Materi Perancangan Basis Data Secara Fisik Dan Logika

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Perancangan basis data merupakan salah satu yang perlu diperhatikan, pasalnya penggunaan database tersebut memiliki banyak sekali tujuan yang dapat memudahkan anda. Seperti dapat memberi informasi yang berisikan kebutuhan user secara khusus beserta aplikasi. Perancangan database terdapat dua cara yakni fisik dan logika, untuk mengetahuinya simak ulasan berikut.

Dua Konsep Desain Basis Data Yang Perlu Kalian Ketahui


Perancangan Database Secara Fisik

Proses pemilihan struktur penyimpanan serta jalur akses file merupakan Perancangan database secara fisik. Hal ini dijadikan untuk mencapai suatu penampilan yang baik dan bagus pada berbagai macam aplikasi yang ada. Pada fase ini melakukan rancangan spesifikasi-spesifikasi untuk database yang disimpan. Adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan saat perancangan basis data secara fisik yang pertama yaitu memperhatikan proses respons time.

Perancangan-Database-Secara-Fisik

Pada suatu transaksi database untuk menjalankan suatu tanggapan yang telah diajukan sebelumnya pada waktu yang telah berlalu. Untuk respons time sendiri berada di bawah wawasan DBMS yang dapat mempengaruhi waktu akses.

Selain dipengaruhi oleh DBMS, respons time juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang tidak termasuk dalam pengawasan DMBS. Seperti penundaan komunikasi ataupun penjadwalan sistem operasi. Petunjuk selanjutnya pada perancangan secara sidik ini adalah space utility. Space utility merupakan jumlah ruang penyimpanan untuk file database dan jalur akses lainnya.

Selain itu transaction throughput juga menjadi salah satu petunjuk untuk tahapan perancangan basis data secara fisik. Hal ini merupakan suatu parameter kritis yang berasal dari sistem transaksi. Misalnya digunakan pada pemesanan tempat seperti di pesawat, bank dan tempat lainnya. Hasil pada fase ini adalah dapat menentukan penentuan awal yang berasal dari jalur akses file-file.

Baca Juga :  Apa Itu Proxy Server? Berikut Fungsi Dan Manfaatnya

database-relasi


finishing-basis-data-relasi


Perancangan Database Secara Logika

Salah satu cara yang dilakukan untuk perancangan basis data secara logika yaitu membuat sebuah skema konseptual dan skema eksternal yang terdapat pada model data DBMS. Konseptual internal dan konseptual eksternal tidak hanya asal pilih, akan tetapi harus melalui berbagai proses yang digunakan.

Pada fase ini skema konseptual yang memiliki data tingkat tinggi di ubah ke dalam model data dari DBMS. Fase ini dilakukan dengan suatu pemetaan yang dilakukan oleh skema konseptual dengan skema eksternal. Adapun proses pemetaan tersebut dimulai dengan pemetaan suatu sistem yang independen.

Pemetaan sistem independent ini berupa pemetaan yang dilakukan dalam model DBMS. Dengan adanya sebuah pemetaan tidak mempertimbangkan karakteristik maupun hal-hal yang khusus yang diberlakukan oleh implementasi DBMS dari model data tersebut. Selain itu proses pemetaan yang dilakukan selanjutnya adalah penyesuaian ke dalam DBMS yang spesifik.

Penyesuaian skema ke dalam DBMS yang spesifik ialah mengatur skema yang dihasilkan dari pengumpulan data yang di analisa. Setelah menganalisis berbagai kebutuhan pengguna serta aplikasi yang menghasilkan kebutuhan data. Hasil dari analisis kebutuhan data tersebut disesuaikan pada implementasi yang khusus di masa yang akan datang dari model DBMS.

Hasil dari fase perancangan basis data ini menggunakan perintah yang berasal dari DDL, yang mana dalam bahasa DBMS yang dipilih harus dapat menentukan tingkat skema konseptual dana eksternal dari sistem database. Jika dalam beberapa hal DDL mengeluarkan perintah memasukan parameter rancangan fisik lengkap, maka harus menunggu database secara fisik telah lengkap.

Perancangan-Database-Secara-Logika

Beberapa ulasan di atas merupakan tahap-tahap dalam merancang data base. Kurang lebih 6 tahapan yang dilakukan, akan tetapi tahap perancangan secara fisik dan lokal merupakan inti dari tahapan tersebut.

Baca Juga :  12 Rumus Dasar MS Excel Yang Perlu Kalian Ketahui

Untuk melakukan perancangan basis data ini sangat penting bagi anda untuk berhati-hati dan mengerjakannya dengan baik agar dapat menghasilkan sistem yang sangat bagus.