8 Model Perangkat Keras Komputer Yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Kehadiran komputer memang sudah banyak dibutuhkan sejak dahulu. Namun, komputer tidak akan ada dan bekerja dengan baik tanpa adanya perangkat keras atau hardware. Dalam hal ini, hardware adalah bagian-bagian alat elektronik yang membantu sistem kerja komputer. Bahkan, beberapa komponen tersebut harus dimiliki komputer agar bisa bekerja dengan baik. Berikut selengkapnya.

Beberapa Jenis Hardware Dari Perangkat Komputer


1. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit yang biasa dikenal dengan sebutan CPU adalah mesin utama yang disebut sebagai otak komputer. Komponen ini bahkan memiliki fungsi penting untuk mengolah perintah dan mensinkronkan kinerja hardware dan software. Tentunya, sistem ini dilengkapi dengan core atau inti yang mampu mempekerjakan suatu komputer.

Beberapa CPU yang dikeluarkan oleh intel meliputi Pentium 1, 2, 3, 4 hingga keluaran terbaru. Tentunya, Central Processing Unit keluaran terbaru berupa intel Xeon memiliki sistem kerja yang lebih cepat dan baik. Perangkat keras jenis ini biasanya berbentuk kotak besar seperti speaker yang memiliki tombol utama untuk menyalakan komputer.

procesor-pc

Beberapa jenis Central Processing Unit yang sering digunakan karena memiliki sistem kerja yang baik dan merek terkenal yaitu intel, hp, dell, MSI, apple dan lain sebagainya. Tentunya, CPU yang memiliki spesifikasi terbaik dengan sistem kerja yang cepat memiliki harga yang lebih tinggi pula. Untuk mendapatkan sistem yang baik, anda sebaiknya memilih jenis CPU model terbaru.

2. Monitor

Monitor juga bisa disebut sebagai layar komputer. Perangkat ini merupakan perangkat keluaran yang sangat dibutuhkan. Tentunya, monitor dapat menampilkan banyak hal seperti gambar, teks maupun berbagai item lain yang sedang anda kerjakan. Komponen yang satu ini bahkan terdiri dari catu daya, casing, tombol dan juga sirkuit.

Baca Juga :  Inilah Cara Kerja CCTV Untuk Menjaga Keamanan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan banyak orang menggunakan monitor jenis LCD dan LED. Kedua jenis monitor tersebut telah dipercaya memiliki daya yang sangat hemat, tidak memakan banyak tempat dan menghasilkan tampilan dengan kualitas yang baik. Perangkat keras ini menghadirkan berbagai model dengan kelebihan dan kekurangan untuk dinikmati.

monitor-jadul


monitor-zamannow

3. Mainboard

Begitu pula, perangkat yang satu ini memiliki bentuk seperti papan sirkuit. Mainboard atau bisa dikenal dengan motherboard ini memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai komponen penting dari komputer. Letak dari perangkat yang satu ini berada di dalam CPU. Komponen ini bahkan memberikan akses untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer.

Dalam hal ini, mainboard memiliki beberapa bagian yang digunakan untuk memasang jenis hardware yang lainnya. Beberapa perangkat seperti chip, port, bios, slot, koneksi dan lainnya terhubung dalam jenis perangkat ini. Tentunya, mainboard harus dirawat dengan baik karena kerusakan yang terjadi pada perangkat ini akan berdampak kepada yang lainnya.

mainboard

4. Keyboard

Perangkat yang terdiri dari banyak tombol ini adalah jenis perangkat keras masukan yang dibutuhkan untuk memberikan perintah. Komponen yang satu ini dapat terdiri dari tombol-tombol yang berisi huruf, angka dan function. Tombol yang terdapat pada perangkat ini bahkan bisa digunakan untuk melakukan perintah tertentu yang dikeluarkan oleh monitor.

Proses perintah yang dilakukan oleh keyboard akan disampaikan ke CPU dan ditampilkan oleh monitor. Dalam hal ini, perangkat yang satu ini memiliki banyak jenis seperti QWERTY, Klockenberg, DVORAK dan masih banyak yang lainnya. Umumnya, keyboard atau papan ketik yang biasa digunakan oleh komputer menggunakan jenis QWERTY.

keyboard

5. Mouse

Selain itu, jenis perangkat penting lain yang dibutuhkan oleh komputer adalah mouse. Komponen yang satu ini memiliki 2 tombol dan scroll yang bisa anda gunakan dengan mudah. Tentunya, jenis perangkat yang satu ini juga memiliki fungsi untuk memberikan perintah dengan menggerakkan kursor atau pointer.

Baca Juga :  11 Tipe Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Sebagai perangkat masukan, mouse biasanya digambarkan dengan simbol tunjuk yang terdapat pada suatu komputer. Simbol tersebut juga bisa diatur untuk selalu bergerak mengikuti perpindahan mouse maupun sebagai pengganti touchpad. Beberapa jenis mouse yang bisa anda gunakan untuk menjalankan komputer ini adalah mouse trackball, mouse serial, mouse optical dan lainnya.

mouse

6. Harddisk

Perangkat yang satu ini adalah salah satu perangkat penting yang tidak bisa ditinggalkan dalam menjalankan komputer. Tentunya, komputer anda tidak akan bisa bekerja jika tidak ada data seperti sistem operasi yang dijalankan. Perangkat keras yang satu ini bahkan bisa menyimpan data secara permanen meskipun komputer yang anda miliki dalam keadaan mati.

Terdapat 2 jenis hardisk yang biasa digunakan oleh komputer. Harddisk tersebut dapat terdiri dari harddisk internal dan harddisk eksternal. Dalam prosesnya, harddisk internal berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data agar sistem kerja komputer dapat bekerja dengan baik. Pasalnya, jenis perangkat ini berbentuk seperti cakram berputar yang terdapat pada suatu komputer.

hardisk

Selain itu, harddisk eksternal juga memiliki fungsi yang sama untuk menyimpan suatu data. Namun, perangkat yang satu ini merupakan media penyimpanan portable yang bisa dihubungkan dengan berbagai komputer menggunakan kabel USB. Anda bahkan bisa menyimpan berbagai file dan mentransfernya dengan mudah ke berbagai komputer.

7. Random Access Memory

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM juga termasuk komponen perangkat keras yang terdapat pada komputer. Meski berfungsi sebagai perangkat penyimpanan, RAM hanya dapat memberikan penyimpanan yang sementara pada komputer. Perangkat yang satu ini bahkan hanya bisa menyimpan perintah ketika komputer dalam kondisi menyala.

random-access-memory

Dalam hal ini, kuantitas Random Access Memory juga harus disesuaikan dengan sistem kerja yang dijalankan oleh komputer. Tentunya, pekerjaan yang berat seperti desain grafis maupun programmer harus didukung dengan kondisi RAM yang besar pula. Sebaliknya, jika komputer anda hanya memiliki RAM yang kecil sebaiknya digunakan untuk pekerjaan yang ringan seperti mengetik.

Baca Juga :  11 Tipe Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

8. Printer

Suatu perangkat komputer memang memiliki fungsi untuk memberikan masukan, memproses dan mengeluarkan. Dalam hal ini, printer adalah salah satu jenis hardware yang berfungsi sebagai perangkat keluaran. Perangkat yang satu ini bahkan bisa menampilkan berbagai data dalam bentuk cetakan seperti gambar maupun teks yang tertulis dalam kertas.

Untuk menjalankan perangkat yang satu ini, anda bisa menghubungkan kabel USB printer ke dalam port yang terdapat pada CPU. Tentunya, perintah yang telah dijalankan oleh komputer akan diproses dalam CPU dan menghasilkan cetakan yang dikeluarkan mesin printer. Meski demikian, anda juga membutuhkan kertas dan tinta untuk memproses sistem kerja ini.

Jenis printer seperti printer inkjet, printer chain, printer laserjet, printer dot matrix, printer drum dan printer daisy wheel. Tentunya, beberapa jenis printer tersebut memiliki fungsi untuk mencetak hasil olahan komputer. Beberapa jenis printer tersebut bahkan juga dibekali dengan fungsi scanner yang bisa anda gunakan.

printer

Itulah beberapa jenis hardware dari suatu komputer yang harus anda ketahui. Tentunya, beberapa hardware tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang sistem kerja dari komputer yang anda miliki. Namun, beberapa hardware juga ada yang hanya dibutuhkan untuk menjalankan perintah tertentu seperti printer dan harddisk eksternal.