkatan pengajaran tingkat SMP.

Kategorisasi Makhluk Hidup

Beberapa pakar taksonomi kekinian mengelompokkan semua makhluk hidup jadi 6 kingdom yang mencakup, Archaebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Archaebacteria

Archaebacteria sebagai organisme prokariotik uniseluler yang hidup di lingkunngan anerob dengan keadaan yang berlebihan, misalkan kawah gunung berapi dan sumber air panas. Ada yang disebut autotrof, tapi mayoritas sebagai heterotrof.

Eubacteria

Anggotanya sebagai organisme prokariotik uniseluler, walau ada juga yang berkoloni membuat filamen. Bakteri terhitung organisme autotrof atau heterotrof dengan 3 wujud dasar, yakni bundar, spiral dan tangkai.

Protista

Beberapa ciri protista ialah eukariotik (memiliki membran inti), uniseluler atau multiseluler (bersel banyak), dan heterotrof atau autotrof.

Fungi

Fungi ialah nama regnum dari satu kelompok besar makhluk hidup eukariotik heterotrof yang mengolah makanannya di luar badan lalu mempernyerap molekul gizi ke sel-selnya. Kelompok periset sering memakai istilah cendawan sebagai persamaan kata untuk Fungi.

Plantae

Kingdom Plantae atau yang lebih dikenali dengan tumbuhan satu diantara organisme eukariotik multiseluler dengan dinding klorofil dan sel. Klorofil ialah zat hijau daun yang berperan pada proses fotosintesis, hingga tumbuhan sanggup membuat makanannya sendiri (autotroph).

Animalia

Kingdom animalia sebagai hewan organisme eukariotik atau organisme dengan sel kompleks dengan multiseluler. Walaupun mempunyai sel kompleks, hewan tidak mempunyai klorofil atau zat hijau seperti tumbuhan. Hal tersebut mengakibatkan hewan tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri seperti tumbuhan.

Nah sobat cerdas itulah tadi ulasan mengenai Makhluk hidup yang berhasil kami rangkumkan untuk kalian semua semoga kalian yang membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan para orang tua

yang membacanya bisa menyampaikan informasi dengan tepat ke anak – anak kalian yang masih sekolah dasar. Terus dukung kami untuk memberikan informasis seputar pendidikan.

Kategori SD