Senam Irama: Pengertian, Sejarah, Tehnik Dasar, dan Fungsinya

Halo teman – teman semua balik lagi dengan kami yang hendak share info tentang Senam Irama sebagai disiplin senam yang memadukan gerak tari dengan iringan musik.

Tipe olah badan ini biasanya terdiri dari beberapa tingkatan, dimulai dari pemanasan, pokok, sampai pendinginan. Dikutip dari situs sah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara,

senam irama pertama kalinya dipelopori oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada era ke-18. Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau selanjutnya

meningkatkan pergerakan itu, hingga jadi senam ritmik / irama yang dikenali saat ini. sebelumnya memakai pilihan kata kekinian gimnastik. Bersamaan dengan berjalannya waktu,

nama itu beralih menjadi olahraga gimanstik, sebelumnya terakhir dekat dikatakan sebagai senam gimnastik ritmik atau irama. hingga terkenal lah menjadi satu diantara cabang olah raga yang terhitung dalam olimpiade.

senam irama

Pembahasan Berkenaan Senam Irama

Pemahaman dan Riwayat

Sebagai info, senam gimnastik telah mendapat pernyataan sah dari induk organisasi senam dunia, Federation Internationale de Gymnastique (FIG), semenjak tahun 1960-an. Disiplin senam ini pertama kalinya ditandingkan di Olimpiade pada edisi 1984.

Olah raga yang menyaratkan ada keluwesan, kesetimbangan, dan kecocokan gerak dengan iringan musik. Ada dua tipe senam irama yang biasa diterapkan oleh pesenam, yaitu senam ritmik / irama dengan alat dan tanpa alat.

Sama dengan namanya, gimnastik dengan alat memerlukan kontribusi property pendamping seperti gada, simpai, tali, bola, atau selendang. Dalam pada itu, gerakan tanpa alat bisa diaplikasikan tanpa memakai property apa pun.

senam irama adalah

Tehnik Dasar Senam Ritmik / Irama

Tehnik dasar senam ritmik / irama sebagai salah satunya elemen utama yang harus terkuasai oleh pesenam. Menurut modul sah Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemdikbid), tehnik ini akan menolong seorang meningkatkan pergerakan dan koreografi untuk senam ritmik / irama.

Pergerakan dasar gimnastik pada umumnya serupa dengan tehnik dasar dalam senam aerobik. Berikut keterangannya.

1. Pelurusan sendi badan (bodi allignment)

Pergerakan dasar ini menuntut pesenam untuk jaga wujud dan sikap badan secara betul. Badan harus ada pada satu garis lempeng saat bergerak dalam permukaan lantai, meloncat ke udara, atau landing. Bodi alignment dapat digabungkan dengan ayunan lengan atau pergerakan yang lain sesuai.

2. Cara dasar (basic steps)

Basic steps sebagai gerak dasar langkah kaki dalam senam irama. Ada minimal tujuh cara dasar, yang seterusnya dikatakan sebagai seven basic steps. Ke-7 gerak langkah kaki itu mencakup march, jogging, skip, knee lift, kick, jumping lunge, dan jack.

3. Pergerakan lengan (arm movements)

Arm movements sebagai gerak dasar ayunan lengan dalam senam ritmik / irama. Pergerakan ini nyaris seperti pergerakan tangan dalam kegiatan setiap hari. Perbedaannya dalam senam ritmik, arm movements akan diprioritaskan untuk tingkatkan kebugaran.

Dikutip dari modul sah Kemdikbud, arm movements secara teknisi dilaksanakan berdasar konsep gerak badan manusia, seperti abduksi, adduksi, pronasi, perputaran, perpanjangan, dan fleksi. Adapun tipe pergerakan lengan dalam gimnastik misalnya arm curl, butterfly, chest press, arm extension, arm pumping, pull up/down, punching, dan rowing.

4. Musikalitas (musicality)

Musikalitas sebagai kekuatan pesenam untuk bergerak sama sesuai irama yang dipakai sebagai pendamping. Musikal yang baik membuat pesenam bisa tampilkan pergerakan yang sesuai dengan dialek, ketukan, dan topik musik, dan mempunyai penjiwaan yang memadai.

Musikalitas bisa dengan diawali pengenalan ketukan (beat). Pesenam perlu mengenali sekuens yang terdiri dari 8 ketukan (birama 4/4), dan diikuti dengan peralihan warna musik dan instrument mencolok, seperti terompet, atau drum. Kekuatan musikalitas bisa dipertajam dengan pelajari beragam type lagu.

Faedah Senam Ritmik / Irama

Pergerakan senam ritmik banyak mengikutsertakan kerja otot. Bila dilaksanakan dengan teratur, sehingga gerakannya berguna untuk latih anggota badan. Baca pembahasan komplet berkenaan faedah senam menggunakan irama di bawah ini.

1. Memperkuat otot

Senam ritmik bisa menolong memperkuat jaringan otot seorang. Masalahnya pergerakan dalam disiplin senam ini di-claim sanggup latih otot jadi lebih kuat dan lentur. Otot yang lentur akan tingkatkan capaian gerak badan, dan kurangi kekuatan kaku dan cidera saat beraktivitas berat.

2. Turunkan berat tubuh

Dikutip dari situs sah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, gimnastik  bisa turunkan berat tubuh dan menolong seorang mendapat berat badan yang ideal. Argumennya, pergerakan dalam senam berirama bisa percepat proses pembakaran lemak, sekalian kencangkan otot sisi lengan, perut, paha, dan pinggul.

3. Mempertahankan kesehatan tulang

Pergerakan dalam senam ritmik akan menggerakkan seorang untuk cari sandaran dan menyokong berat badan. Ini otomatis berguna untuk latih kemampuan tulang, sekalian menahan osteoporosis pada periode tua.

4. Memaksimalkan peranan otak

Salah satu manfaat dari senam ini dipandang sanggup memaksimalkan dan menjaga peranan otak. Masalahnya disiplin senam ini terdiri dari kombinasi musik dan pergerakan yang efisien turunkan kandungan hormon epinefrin dan kortisol sebagai factor pemrakarsa depresi dalam badan.

Bertambahnya peranan kerja otak akan berpengaruh pada pertambahan konsentrasi dan ingatan seorang, hingga meminimalisasi resiko berlangsungnya penyakit kognitif seperti Alzheimer.

5. Membenahi kesetimbangan badan

Senam irama tersusun dari beragam pergerakan yang konsisten. Maka dari itu, beraktivitas senam menggunakan irama dengan teratur bisa menolong membenahi dan tingkatkan kesetimbangan badan seorang.

Tersebut barusan rekan – rekan rangkaian info tentang senam irama yang dapat kalian menjadikan rekomendasi saat sebelum melakukan dengan benar dan baik hingga terbebas dari cidera

yang nanti bisa terjadi jika kalian melakukan dengan salah. Terima kasih atas suportnya dan terus semangati kami agar terus menyuguhkan info yang berguna yang lain dan penting.

Kategori SD