Samudra Adalah – Artian Samudra Dan Penjelasannya

Hai sobat pintar kemungkinan kata samudra atau tulisan tidak bakunya itu samudera tidak asing kembali untuk kalian bukan ? Samudra Adalah lautan atau bahasa inggrisnya Ocean. yang disebut lautan

yang sama-sama bersambungan dari semua benua yang berada di dunia. Sama seperti yang kita kenali jika mayoritas permukaan bumi itu air bahkan juga sekitaran 71 prosentasenya itu lautan.

Ada banyak nama samudra yang ada dibumi kita ini dimulai dari Samudra Hindia, Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Samudra Arktik dan Samudra Antartika. semua mempunyai sisi

sisi benua yang meliputinya yang kelak akan kita ulas lengkap di artikel ini yakinkan kalian membacanya sampai akhir. Disamping itu kita akna mengulas bagaimana proses terbentunya

samudra dan batasan daerahnya dan negara – negara yang ada disekitarnya. Samudra mempunyai tingkat kedalaman capai 3.790 mtr. tentu saja mustahil kita berenang di samudra ini ya sahabat pintar.

samudra terbesar di dunia

Pembahasan Komplet dan Pemahaman Samudra

Ada dua pemahaman samudra pada umumnya yaitu Menurut Vega Samudra ialah lautan – lautan luas dan dalam yang pisahkan beragam benua di bumi hingga tercipta jadi satu kesatuan.

Seterusnya Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI Samudra ialah lautan lautan luas atau besar. dari ke-2 pemahaman ini dapat diambil kesimpulan jika samudra sebagai lautan yang luas.

Proses Terciptanya Samudera

Pembangunan samudera erat berkaitan dengan proses pembangunan bumi. Untuk menerangkan proses pembangunan bumi, kita memakai teori lurus tektonik. Teori ini ada karena

karakter kerak. Seperti kita kenali, susunan kerak bumi ialah susunan paling luar bumi, susunan ini cukup keras dan padat. Di bawahnya ada susunan astenosfer yang kuat dan tebal.

Susunan yang lebih dalam dari susunan bumi pasti pada temperatur yang semakin tinggi dibanding susunan di atas. Temperatur susunan yang lebih panas beralih ke susunan yang lebih tinggi.

Konveksi panas terjadi sebegitu rupa hingga asthenosphere bergerak seperti gerakan air mendidih. Mengakibatkan, susunan kerak bumi membuat lurusan dan terbelah.

Pembangunan lautan di Bumi diprediksi terjadi 4,4 miliar tahun yang lalu. Pada waktu itu, wujud permukaan bumi berbeda karena letusan gunung berapi. Mengakibatkan, bumi tertutup debu vulkanik.

Debu ini menahan cahaya matahari tembus ke bumi, hingga uap air yang terkumpul di atmosfer hujan dan mengembun. Karena peralihan wujud permukaan bumi, hujan isi cengkungan bumi, hingga lautan tercipta.

Air laut awalannya benar-benar asam dengan temperatur di antara 100 derajat Celcius. Ini karena keadaan bumi benar-benar panas dan atmosfer bumi dikitari oleh karbon dioksida. Disamping itu, tsunami

umum terjadi pada sekarang ini karena asteroid jatuh ke Bumi. Air pasang kering laut terlampau cepat karena jarak bumi yang terlampau dekat sama bulan. Seiring berjalannya waktu, jumlah karbon dioksida

di atmosfer bumi menyusut karena terlarut di air laut dan bereaksi dengan ion karbonat untuk membuat kalsium karbonat. Langit jadi ceria dan cahaya matahari tembus bumi lagi.

Volume air laut mulai menyusut. Kemudian, bebatuan dilapuk secara terus-terusan dan dipindah ke laut karena ada air hujan, yang membuat air laut jadi asin.

samudra adalah

Tipe-Jenis Samudera

Samudra Pasifik

Pasifik ialah lautan paling luas dibanding dengan 4 samudera lainnya. Wilayah ini sekitaran 179.700.000 km2. Samudra Pasifik semakin makin tambah meluas di belahan bumi utara dan selatan, hingga lautan dipisah jadi dua sisi, Pasifik utara dan Pasifik selatan.

Karakter Samudra Pasifik

Terbatasi oleh benua dan pulau
Di timur, bersebelahan dengan benua Amerika Utara dan Amerika Selatan
Benua Asia dan Australia beada di barat
Di utara bersebelahan dengan samudra Arktik
Di selatan bersebelahan dengan Samudra Antartika
Ada lebih dari 25.000 pulau
Kedalaman rerata lautan di Pasifik capai 4.270 mtr.
Lautan yang meliputi Pasifik mencakup Laut Sulawesia, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Selat Malaka.
Pasifik melewati Pegunungan Pemuda Pasifik Pasifik
Terhitung pusat gempa vulkanik

Samudra Hindia

Hindia ialah samudra paling besar ke-3 di dunia, mencakup nyaris 20% permukaan air bumi. Hindia ini dipisah dengan Atlantik pada 20timur meridian dan dipisah dengan Samudra Pasifik dengan 147timur meridian. Luas keseluruhan samudra ini 68.556 juta km2. Samudra Hindia mencakup Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengala, Teluk Perna, Selat Malaka, Teluk Oman, Teluk Aden, dan Great Australian Bight.

Karakter Hindia

Dalamnya laut sekitaran 3690 mtr.
Banyak diketemukan di laut atau di kolam
Pulau Madagaskar berada pada bagian barat samudera ini
Di samping timur ialah pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara
Di utara ialah pulau Srilanka dan Maladewa

Batasan-Batas Hindia

Segi utara: Asia Selatan
Selatan: Laut Antartika
Barat: Semenanjung Arab dan Afrika
Segi timur: Semenanjung Malaka, Kepulauan Indonesia, dan Australia.

Atlantik

Atlantik ialah lautan paling besar ke-2 di dunia dan meliputi sekitaran 1/5 dari permukaan bumi. Kata Atlantik datang dari mitologi Yunani dan memiliki arti “Laut Atlas “.

Lautan ini seperti huruf S dan menghampar dari belahan bumi utara ke arah selatan, dipisah dengan garis khatulistiwa di Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. Terbatasi oleh Amerika Utara dan Selatan pada bagian barat samudera dan Eropa dan Afrika pada bagian timur samudera.

Atlantik tersambung ke Samudra Pasifik, pada bagian utara dunia lewat Samudra Arktik dan pada bagian selatan dunia lewat Drake Pass. Jalinan artifisial di antara Atlantik dan Pasifik dibuat lewat Terusan Panama.

Tepian di antara Atlantik dan Samudra Hindia di timur terbatas pada Garis Bujur Timur 20 . Tepian di antara Atlantik dan Samudra Arktik ialah garis dari Greenland ke Svalbard di Norwegia Utara.

Samudra Atlantik kelihatan dari pantai barat Irlandia di hari yang cerah.

Atlantik meliputi sekitaran 20% dari permukaan bumi dan sebagai yang paling besar ke-2 sesudah Pasifik. Bersama dengan laut disekelilingnya, dia mempunyai luas 106.450.000 km2; Bila laut disekelilingnya tidak dihitung, luasnya ialah 82.362.000 km2.

Wilayah yang mengucur ke Atlantik ialah 4x ukuran Pasifik dan Samudra Hindia. Volume Samudera Atlantik dengan samudera disekelilingnya ialah 354.700.000 km3 dan tanpa dia 323.600.000 km3.

Kedalaman rerata Samudera Atlantik dengan samudera disekelilingnya ialah 3.332 m (10.932 kaki); tanpa dia 3.926 m (12.877 kaki). Kedalaman paling besar, 8.605 m (28.232 kaki), berada di parit Puerto Riko. Lebar Samudra Atlantik bervariatif di antara 2.848 km di antara Brasil dan Liberia dan sekitaran 4.830 km di antara Amerika Serikat dan Afrika Utara.

Samudra Atlantik mempunyai pantai tidak teratur (tidak teratur) yang terbatasi oleh beragam teluk dan samudera, terhitung Laut Karibia, Teluk Meksiko dan Teluk St. Lawrence, Laut Mediterania, Laut Hitam, Laut Utara, Laut Baltik dan Laut Greenland Norwegia. Beberapa pulau di Atlantik terhitung Spitsbergen, Greenland, Islandia, Rockall, Inggris Raya, Irlandia, Fernando de Noronha, Azores, Madeira, Kepulauan Canary, Tanjung Verde, Bermuda, Hindia Barat, Peningkatan, St. Helena, Tristan da Cunha, Kepulauan Falkland dan Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan.

Karakter Atlantik

Daerah Eropa dan benua Afrika ada di timur
Di samping barat ialah daerah Amerika Utara dan Amerika Selatan
Banyak pulau besar dan kecil terpasah
Jumlah arus yang masuk ke Atlantik semakin besar dibanding di lautan yang lain
Kedalaman rerata lautan di lautan ini ialah 3332 mtr.

Samudra Arktik

Samudra Arktik, yang berada di Belahan Bumi Utara dan khususnya di Arktik Arktik, ialah yang paling kecil dan dangkal dari 5 samudera di dunia. Walau Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) menganggap sebagai samudra, beberapa pakar samudra mengatakan Mediterania Arktik atau Laut Arktik dan mengelompokkannya sebagai salah satunya Mediterania yang ada di Atlantik.

Banyak sisi Samudra Arktik tertutupi dengan es baik pada musim selama setahun atau dingin. Temperatur dan salinitas di Samudra Arktik bervariatif sama sesuai musim, bergantung pada es yang meneteskannya atau menetes. Karena evaporasi yang rendah, salinitasnya ialah rerata paling rendah di lima samudera yang lain, karena drainase air yang terbatas dari lautan ke lingkungan, sama air tawar yang masuk lautan dengan jumlah besar. Jumlah es yang mencair pada musim panas capai 50%.

Geografi

Samudra Arktik isi cengkungan melingkar dan mempunyai luas sekitaran 14.056.000 km persegi, pas di bawah 1,5x luas daerah Amerika Serikat. Pantai ini mempunyai panjang 45.389 kilometer. Samudra Arktik nyaris seutuhnya dikitari oleh dataran dan terhitung Cape Baffin, Laut Barents, Danau Beaufort, Laut Chukchi, Laut Siberia Timur, Laut Greenland, Teluk Hudson, Teluk Hudson, Danau Kara, Danau Laptev, Laut P perairan yang lain dan utih. Tersambung ke Samudra Pasifik lewat Teluk Bering dan ke Samudra Atlantik lewat Laut Greenland dan Laut Labrador. Lokasi geografis ialah 90 00 ′ LU 0 00 ′ timur.

Parit samudera, Parit Lomonosov, membagikan Samudra Arktik yang isi Cengkungan Arktik jadi dua cengkungan: Eurasia atau Nansen, cengkungan (dinamakan Fridtjof Nansen) dengan kedalaman 4.000 dan 4.500 mtr., dan Amerika Utara atau Cengkungan Hyperborean, kedalamannya ialah sekitaran 4.000 meter.

Batimetri dasar laut diidentikkan oleh patahan (seperti bukit), daratan zone jurang (seperti lubang), laut cengkungan dan dalam. Kedalaman rerata Samudra Arktik ialah 1.038 meter. Titik paling rendah ialah di cengkungan Eurasia pada 5.450 meter.

Samudra Arktik terbagi dalam titik terselak khusus (saluran air sempit karena dijepit oleh dua dataran) selatan Laut Chukchi, yang sediakan akses utara ke Pasifik lewat Teluk Bering di antara Amerika Utara dan Rusia. Samudra Arktik tawarkan jaringan laut terpendek di antara Rusia timur dan barat. Ada stasiun riset terapung di Arktik yang dioperasionalkan oleh Amerika Serikat dan Rusia.

Input air paling besar datang dari Atlantik lewat saluran Norwegia, yang selanjutnya mengucur di sejauh pantai Eurasia. Air masuk juga dari Pasifik lewat Teluk Bering. East Greenlandic River bawa mayoritas air yang keluar. Selama setahun, es tutupi mayoritas lautan, yang memiliki arti temperatur terus dekati titik beku.

Kutub Utara ialah sumber udara dingin yang bergerak ke arah khatulistiwa, berjumpa udara hangat di garis lintang tengah dan mengakibatkan salju dan hujan. Kehidupan laut banyak di wilayah terbuka, khususnya di wilayah yang lebih dekat sama air di selatan. Dermaga khusus di Samudra Arktik ialah (Rusia) Murmansk dan Arkhangelsk, (Kanada) Churchill, Manitoba dan (AS) Prudhoe Bay, Alaska.

Samudra Antartika

Seterusnya ada Samudra Antartika atau Samudra Selatan ialah massa air laut yang melingkari benua Antartika. Ini ialah lautan paling besar ke-4 dan dipilih sebagai Lautan oleh Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) di tahun 2000. Sebelumnya, penglihatan umum ialah jika Samudra Atlantik, India dan Pasifik bersebelahan dengan pantai Antartika.

Samudera Selatan 65 00 Southern Latitude, 00 00 BT (nominal), tapi Samudra Selatan mempunyai ketidaksamaan watak yang unik sebagai massa besar air laut yang seutuhnya melingkari benua Antartika; Lautan ini berada antara 60 Lintang Selatan dan pantai benua Antartika dan meliputi 360 bumi.

Pengertian Samudera Selatan tetap tidak sama untuk semua dunia. Australia tawarkan pengertian Selatan serupa dengan pengertian IHO, tapi meliputi massa air laut keseluruhan yang berada antara pantai selatan Australia, Tasmania, dan Selandia Baru sebagai Samudra Selatan dan bukan sebagai Samudra Hindia.

Tempat: 20.327.000 km2
Catatan: terhitung Laut Amundsen, Laut Bellingshausen, sisi dari Drake Passage, Laut Ross, sejumlah kecil dari Laut Scotia, Laut Weddell dan massa air laut upeti yang lain
Pantai: 17.968 km

Cuaca

Temperatur air laut bervariatif di antara 10 dan -2 C. Siklon jalan dari timur disekitaran benua dan kerap badai kronis karena ketidaksamaan temperatur yang terang di antara permukaan laut terbuka dan es. Daerah lautan dari paralel ke-40 ke Lingkaran Arktik ialah daerah dengan kecepatan angin rerata paling kuat dibanding dengan tempat mana saja di atas bumi.

Pada musim dingin, lautan membeku sampai 65 S di Pasifik dan 55 S di Atlantik, temperatur permukaan turun di bawah 0 C. Di sejumlah titik di pantai benua masih tetap ada wilayah bebas es. Ini disebabkan karena angin ribut yang bertiup terus-terusan dari benua ke laut.

Daratan

Deep Southern Ocean, kedalaman rerata 4.000 – 5.000 m di sebagian besar arah samudera, cuma beberapa lokasi yang mempunyai kedalaman dangkal. Dasar benua Antartika biasanya lebih sempit serta lebih dalam (400 – 800 m) dibanding kedalaman rerata dangkal di benua lain (133 m).

Susunan es Antartika semakin makin tambah meluas dari minimal 2,enam juta km2 di bulan Maret jadi 18,delapan juta km2 di bulan September, yang memiliki arti jika daerah itu sudah bertambah nyaris

7x lipat. Arus sirkumpolar Antartika (panjang 21.000 km) mengarah ke timur; ialah sungai lautan paling besar di dunia dan mengucur 130 juta mtr. kubik air per detik, yang disebut 100 kali keseluruhan saluran air sungai di dunia.

Karakter Antarktika

Tidak mempunyai batasan yang terang, hingga pemberian nama wilayah itu digabungkan dengan lautan paling dekat. Wilayah ini diprediksi di antara pantai Antartika dan garis lintang selatan

60 derajat yang melingkari semua dataran Antartika Wilayah ini sekitaran 20.327.000 km2 Lautan ini tertutupi dengan susunan es sejauh tahun.

Nah sobat pintar itu dia serangkaian pembahasan komplet perihal samudra adalah yang sukses kami suguhkan ke kalian mudah-mudahan untuk yang membaca dapat berguna yah karena membaca jendela dunia.

Kategori SD