Mengenal Sistem Pernapasan Hewan Dengan Lengkap

Sistem Pernapasan Hewan – Hai adik – adik semua masih di pembahasan mengenai makhluk hidup setelehan di artikel sebelumnya kita ulas mengenai cara perkembang biakkannya kali ini tentang

bagaimana cara dia bernafas mulai dari organnya hingga bagaimana sih alur pernapasannya itu karena seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa bernapas merupakan salah satu ciri

dari makhluk hidup. Kalau dia tidak bernapas tentu dia merupakan benda mati. Penapasan pada manusia tentu akan berbeda dengan hewan begitu juga pada tumbuhan. Dan jenis – jenis

hewan juga berbeda cara dia bernapas. Jangan bingung, langsung saja kalian baca artikelnya sampai habis dan pastikan kalian membacanya sampai mengerti ya sobat pintar semua.

sistem pernapasan hewan

Penjelasan Mengenai Pengertian Sistem Pernapasan Hewan

Sistem pernapasan atau dikenal dengan mekanisme respirasi, sebuah mekanisme organ di mana dipakai untuk satu transisi gas. Pada hewan berkaki empat, mekanisme pernafasan umumnya terhitung

aliran yang dipakai untuk bawa udara ke paru-paru di mana terjadi sebuah transisi gas. Diafragma menarik udara mengeluarkannya dan masuk. Beragam macam mekanisme pernafasan diketemukan pada beragam tipe makhluk hidup.

Sistem Pernafasan Protozoa

Protozoa ialah hewan bersel satu dan tidak mempunyai alat pernafasan khusus. Pernafasan pada protozoa dilaksanakan dengan proses masuk dan keluarnya oksigen dan karbon dioksida lewat permukaan sel secara difusi.

Sistem Pernafasan Avertebrata

Pernafasan pada Porifera

Pada porifera, air yang bawa oksigen masuk lewat pori-pori badan (ostium) lalu masuk ke koanosit secara difusi. Dalam mitokondria pada sel koanosit, oksigen dipakai untuk mengurai

molekul organik jadi molekul anorganik yang dibarengi dengan pelepasan karbon dioksida. Karbon dioksida dibawa keluar oleh air lewat spongosoel lalu ke arah oskulum dalam mitokondria sel koanosit.

Pernafasan pada Moluska

Hewan anggota filum moluska terdiri dari 2 barisan yakni moluska moluska air dan darat. Moluska darat seperti bekicot, bernapas dengan paru-paru. Dan moluska air seperti kerang bernapas dengan insang.

Pernafasan pada Arthropoda

Filum arthropoda terbagi dalam 4 kelas yakni crustacea, myriapoda, insekta, dan arachnida. Crustacea (udang dan kepiting) bernapas dengan insang, myriapoda (lipan dan luwing) bernapas dengan trakea,

arachnida (laba-laba dan kalajengking) bernapas dengan paru-paru buku, dan insekta (serangga) bernapas dengan trakea. Tentu saja dari semuanya mempunyai peranan yang lain – beda.

Pernafasan pada Coelenterata

Pernafasan pada coelenterata tersusun atas dua susunan sel yakni susunan susunan dalam dan luar. Transisi gas terjadi secara difusi pada sel di luar permukaan badan yang bersinggungan dengan air. Coelenterata mempunyai alat tolong pernafasan yakni berbentuk lekukan jaringan yang disebutkan sifonoglifa.

Pernafasan pada Echinodermata

Hewan-hewan echinodernata seperti bintang laut, landak laut, dan ketimun laut hidup di air laut. Echinodermata bernapas dengan memakai insang kulit.

Pernafasan pada Cacing

sistem pernapasan hewan vertebrata

Cacing tidak mempunyai alat pernafasan khusus. Hingga oksigen harus berdifusi lewat kulit untuk masuk ke kapiler darah. Karbon dioksida keluar lewat kulit. Proses pernafasan seperti ini disebutkan pernafasan integumenter. Cacing mempunyai permukaan yang licin agar masih tetap lembap hingga mempermudah terjadi transisi gas.

Mekanisme Pernafasan Vertebrata

Pernafasan pada Ikan

Ikan ialah hewan yang memiliki alat pernafasan berbentuk insang. Insang dipakai karena ikan hidup dalam air. Insang ada disebelah kiri kepala dan kanan. Tetapi, ada ikan dipnoi yang bernapas

dengan memakai paru-paru. Pada beberapa macam ikan, rongga insangnya memiliki peluasan ke atas yang disebutkan labirin yang berperan untuk simpan udara, hingga ikan itu bisa hidup di air yang kekurangan oksigen. Insang dapat berperan sebagai alat ekskresi dan alat transportasi garam-garam.

Babak ide dengan diawali membuka mulut ikan. Selanjutnya air masuk ke rongga mulut. hingga Insang akan tutup air yang mengucur ke insang. Babak ekspirasi ikan

terjadi di saat mulut ikan tertutup. Air akan masuk lewat sela insang dan terjadi transisi gas disitu. Darah akan mengikat oksigen dan melepaskan karbon dioksida ke air.

Pernafasan pada Amfibi

Salah satunya contoh hewan amfibi ialah katak. Amfibi sebagai hewan yang bisa hidup di darat dan air. Hingga alat pernafasannya berbentuk paru-paru, insang, dan kulit. Katak di saat masih larva bernapas dengan insang luar. Pada periode berudu katak bernapas memakai insang dalam. Katak dewasa bernapas dengan paru- kulit dan paru.

Paru-paru pada katak berbentuk dua kantung berdinding tipis dan plastis yang banyak terkandung kapiler darah, dan berada dalam rongga tubuh. Paru-paru bisa terkait dengan rongga mulut lewat sebuah lubang yang disebutkan glotis. Ke-2 kantung paru-paru itu sama-sama terkait dengan bronkus pendek.

Di saat katak bernapas, terjadi tambahan udara dengan kondisi otot rahang bawah melembek. Otot sterno hioideus kontraksi hingga udara masuk ke rongga mulut. Udara masuk ke paru-paru dan terjadi transisi gas. Saat udara keluar, terjadi kontraksi otot hioideus dan otot perut hingga rongga perut menjadi kecil dan udara keluar lewat koane.

Pernafasan pada Reptil

Reptil memiliki alat pernafasan berbentuk paru-paru. Paru-paru reptil dikitari oleh rongga dada yang diproteksi oleh tulang rusuk. Reptil mempunyai kulit yang bersisik atu kering hingga susah ditembus oleh air. Ini mengakibatkan cairan yang lenyap lewat kulit sedikit hingga reptil sanggup bertahan hidup pada komunitas yang kering.

Pada Saat ide, tulang rusuk merenggang dan volume rongga dada bertambah hingga udara bisa masuk ke paru-paru. Pada Saat ekspirasi, tulang rusuk akan mendekat hingga udara akan tertekan keluar paru-paru. Pada kura-kura selainnya dengan paru-paru, ambil oksigen ditolong oleh susunan kulit tipis dengan beberapa kapiler darah yang berada di sekitaran kloaka.

Pernafasan pada Burung

Mekanisme pernafasan pada burung terbagi dalam lubang hidung, paru-paru, trakea, kantung udara depan, dan kantung udara belakang. Kantung udara bisa berperan sebagai alat pernafasan di saat terbang, dan menolong membesarkan ruangan siring hingga mengeraskan suara, atur berat tipe badan, dan mengeset suhu badan. Proses pernafasan burung terdiri jadi dua macam. Yakni saat saat istirahat dan terbang.

Pada Babak ide saat terbang terjadi di saat sayap diangkat. Di saat sayap terangkut, kantung udara pada pangkal lengan megar, hingga udara masuk ke kantung udara perut. Selanjutnya, udara disalurkan ke paru-paru dan beberapa masuk ke kantung udara, hingga darah bisa ambil oksigen dari paru-paru.

Saat Babak ekspirasi terbang terjadi di saat sayap di turunkan. Di saat sayap di turunkan, kantung udara pada pangkal lengan mengempis, hingga kantung udara dada megar dan menggerakkan udara keluar, hingga terjadi penggantian udara.

Babak ide saat istirahat terjadi dengan dimulainya gerakan tulang rusuk di depan hingga rongga dada jadi membesar dan paru-paru memikulg. Ini mengakibatkan udara bisa masuk ke paru-paru. Beberapa udara yang kaya oksigen ini akan diambil paru-paru dan beberapa kembali akan masuk ke kantung udara belakang. Udara yang miskin oksigen akan masuk ke kantung udara depan.

Babak ekspirasi saat istirahat terjadi saat rongga dada menjadi kecil dan dituruti mengecilnya paru-paru, hingga udara dalam kantung udara akan dikeluarkan lewat paru-paru.

Pernafasan pada Mamalia

sistem pernafasan hewan mamalia

Mekanisme pernafasan pada mamalia serupa dengan mekanisme pernafasan pada manusia. Itu karena manusia termasuk juga mamalia. Pernafasan memakai paru-paru.

Nah adik – adik semua bagi yang masih duduk di tingkat sekolah dasar maupun sekolah tingkat pertama. semoga sistem pernapasan hewan yang kami ulas secara lengkap ini bisa membantu kalian

yang masih banyak bertanya – tanya tentu bagaimana alur sistemnya. jangan malas untuk membaca karena membaca merupakan jendela dunia terimakasih banyak atas dukungannya.