Mengenal Sistem Operasi, Jenis, Macam Dan Fungsinya

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Sistem operasi atau operating system (OS) merupakan sistem perangkat lunak utama yang paling dibutuhkan. Beberapa alat elektronik seperti komputer, smartphone maupun laptop bahkan memiliki jenis sistem ini. Tentunya, perangkat yang satu ini seringkali diletakkan pada harddisk untuk menjalankan beberapa alat elektronik tersebut. Yuk simak ulasannya disini.

Untuk penggunaan komputer, operating system (OS) merupakan software terpenting yang sangat dibutuhkan. Komputer yang anda miliki bahkan tidak akan mampu bekerja jika perangkat lunak yang satu ini belum terinstall. Tentunya, sistem yang satu ini memiliki fungsi utama untuk menghubungkan hardware, software dan brainware.

Perangkat lunak ini juga akan langsung bekerja ketika CPU dan monitor dijalankan. Perangkat ini bahkan bisa mengatur semua sumber daya yang dimiliki dari suatu komputer. Beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh sistem operasi ini yaitu menjalankan perintah komputer, memanajemen sumber daya, koordinasi, pelindung file, penerjemah dan tampilan antarmuka atau interface.

Setiap komputer selalu membutuhkan sistem ini untuk memberikan perintah yang beragam. Pembelian komputer yang tidak disertai dengan OS juga hanya akan membuat anda bisa menghidupkan dan mematikan komputer tanpa menjalankan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, sistem ini juga dapat disebut sebagai layanan inti untuk menjalankan perintah yang lain.

Beberapa jenis sistem operating system (OS) yang bisa anda gunakan untuk komputer terdiri dari DOS, Windows, Linux, MacOS dan UNIX. Beberapa sistem tersebut bahkan memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa anda pertimbangkan. Tentunya, beberapa sistem operasi tersebut juga terus melakukan perkembangan untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Beberapa Jenis Operating System (OS) Yang Harus Diketahui


Sistem Operas MS DOS

Jenis sistem yang paling awal muncul untuk pengoperasian komputer adalah sistem DOS. DOS yang bisa dikenal dengan sebutan Disk Operating System ini termasuk jenis software yang digunakan pada komputer IBM. Bahkan, jenis perangkat lunak yang satu ini masih memberikan tampilan hitam putih dan tidak terdapat gambar.

Baca Juga :  Mengenal Bahasa Pemrograman Visual Basic Bagi Pemula

Tentunya, penggunaan perangkat lunak yang satu ini harus melakukan intruksi menggunakan keyboard atau tulisan yang dikenal sebagai command prompt. Beberapa program file yang dihasilkan oleh software ini juga memiliki ciri ekstensi atau berakhiran dengan .bar, .exe dan lain sebagainya. Meski demikian, software ini juga memiliki kelebihan seperti ukuran kecil dan kompatibilitas tinggi.

DOS itu adalah salah satu sistem operasi atau OS yang bisa dibilang nenek moyangnya Windows, Linux dan lain-lain gitu buat orang awam yang melihat brosur jualan laptop atau komputer yang di deskripsi untuk OS windowsnya mungkin bingung kalau nggak ada Windows or dan OS nya gimana dia bisa hidup ya ?,

atau gimana cara perkembangan elektronik bisa dipakai ?, dan jika kalian termasuk yang demikian sebenarnya komputer atau laptop yang dijual atau yg masih baru itu tidaklah kosong udah ada sistem operasi bawaan (default) nya ya yang disebut DOS itu,

Dan apakah DOS itu masih relevan buat dipakai di zaman sekarang ?

Catatan :

Kita bahas perangkat yang hanya punya system DOS itu sering disebut sebagai perangkat kosongan atau dianggap belum punya sistem operasi ya, nah kalau ada pertanyaan seperti itu,

apakah kita harus instal Windows sendiri jawabannya Iya, itu aja dilakuin sendiri enggak bisa ke suatu komputer install Windows atau OS lain secara otomatis,

akan tetapi kalau nggak ada OS DOS juga kita juga nggak bisa nginstal os user friendly nya ya seperti Windows dan Linux, nah jadi itu tadi share inti dari pengetahuan aja nih DOS adalah sistem operasi default yang ada selalu dan bahkan akan selalu dibawa pada setiap komputer yang kita gunakan.

Sistem Operasi Windows

Begitu pula, windows adalah satu jenis OS yang paling banyak digunakan untuk menjalankan komputer. Sistem ini bahkan sering digunakan oleh berbagai akademisi, instansi hingga kebutuhan pribadi untuk mengakomodasi kebutuhan sehari-hari dalam menggunakan komputer. Windows bahkan terus melakukan perkembangan untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Hingga saat ini, windows telah mengembangkan sistem yang dimilikinya menjadi windows 13. Pasalnya, sistem yang satu ini adalah bentuk perkembangan dari Microsoft DOS yang telah dihadirkan dengan GUI atau Graphical User Interface. Tentunya, kehadiran GUI dapat memudahkan siapa saja dalam menjalankan komputer.

Baca Juga :  10 Aplikasi Terbaru Yang Lagi Trend Tahun 2021

Kegiatan inovasi yang telah dilakukan tidak pernah lepas dari kekurangan. Meski demikian, windows memiliki kelebihan seperti tampilan user friendly, aplikasi OS yang melimpah dan mudah dalam instalasi sehingga banyak dilirik. Sayangnya, OS ini juga memiliki kelemahan seperti berbayar, tidak open source, rentan terhadap virus dan keamanan yang masih lemah.

os-windows

Sistem Operasi Linux

Begitu pula, sistem operasi Linux juga tak kalah menarik. Pasalnya, sistem yang satu ini telah dikenalkan sejak tahun 1991 dan telah dikembangkan oleh banyak orang. Linux bahkan menghadirkan sistem open source. Selain itu, software yang satu ini juga mengizinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan sistem ini secara bebas.

Hal ini tentu sangat disukai oleh pengembang mandiri yang bisa menginovasi sistem yang dimilikinya. Sayangnya, kondisi tersebut menyebabkan tidak semua orang bisa menggunakannya. Bahkan, aplikasi linux yang terbatas dan memiliki cara install yang susah membuat sistem ini hanya dimiliki oleh orang yang paham terhadap teknologi.

Meski demikian, perangkat lunak yang satu ini telah banyak dimanfaatkan sebagai komputer server dalam ranah web hosting. Selain itu, software ini juga menghadirkan layanan VPS murah yang sudah banyak dipasarkan di Indonesia. Bagi anda yang tertarik untuk menjadi pengembang sistem sangat disarankan untuk mencoba Linux.

os-linux

Sistem Operasi MacOS

MacOS yang berasal dari kata Macintosh operating system juga merupakan sistem operasi yang sangat eksklusif dan dikhususkan untuk komputer Apple. Meski demikian, perkembangan sistem yang satu ini pada awalnya digunakan untuk komputer LISA pada tahun 1984. Komputer tersebut adalah hasil buatan Steve Jobs yang melakukan perjalanan spiritual ke India.

Sistem ini bahkan sudah menggunakan Graphical User Interface atau GUI. Tentunya, sistem yang satu ini memiliki tampilan yang bagus, stabil dan multitasking. MacOS bahkan bisa mengenal berbagai format yang ditampilkan oleh OS dari windows. Begitu sebaliknya, file yang anda buat menggunakan OS ini juga bisa dibaca oleh jenis OS yang lainnya.

Perangkat lunak yang satu ini bahkan dihadirkan secara open source. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir karena software ini tidak bisa dibajak. Begitu pula, sistem ini juga terjamin keamanannya dari berbagai virus, spyware maupun berbagai hal lainnya. hal menarik lain yang dihadirkan oleh sistem ini adalah program sherlock dalam hal pencarian.

Baca Juga :  Belajar Pemrograman Visual Basic Tingkat Dasar Dengan Mudah

Sayangnya, perangkat lunak MacOS ini juga memiliki beberapa kelemahan. Produk apple yang terkenal sebagai barang mahal juga menjadikan sistem yang satu ini menjadi mahal juga. Begitu pula, MacOS pada dasarnya lebih cocok digunakan untuk graphic designer, bukan untuk aplikasi server maupun game. Bahkan, software yang satu ini juga tergolong tidak lengkap.

os-macos

Sistem Operasi UNIX

Jika anda sudah mengenal DOS sebagai cikal bakal dari pengembangan OS terkini, UNIX juga memiliki kondisi yang sama sebagai sistem operasi pada generasi lawas. Sistem tersebut bahkan saat ini sudah memiliki banyak versi. Bahkan, beberapa versi yang dimiliki oleh OS UNIX ini juga pernah dirilis secara gratis untuk publik.

Salah satu jenis OS yang merupakan perkembangan sistem UNIX ini adalah Linux. Tentunya, sistem pengembangan tersebut juga tak jauh dari awalnya seperti kondisi sistem UNIX yang sangat multitasking, portable dan multiuser. Perangkat lunak ini juga memiliki kinerja yang baik dalam hal pengorganisasian informasi. Bahkan, sistem ini juga sangat nyaman dan stabil untuk keperluan basis data.

Selain itu, jenis operating system ini juga memiliki daya tarik seperti bisa diperoleh dengan gratis dan memiliki keamanan yang tinggi. Sehingga, sistem ini tidak akan mudah terkena berbagai virus. Sayangnya, kondisi tampilan UNIX yang kurang menarik serta tidak memiliki pilihan driver yang banyak membuat jenis sistem yang satu ini telah banyak ditinggalkan.

Sebagai perangkat lunak yang terpenting dari sebuah komputer, operating system harus dihadirkan dengan cara memilih jenis sistem yang nyaman digunakan dan sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, beberapa jenis OS atau sistem operasi di atas dapat anda gunakan untuk mendukung sistem kerja dari suatu komputer yang anda miliki.

Baca juga : Tipe Perangkat Lunak Komputer