11 Tipe Perangkat Lunak Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

perangkat lunak – Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang banyak digunakan sejak dulu. Alat ini berfungsi untuk membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal. Dalam hal ini, setiap perkembangan komputer yang selalu dihadirkan selalu memiliki perangkat keras (hardware) dan lunak (software) yang menjadi komponen utama. Lantas, apa saja komponen perangkat lunak komputer itu?

Berikut Komponen Software Yang Harus Anda Ketahui


1. Sistem Operasi

Sistem operasi atau biasa disebut dengan operating system (OS) adalah komponen software utama yang dikembangkan untuk perangkat komputer. Fungsi dari komponen ini dapat membantu menghubungkan, mengendalikan dan mengontrol koneksi komputer dengan perangkat keras. Beberapa jenis software sini dapat berupa Linux, Windows, Android dan lain sebagainya.

Komputer yang dikembangkan hingga saat ini seringkali menggunakan windows sebagai sistem operasinya. Perkembangan sistem ini bahkan sudah mencapai windows 13. Salah satu alasan penggunaan sistem windows yaitu memiliki kemudahan dalam hal perbaikan. Selain itu, windows juga memiliki tampilan user friendly dan terkoneksi dengan aplikasi office.

contoh-sistem-operasi-os

2. Pengolah Kata

Perangkat lunak yang satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang menggunakan komputer. Perangkat yang digunakan untuk mengolah kata ini seringkali digunakan untuk membuat dan menyusun dokumen maupun melakukan penyuntingan. Beberapa software yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata yaitu Microsoft Word, Lotus Word, Open Office Writer dan lainnya.

Aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk mengolah kata secara online saja. Anda bahkan bisa memasukkan gambar, grafik maupun tabel pada dokumen tersebut. Tentunya, anda bisa membuat berbagai hal seperti proposal, artikel, naskah pidato, surat lamaran dan masih banyak yang lain. Aplikasi ini bahkan dapat membantu anda untuk menulis dengan baik dan rapi.

Baca Juga :  Mengenal Bahasa Pemrograman Java, Coding, Contoh, Aplikasi

software-pengolah-kata

3. Pengolah Gambar

Jenis perangkat yang satu ini sangat memfasilitasi anda yang menyukai dunia seni dan gambar. Perangkat yang satu ini bahkan bisa membantu anda untuk menghasilkan gambar dengan mudah. Dalam hal ini, anda bisa menggambar secara manual dengan paint yang disediakan maupun mengambil beberapa gambar dan mendesainnya menjadi gambar yang menarik.

Tentunya, jenis software yang satu ini bahkan sudah banyak dikembangkan untuk membuka peluang bisnis. Beberapa orang bahkan menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat nama brand, pemasaran di media sosial dan mengabadikan momen terbaik. Beberapa perangkat yang sering digunakan dalam hal ini meliputi Corel Draw, Adobe Photoshop dan masih banyak lainnya.

software-pengolah-gambar

4. Pengolah Angka

Begitu pula, pengolah angka yang dihadirkan oleh software komputer juga sering digunakan untuk membantu berbagai pekerjaan. Dalam hal ini, pengolah angka berfungsi untuk menyimpan, melakukan perhitungan dan mendata suatu angka. Beberapa perangkat jenis ini dapat berupa Microsoft Excel, Star Office, KSpread dan lain-lain.

Kehadiran pengolah angka seringkali digunakan oleh beberapa bisnis yang bergerak dalam bidang pendataan dan perhitungan. Seorang pebisnis yang bergerak dalam bidang penjualan juga dapat menggunakan software ini untuk perhitungan dan pendataan jumlah stok barang dagangannya. Tentunya, alat ini dapat lebih membantu dibanding dengan pekerjaan manual dengan buku.

software-pengolah-angka

5. Pengolah Data

Anda bahkan bisa menggunakan jenis perangkat lunak yang satu ini untuk pengerjaan laporan dalam hal pengolah data. Seseorang yang menggunakan perangkat ini dapat menyeleksi, membuat data, menyunting dan membuat laporan yang berkaitan dengan database. Tentunya, anda bisa menggunakan Microsoft Access, SPSS dan dBase dalam pengerjaan ini.

Salah satu software yang sering digunakan dalam mengolah data ini adalah SPSS. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan pengolah angka terlebih dahulu untuk diinput ke dalam SPSS maupun memasukkan data angka yang anda miliki secara langsung di SPSS. Pengolahan data ini bahkan bisa menghasilkan laporan dengan mudah tanpa harus melakukan perhitungan rumit secara manual.

Baca Juga :  8 Model Perangkat Keras Komputer Yang Wajib Diketahui

software-pengolah-data

6. Browser

Selain itu, komputer juga menyediakan software browser yang bisa anda manfaatkan untuk mencari berbagai informasi. Sistem ini dapat membantu anda dalam menjelajahi dan mengakses apapun yang terdapat dalam internet. Tentunya, anda hanya perlu membuka browser yang tersedia pada komputer dan langsung memasukkan kata kunci pada kolom pencarian.

Beberapa jenis software yang dapat digunakan untuk browsing yaitu Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer dan Safari. Software tersebut pada dasarnya memiliki fungsi yang sama untuk mengakses berbagai informasi melalui internet. Namun, setiap software yang dihadirkan selalu memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa anda pertimbangkan.

software-browser

7. Desain Grafis

Begitu pula, perangkat lunak yang satu ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan pengolah gambar. Perangkat ini bahkan sering digunakan untuk membuat komunikasi visual maupun memberikan informasi yang interaktif. Tentunya, anda bisa menggunakan beberapa software seperti Photo Scape, Adobe Frame Maker dan Adobe Indesign untuk membuat desain grafis.

software-design-grafis

8. Presentasi

Presentasi merupakan kegiatan penyampaian data maupun informasi kepada orang lain. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan cara memberikan paparan tertulis pada komputer secara poin-poin. Kemudian, anda bisa menjelaskan informasi yang anda miliki dengan panduan berupa poin yang sudah dituliskan.

Terdapat beberapa software yang digunakan untuk kegiatan ini seperti Microsoft Power Point, KPresenter, Macromedia Authorware dan yang lainnya. Anda bahkan bisa mendesain poin-poin tersebut menjadi lebih menarik dan interaktif. Selain itu, perkembangan yang digunakan oleh Microsoft Power Point juga bisa digunakan untuk membuat video.

software-persentasi

9. Jaringan Komputer

Perangkat yang satu ini seringkali digunakan untuk membantu perangkat keras komputer dalam menjalankan fungsinya. Perangkat yang satu ini dapat berupa Microsoft Network Monitor, Wireshark, Angry IP Scanner dan OpenNMS. Perangkat lunak ini bahkan dapat digunakan untuk mengetahui lalu lintas data ketika mengawasi, mengelola dan memelihara jaringan komputer.

Baca Juga :  Tips Memahami Bahasa Pemrograman, Pengertian, Dan Jenisnya

software-jaringan

10. Chatting

Sebagaimana namanya, komputer juga dapat diisi software chatting yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan komunikasi secara online. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan software LINE, Yahoo Messenger, WhatsApp dan Facebook. Tentunya, fungsi yang dihadirkan oleh perangkat yang satu ini juga tidak jauh berbeda dari penggunaan ponsel.

Seseorang yang memanfaatkan software ini biasanya dilakukan untuk berkomunikasi ketika melakukan koordinasi pekerjaan. Begitu pula, software chatting yang digunakan dalam komputer juga dapat memudahkan untuk mengirim data. Hal ini seringkali lebih diminati karena komputer memiliki penyimpanan data yang lebih besar dibanding smartphone.

software-chatting

11. Antivirus

Selain itu, software yang satu ini juga sering dibutuhkan oleh semua komputer. Perangkat ini bahkan bisa mendeteksi dan menghapus berbagai virus dari dalam komputer. Tentunya, software antivirus sangat penting untuk melindungi berbagai data komputer agar tidak tercuri maupun rusak. Beberapa software antivirus yang bisa digunakan yaitu smadav, McAfee, avast, avira dan lainnya.

software-antivirus

Itulah beberapa tipe software yang bisa anda miliki pada suatu sistem komputer. Perangkat tersebut bahkan bisa membantu anda untuk menjalankan semua tugas dan kegiatan dengan mudah. Selain itu, penggunaan software dalam komputer juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kekuatan suatu komputer itu sendiri.