Sepak Bola : Teknik, Peraturan dan Sejarahnya

Sepak Bola – Bermain bola tentu saja tidak asing untuk kalian bukan. Pencinta olah raga ini dimulai dari anak – anak sampai ke yang tua baik secara tarkam atau ke profesional.

Pada umumnya diartikan olah raga ini memakai kaki untuk menendang bola dari 1 gawang ke gawang lawannya. Olah raga beregu yang ada ketentuan – ketentuan yang perlu

kita turuti supaya jalan laga yang sportif. Untuk kalian yang berminat untuk ketahui mengenai pembahasan komplet berkenaan bola sepak ini dimulai dari pemahaman, riwayat singkat

dan apa ketentuan dan tekhniknya langsung baca artikelnya sampai habis ditanggung kalian tidak rugi karena kami telah menyiapkan infonya paling komplet.

sepak bola

Pengertian Sepak Bola

Bola Sepak satu diantara cabang olahraga bola memakai ke-2 kaki dengan beranggotakan 11 pemain utama dan 8 pemain pengganti untuk penggantian pemain. Olahraga sepak bola banyak

yang disukai oleh penjuru dunia dari dewasa sampai anak-anak suka mainkan sepak bola itu. Rupanya tidak cuma lelaki saja yang memainkan, tapi telah memasuki wanita telah mainkan juga.

Pengertian Menurut Beberapa Pakar

1. Muhajir

Menurut Muhajir sepak bola adalah satu permainan bola kaki yang mempunyai tujuan untuk menyepak bola ke gawang faksi lawan.

2. Luxbacher

Menurut Luxbacher sepak bola adalah permainan sepak bola dimainkan dengan 11 oran pemain utama yang mempunyai tujuan untuk memenangi bermainan dengan faksi musuh.

3. Agus Salim

Menurut Agus Salim sepak bola adalah satu olahraga permainan bola kaki yang mempunyai tujuan untuk cetak gol ke faksi musuh dan permainan sepak bola harus berlaku sportife saat bermain dan pemain harus memilik kemampuan dalam mengatur bola.

4. Muhyi Faruq

Menurut Muhyi Faruq sepak bola adalah satu olahraga fisik yang membuat tubuh kita sehat, perkuat psikis seorang dan meluaskan kehidupan hasilkan prestasi dan bersosial.

5. Hasan Alwi

Menurut Hasan Alwi sepak bola adalah Satu olahraga yang terbagi dalam 2 team kesebelasan dan mempunyai tujuan untuk memenangi permainan.

Riwayat Singkat Bola Sepak

Pada era 2 SM, sepak bola telah dimainakan oleh warga cina pada zaman Dinasti Han. Permainan itu, dimainkan membawai bola dengan kaki dan menyepak ke gawang kecil.

Bersamaan peralihan jaman, permainan bola sepak ini makin meluas ke negara Jepang yang dinamai Kemari. Permainan Kesini sama seperti pada cina yaitu membawai bola dan menedang ke gawang.

Sesudah dikenali pada era SM, sekarang sepak bola masuk daerah eropa di negara Britania (Inggris) yang lebih berkembang. Sekitaran tahun 1857, club sepak bola dibuat dilapisan Kampus

atau sekolah bernama Seffield FC. Di tahun 1863, liga pejabat di Brintania membuat instansi sepak bola bernama FA (Football Association) untuk mengorganisasi sepakbola di daerah sana

supaya gampang di menonton dan disukai oleh warga. Sesudah lama permaian bola dimainkan, beberapa negara ingin membuat federasi sepak bola di dunia bernama “FIFA” (Liga Internasional Football Association)

di tahun 1900. Dengan berdirinya induk sepak bola ini, karena itu laga akan terorganisir dan mainkan laga dalam persaingan antara negara sampai saat ini.

Tehnik Sepak Bola

Di dalam permainan ini tidak langsung lakukan pergerakan tendang-menendang saja tetapi ada tehnik yang sudah dilakukan agar laga jalan secara lancar dan aman, salah satunya seperti berikut :

sepak bola materi

Tehnik Mengumpan

Status awalnya mengumpan bola

Dengan diawali sikap berdiri menghadap arah pergerakan
tempatkan kaki pijak dari sisi bola dengan sikap lutu cukup tertekuk dan pundak menghadap arah pergerakan
Sikap ke-2 lengan dari sisi tubuh cukup terentang
Pergelangan kaki yang hendak dipakai menyepak diputar ke luar dan digembok
Penglihatan terkonsentrasi pada bola

Pergerakan mengumpan bola

Lihat persiapan rekan pasangan, siap atau memang belum untuk terima umpan bola
Ambil tungkai yang hendak dipakai menyepak ke belakang, lalu ayun di depan arah bola
Ayunkan kaki pada bola pas pada tengah bola

Akhir pergerakan mengumpan bola

Alihkan berta tubuh ke kaki pijak depan bertepatan kaki yang dipakai menyepak ditempatkan di muka
Penglihatan ke bola. Kerjakan dan ulangi seringkali

Tehnik Hentikan Bola

Dalam terima bola, ada dua jenis langkah yaitu bola langsung disetop dan menerikam kuasai bola. dalam masalah ini, sesudah terus dimainkan dibawa bergerak atau diserahkan ke teman. Dalam tehnik hentikan bola ada 2 sisi diantaranya:

Tehnik dasar hentikan bola

1. Status awan hentikan bola

Dengan diawali sikap menghadp arah hadirnya bola dan fokuskan penglihatan ke pergerakan bola
Putar pergelangan kaki yang hendak dipakai meredam bola ke luar dan digembok

2. Pergerakan mengumpan bola

Julurkan kaki yang hendak dipakai meredam bola ke hadirnya bola
Ambil kembali lagi ke belakang ikuti arah pergerakan bola saat bola berkenaan kaki sisi dalam, sampai gerak bola ketahan dan stop di muka tubuh

3. Akhir pergerakan mengumpan bola

Membawa berat tubuh di depan bertepatan kaki yang tidak dipakai meredam bola jadi sandaran berat tubuh
Penglihatan di depan

Tehnik Menggiring Bola

Membawa bola satu diantara tehnik mengatur bola yang sudah dilakukan dengan bola dibawa dari 1 tempat ke lain tempat atau dibawa dekati gawang musuh supaya bola tidak diambil lawan.

Membawa Bola Dengan Kaki Sisi Dalam

1. Status awalnya membawa bola dengan kaki sisi dalam

Dimulai sikap berdiri menghadap arag pergerakan, penglihatan di depan
Sikap ke-2 lengan selain tubuh dan santai, pergelangan kaki diputar ke luar dan digembok

2. Pergerakan membawa bola dengan kaki sisi dalam

Dorong bola dengan kaki sisi dalam ke depan dengan status kaki cukup dibuka di depan bertepatan kaki pijak turut bergerak
Bola bergerak di depan berguling di tanah

3. Akhir pergerakan

Stop bola dengan telapak kaki di bagian atas bola
Sandaran berar tubuh ada pada kaki yang tidak dipakai membawa bola
Penglihatan di depan

Tehnik Menembak Bola

Tembakkan bola ke gawang bisa dilaksanakan dengan beberapa jenis, diantaranya:

a. Tembak bola dengan kaki sisi dalam
Banyak digunakan untuk tembak bola ke gawang dari dekat dan tembak bola dengan memutar bola.

b. Tembak bola memakai punggung kaki

Sering dipakai dalam tembak bola dari jarak bola mencatatr dan jauh.
Tembakkan bola dengan memakai punggung kaki bisa dilaksanakan dengan punggung kaki sisi dalam dan punggung kaki sisi luar, ini dilaksanakan untuk hasilkan bola putar.

Ketentuan Sepak Bola

Berikut sebagai ketentuan-peraturan sepak bola yang dibikin oleh FIFA diantaranya seperti berikut:

Ketentuan Lapangan

Ketentuan berkenaan lapangan hijau hijau dengan panjang ukuran 90-120 M dan lebar 45-90 M.

Memakai Bola

Bola yang dipakai dengan bahan kulit dan bulat sama ukuran diamter 28 inci.

Jumlah Pemain

Ketentuan yang dikeluarkan oleh FIFA dalam jumlah pemain dalam sepak bola adalah beranggota 11 pemain, lebih kurang 8 pemain pengganti dan mempunyai pelatih dan official tim.

Pemakaian Baju

Baju yang dipakai dalam laga sepak bola adalah jersey full set, sepatu, penutup kaki kering dan kaos kaki untuk pemain, dan buat penjaga gawang ditambah lagi sarung tangan.

Durasi waktu

Dalam laga sepak bola, FIFA memberi durasi waktu dalam laga sah sekitaran 90 menit dalam 45 menit set pertama dan 45 menit set ke-2 . Bila pada set final 90 menit masih seri, karena itu durasi waktu ditambahkan 30 menit, dengan 15 menit waktu perpanjangan pertama dan 15 menit waktu perpanjangan ke-2 .

Kick Off

Kick off adalah diawali nya laga dalam sepak bola.

Bola Keluar

Pada laga tentu bola akan keluar, diartikan bola keluar adalah bola yang disepak ke luar melalui garis lapangan.

Offside

Terjadi nya offside jika salah satunya pemain musuh melalui daerah tanpa pemain terkecuali penjaga gawang.

Pelanggaran Pemain Sepak Bola

  1. Terjang musuh secara kasar.
  2. Terjang musuh dari belakang, terkecuali bila musuh itu menghadang- rintanginya.
  3. Memukul atau coba memukul lawan.
  4. Melompati pada lawan.
  5. Menyepak atau coba menyepak lawan.
  6. menjatuhkannya dengan kaki atau mungkin dengan lakukan sliding dari depan atau dari belakang musuh itu.
  7. Menggenggam musuh dengan sisi lain dari tangan.
  8. Menggerakkan musuh dengan tangan atau sisi dari lengan.
  9. Mainkan bola dengan tangan atau lengan seperti bawa, menggerakkan bola, dan memukul. Pelanggaran pada ini menyebabkan hukuman satu sepakan penalti, tapi ini tidak berlaku untuk kiper, sepanjang dia ada dalam wilayah gawang. Adapun bila lakukan pelanggaran sebagai berikut, karena itu dia memberi peluang pada musuh untuk lakukan sepakan bebas tidak langsung pada tempat pelanggaran terjadi.

Ukuran lapangan standard

Lapangan yang dipakai umumnya ialah lapangan hijau yang berwujud persegi empat. Dengan panjang 100-110 mtr. dan lebar 64-75 meter. Pada ke-2 segi pendek, ada gawang sejumlah 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

Waktu Lama permainan

Lama permainan sepak bola normal ialah 2 × 45 menit, ditambahkan istirahat sepanjang 15 menit antara ke-2 babak. Bila posisi sama seimbang, karena itu diselenggarakan waktu perpanjangan sepanjang 2×15 menit,

sampai didapatkan juara, tetapi bila imbang karena itu diselenggarakan beradu penalti. Wasit bisa tentukan berapakah waktu tambahan setiap akhir set sebagai alternatif dari saat yang lenyap karena

penggantian pemain, cidera yang memerlukan bantuan, atau pemberhentian lainnya. Waktu tambahan ini dikatakan sebagai injury stoppage time atau time. Gol yang diciptakan dalam ekstensi

waktu akan dihitung jadi score akhir laga, dan gol dari beradu penalti cuma tentukan jika satu team bisa meluncur ke laga seterusnya (tidak memengaruhi score akhir).

Wasit dan petugas laga

Dalam laga professional, ada 4 petugas yang pimpin jalannya laga, yakni wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di tepi tengah lapangan. Wasit mempunyai semprit yang

mengisyaratkan apa saat stop atau mengawali mainkan bola. Ia bekerja memberi hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis

bertanggungjawab memantau 1/2 sisi dari lapangan. Mereka bawa bendera dengan warna jelas untuk mengisyaratkan ada pelanggaran, bola keluar, atau offside. Umumnya

mereka akan bergerak ikuti status pemain belakang terakhir. Petugas paling akhir mempunyai pekerjaan untuk menulis semua waktu yang pernah berhenti sepanjang laga berjalan dan

memberi informasi berkenaan tambahan waktu diakhir tiap set, bekerja mengecek penggantian pemain dan jadi penyambung di antara manager team dengan wasit.

Nach sahabat pandai semua tersebut barusan pembahasan komplet berkenaan tehnik dan ketentuan permainan sepak bola yang sukses kami rangkumkan ke kalian mudah-mudahan berguna ya.