Membaca Ekstensif : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara

Membaca Ekstensif – Hai adik-adik pinter semua, di edisi sebelumnya kita sudah bahas tentang membaca intensif giliran kali ini kita akan ulas mengenai yang ekstensif.

Kalau kamu termasuk tim yang suka baca novel, tos dulu kita. Bagi saya, baca novel merupakan pengobat buat lelahnya kehidupan dari aktifitas sehari – hari yang kita jalanin.

Apalagi, kalau udah baca novel dengan genre detective yang emang saya suka, mood yang tadinya buruk bakal membaik. Otak sumpek langsung auto ke-refresh gitu rasanya.

Ngomong – ngomong kalian tahu nggak sih, kalau baca novel jadi salah satu bentuk membaca ekstensif? Udah kenalan belum sama cara yang satu ini yuk langsung kita kenalan Kalau belum, yuk lah, langsung kita bahas aja disini.

membaca ekstensif

Ulasan Lengkap Mengenai Membaca Ekstensif

Pengertiannya Secara Lengkap

Menurut buku berjudul Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (2008), membaca ekstensif adalah ketika kalian membaca suatu bacaan maupun banyak bacaan, dan kamu bisa memahami isi bacaan itu dalam waktu yang singkat.

hal ini terjadi ketika kalian semua mampu membaca suatu bacaan tanpa harus mikir serius tentang makna tiap kata atau kalimat, tata bahasanya seperti apa, dan apa pesan dalam bacaan tersebut. Soalnya, membaca ekstensif dilakukan dalam rangka nyari kesenangan atau informasi.

Intinya, cara membaca yang satu ini bikin kalian dapat memahami isi menyeluruh dari teks yang di baca dalam waktu singkat, dan nggak bikin kamu pusing mikirin makna tiap kata atau gimana tata bahasanya.

membaca ekstensif dan contohnya

Ciri-Ciri Membaca Ekstensif

Biar lebih ada bayangan tentang pembahasan kali ini, sebelumnya kita kasih ciri-ciri membaca ekstensif, terlebih dahulu. Menurut buku Extensive Reading (2014), berikut adalah ciri-cirinya.

1. Teks yang dibaca berjumlah besar dan panjang, Seperti halnya cerita pendek, novel, artikel berita, atau majalah.

2. Pembaca memilih sendiri teks yang akan dibaca, sesuai topik atau genre yang paling diminati atau menarik untuk dibaca.

3. Kosakata dan penggunaan bahasa dalam bacaan lebih mudah dipahami oleh si pembaca.

4. Menangkap isi bacaan secara menyeluruh dalam waktu se singkat-singkatnya.

5. Kegiatan ini dilakukan sebagai hiburan atau sekedar ingin mengetahui tentang informasi tertentu, kayak nyari materi tugas sekolah.

6. Dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu, secara sering dan teratur.

Tujuannya

Agar pembaca berkenalan dengan kosakata baru atau tata bahasa yang belum pernah dijumpai.
Waktu membaca ekstensif, elo ngumpulin bahan bacaan buat cari info yang elo cari. Pada proses itu, elo akan mendapati beragam kosakata baru atau tata bahasa yang kemungkinan tidak pernah elo jumpai sebelumnya.

Misalkan, elo baca bacaan berbahasa Inggris. Dengan membaca ekstensif, elo akan nemu vocabulary atau grammar yang asing buat elo. Atau, saat elo membaca artikel di website Zenius, elo nemuin beberapa istilah baru, tata bahasa yang santuy, yang kemungkinan tidak elo dapatkan dari buku sekolah.

Menolong pembaca pahami pokok bacaan secara umum.
Membaca ekstensif mempunyai tujuan supaya pembaca dapat semakin gampang pahami pokok bacaan pada umumnya, seperti contoh cerpen Ani yang Terlukai tadi. Bahasa dan kosakata yang gampang dimengerti buat elo dapat nangkap pokok bacaan lebih mudah.

Mempermudah pembaca menuntaskan bacaan dalam saat yang singkat.
Arah ini menyambung sama point ke-2 . Saat elo sudah tahu pokok text yang elo baca, elo dapat nyimpulin isi ceritanya seperti gimana. So, membaca menjadi lebih cepat.

Menolong kelancaran membaca.
Membaca bacaan yang elo tentukan sendiri buat elo terpacu buat semakin banyak membaca. Jadi, membaca ekstensif menolong tingkatkan kelancaran elo saat membaca ke depannya.

Jadi fasilitas hiburan.
Membaca ekstensif dapat menolong elo memperoleh kesenangan dengan mendapati info yang elo mencari atau peroleh dari bacaan itu.

Manfaat

Menurut buku Reading for Pleasure (1995), faedah dari cara ini dapat kalian baca pada gambar di bawah ini.

1. Menambahkan pengetahuan dunia
2. lebih optimis dan terpacu untuk selalu membaca.
3. bisa menambahkan kosa kata.
4. mengenali tata bahasa baru.
5. ketrampilan pahami bacaan yang makin meningkat.
6. Tingkatkan ketrampilan bicara dan menulis.
7. tingkatkan kelancaran membaca dan kecepatan.
8. membuat kita makin suka membaca.

Langkah – Langkah

Buat tahu langkah membaca ekstensif, elo harus ketahui dahulu mengenai tehnik membaca yang satu ini. Ada empat tehnik yang dilakukan yakni:

Skipping : membaca cepat dengan melompati sisi yang tidak terlampau penting.

Selecting : membaca cepat dengan konsentrasi nemuin keyword yang dicari.

Skimming : membaca cepat buat bisa intisari bacaan.

Scanning : membaca cepat dengan jeli saat menentukan info detil selective yang diperlukan.

Nah sobat pinter itulah tadi ulasan mengenai membaca ekstensif, semoga informasi yang kami sajikan ini bermanfaat untuk kalian semua terimakasih banyak ya sudah meluangkan waktu untuk membaca