Apa Itu Proxy Server? Berikut Fungsi Dan Manfaatnya

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Menggunakan suatu sistem yang dapat meningkatkan keamanan, kecepatan, serta mampu berbagi koneksi internet dengan perangkat lain. Salah satu sistem yang mempunyai keunggulan tersebut adalah Proxy Server. Yang mana proxy ini merupakan sebuah program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya yang memiliki berbagai jenis dan manfaat.

Fungsi Proxy Yang Perlu Anda Ketahui


1. Connection Sharing

Fungsi yang pertama yakni sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway juga dapat dijadikan sebagai titik untuk sejumlah koneksi dari peran pengguna loka terhubung kepadanya. Selain itu koneksi jaringan luar juga dapat terhubung pada gateway. Oleh karena itu semua koneksi jaringan lokal internet menggunakan gateway.

Adanya fungsi pembatas jaringan lokal dan jaringan luar ini, dapat menjaga keamanan jaringan komputer anda. Sehingga tidak perlu cemas ataupun khawatir. Dengan fungsi ini jaringan komputer anda tetap berfungsi semestinya hinga tidak menimbulkan gangguan apapun yang dapat menjadikan jaringan lemah.

ilustrasi-desain-proxy-server

2. Caching

Fungsi selanjutnya yang dapat anda temui pada proxy server adalah memiliki mekanisme penyimpanan objek. Penyimpanan obyek ini yang sudah diminta terlebih dahulu pada server-server di internet. Untuk mekanisme dari caching akan menyimpan berbagai macam objek yang berasal dari permintaan para pengguna dari internet.

Dengan adanya fungsi yang satu ini maka anda sangat dimudahkan dalam mengakses web-web yang sudah yang sudah pernah diakses sebelumnya. Untuk akses web tersebut juga sangat lebih cepat dikarenakan pengaksesanya selanjutnya tidak perlu menggunakan permintaan data pada jaringan internet luar karena sudah terdapat pada caching proxy.

Baca Juga :  Panduan Mudah Belajar MS Word Untuk Orang Awam

3. Filtering

Selain dua fungsi di atas, proxy juga memiliki fungsi sebagai filtering. Proxy dapat berfungsi sebagai firewall packet filtering yang bisa digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari berbagai serangan gangguan luar. Dengan adanya hal tersebut maka dapat proxy dapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu pada saat-saat tertentu pula.

Misalnya jika client yang terhubung dengan proxy meminta file, akses web page ataupun lainnya. Maka proxy server ini akan melakukan filtering pada permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan dari filter tersebut. Misalnya dapat menyaring traffic berdasarkan IP address dan lainnya.

Connection-Sharing

Manfaat Penggunaan Proxy Yang Sangat Penting Untuk Diketahui


1. Mengontrol Penggunaan Internet

Penggunaan pertama yang dapat kamu temui jika menggunakan proxy adalah mampu mengontrol penggunaan internet. Adanya proxy ini para orang tua dapat dengan mudah mengontrol anak-anaknya ketika sedang menggunakan internet. Biasanya pada perusahan juga menggunakan proxy untuk mengantisipasi agar para karyawan tidak membuka situs website yang dapat mengganggu kinerjanya.

2. Memiliki Penyimpanan dan Kecepatan Yang Besar

Manfaat selanjutnya adalah memiliki kemampuan menyiapkan dan kecepatan yang sangat cepat. Misalnya jika anda meminta data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, anda dapat mengambilnya pada penyimpanan yang sudah tersedia di penyimpanan. Hal tersebut akan memudahkan anda serta dapat membuat akses internet lebih cepat dan mudah.

Connection-Sharing-2

3. Menjaga Privasi Dengan Baik

Manfaat yang terakhir yakni dapat menjaga privasi. Misalnya perusahaan yang menggunakan proxy ini untuk melakukan browsing dapat lebih terjaga. Karena beberapa proxy server dapat mengubah alamat IP serta data dan informasi lainnya. Sehingga dengan menggunakannya anda akan tetap aman serta tidak khawatir akan terjadi permasalahan lainnya yang merugikan.

Baca Juga :  Mengenali Jenis Backlink Web Berkualitas Untuk Optimisasi

Proxy merupakan layanan keamanan internet yang dapat digunakan sehari-hari. Terdapat banyak sekali fungsi dan manfaat yang dapat ditemui misalnya memiliki fungsi filtering, baik filtering pengguna atau pun content dan akses lain. Selain itu penggunaan proxy anda dapat mengetahui pekerjaan karyawan, serta dapat memblokir situs yang berpotensi dapat mengganggu pekerjaan.