12 Rumus Dasar MS Excel Yang Perlu Kalian Ketahui

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

rumus dasar excel – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel atau biasa disingkat Ms Excel. Excel bahkan termasuk salah satu software pengolah angka yang paling banyak digunakan. Tentunya, kehadiran berbagai rumus mudah membuat program ini banyak digunakan dalam pekerjaan seperti keuangan dan pengolahan data.

MS Excel ini Merupakan salah satu aplikasi yang sangat familiar di kalangan para pengguna komputer khususnya bagi yang berhubungan dengan pengolahan data.

Microsoft Excel sendiri memiliki beragam rumus dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda namun tidak semua rumus diketahui oleh banyak orang, dan kali ini saya akan membagikan beberapa rumus Excel yang paling sering digunakan sehingga apabila kita menguasai rumus-rumus ini maka kita akan dengan mudah mengerjakan tugas-tugas di kantor ataupun tugas di perkuliahan.

Agar lebih mudah untuk kita pahami maka saya akan membahasnya satu persatu dibawah ini :

Berikut Beberapa Rumus Dasar Microsoft Excel


1. Average

Average merupakan salah satu rumus yang dimiliki oleh Ms Excel. Rumus ini seringkali digunakan untuk menentukan nilai rata-rata dari kumpulan angka maupun data yang diolah. Penggunaan rumus ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Anda bahkan bisa memblok angka yang dibutuhkan kemudian memilih fungsi pada menu autoSUM yang terdapat pada Home.

Begitu pula, anda juga bisa menulis rumus manual untuk memperoleh hasil rata-rata dari suatu data. Misalnya saja, anda bisa menulis rumus =AVERAGE(B2;B6;B8). Maksud dari B2, B6 dan B8 ini adalah data angka yang berada pada kolom B baris kedua. Tentunya, B2 akan langsung muncul pada kolom yang berisi rumus ketika anda klik data yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Inilah Fungsi SSL Pada Website Yang Wajib Kalian Ketahui

belajar-rumus-dasar-pada-excel

Anda juga bisa menggunakan rumus excel dasar ini untuk menghasilkan nilai rata rata secara otomatis. Dalam hal ini, anda bisa mencantumkan rumus =AVERAGE(B2:B9) kemudian menekan enter. Maksud dari tanda “:” pada rumus menunjukkan bahwa nilai rata rata yang diperoleh berasal dari data yang terdapat pada B2 hingga B9.

2. Sum

Layaknya rumus average, sum juga merupakan rumus excel yang bisa digunakan untuk menambahkan beberapa data. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan rumus ini untuk menambah data secara otomatis yang berdekatan maupun memasukkan beberapa data yang digunakan karena letaknya yang tidak berdekatan. Tentunya, penggunaan ini juga sama dengan rumus average.

3. Logika IF

Rumus yang satu ini seringkali digunakan ketika suatu data berada pada kondisi tertentu. Rumus logika IF bahkan bisa digunakan untuk menerapkan rumus matematika berupa jika dan hanya jika. Selain itu, anda juga bisa menggunakan simbol tertentu untuk menghadirkan maksud dari logi ini. Misalnya, =IF(C4=”K”,”KAWIN”,”TIDAK KAWIN”).

4. Choose

Rumus excel dasar choose bisa digunakan untuk menampilkan atau memilih salah satu nilai tertentu. Anda bahkan juga bisa memilih 1 nilai dengan index tertentu. Misalnya saja dari banyak data yang anda masukkan, anda ingin menampilkan data yang memiliki index 3. Hal ini juga bisa dicontohkan dengan memasukkan rumus seperti =CHOOSE(3;”Nilai 1”;”Nilai 2”;”Nilai 3”;”Nilai 4”).

5. Match

Begitu pula, anda juga bisa menggunakan rumus match untuk mencari nilai tertentu pada suatu tabel, range atau list. Setelah itu, anda juga bisa menampilkan posisi nilai pada suatu tabel, range atau list. Misalnya saja anda memasukkan rumus =MATCH(7;B3:B7;0). Maksud dari rumus tersebut adalah pencarian angka 7 pada kolom B3 hingga B7.

Baca Juga :  Trik Cara Update Windows 10 Offline Ataupun Online

6. Min

Penggunaan rumus min yang dihadirkan pada excel digunakan untuk menunjukkan nilai terendah dari suatu data yang disajikan. Sebagaimana rumus yang lain, rumus excel dasar ini juga bisa digunakan untuk mencari nilai minimal dengan memasukkan rumus =MIN(A5:A9). Dalam hal ini, nilai minimal pada kolom A5 hingga A9 langsung menghasilkan nilai jika di enter.

7. Max

Begitu pula, rumus max adalah kebalikan dari rumus min. Tentunya, max dapat digunakan untuk mencari nilai maksimal pada suatu data yang anda miliki secara otomatis. Anda tentu bisa mencari nilai tertinggi dengan mudah pada kolom C3 hingga C9 hanya dengan memasukkan rumus =MAX(C3:C9). Kemudian tekan enter dan langsung muncul hasilnya.

Itulah beberapa rumus dasar yang bisa anda gunakan untuk menentukan suatu nilai tertentu dari data yang anda miliki. Tentunya, hasil olahan tersebut dapat ditunjukkan secara otomatis oleh Microsoft Excel. Oleh karena itu, pemanfaatan software ini dapat memudahkan berbagai pekerjaan anda yang berkaitan dengan data atau angka.

8. Proper

Rumus ini jarang sekali digunakan oleh para pengolah data, apabila dalam sekala kecil.

Manfaat dari rumus proper ini bertujuan untuk menjadikan huruf besar huruf pertama pada string text dan huruf-huruf lain setelahnya dijadikan menjadi huruf kecil dengan kata lain karakter pertama adalah kapital dan setelahnya adalah bukan kapital atau huruf kecil.

9. Upper

Upper ini bertujuan dan memiliki fungsi yang digunakan untuk mengkonversi semua teks menjadi huruf besar pada kata yang terdapat pada sel dengan menggunakan rumus.

Contoh Misalkan ada kata : Indonesia

UPPER : =UPPER(pilih sel yang ingin di konversi) lalu tekan enter
Maka hasilnya dari kata Indonesia tersebut akan terkonversi di sel yang telah ditentukan dengan kalimat teks menjadi huruf besar semuanya.

rumus-upper

10. Lower

Untuk lower ini merupakan fungsi yang digunakan untuk mengkonversi semua teks menjadi huruf kecil ya, kebalikan dari upper yang sudah saya jelaskan di atas, untuk rumus menjalankan sama tinggal saja mengganti bahasa yang digunakan adalah LOWER : =LOWER(pilih sel yang ingin di konversi) lalu tekan enter.

Baca Juga :  Materi Perancangan Basis Data Secara Fisik Dan Logika

11. Len

Fungsi ini jarang sekali diketahui ya, bisa dikatakan penting atau tidak begitu, akan tetapi jika pengolahan data diminta secara detail sesuai kebutuhan pasti diperkulan dong, yang dimana fungsi dari rumus LEN ini untuk menentukan jumlah karakter dari satu teks pada sel yang ditentukan.

Contoh disini ada kata : teknoinfo.id

Nah rumus untuk mencari total karakter hurufnya adalah : =LEN(pilih sel yang ber isikan teks yang mau di total jumlah karakternya dengan contoh diatas) lalu tekan enter maha jumlah totalnya akan keluar 12 yang menandakan huruf yang kalian pilih pada sel itu memiliki dua belas huruf.

12. Round

Fungsi dari rumus round bertujuan untuk membulatkan jumlah angka kejumlah didgit yang ditentukan, fungsi ini biasanya sering sekali digunakan pada pengolahan data keuangan, yang sering menggunakan bilangan decimal, yang memiliki pecahan atau koma.

Contoh bila ada data bilangan pecahan decimalnya :

Angka : 15,675

Lalu kita akan mencoba membulatkan dari angka tersebut dengan 2 karakter dibelakang koma misalnya.

Rumus Round : = round(pilih sel yang ingin dibulatkan ; 2) lalu tekan enter.

Maka hasi Round = 15,68

Walaupun masih banyak sekali trik dan teknik perumusan dalam Ms Excel ini, namun jika kalian sudah paham dan hafal di dasar 12 rumus tersebut maka kalian sudah memiliki modal dan pondasi yang bagus untuk mengolah data number dengan sangat profesional.