Contoh Teks Eksposisi, Struktur, dan Pedoman Kebahasaannya

Teks Eksposisi – Halo sahabat pintar menggali ilmu dan pengetahuan benar-benar sangat penting yah, ini kali kita akan share materi mengenai teks eksposisi yang tanpa sadar kerap kita pakai dalam

kehidupan sehari – hari. Umumnya eskposisi berisi anjuran, komentar dan penilaian yang ikut memberi misalnya untuk perkuat argument yang dibelikan saat kita mengemukaan pendapat.

Ada banyak tipe eksposisi yang pemakaiannya tidak sama dengan struktus bahasa tertentu dan kerap dipakai dalam karya ilmiah saat beberapa adik semuanya yang masih pada tingkat

sekolah dasar ini akan masuk tingkatan pengajaran yang lebih tinggi. Agar tidak berlama – lama langsung baca artikel berkenaan pengertian dari text bagaimana susunannya dan eksposisi.

teks eksposisi,

Pembahasan Komplet Terkait Teks Eksposisi

Pengertiannya

Secara etimologi, Eksposisi datang dari bahasa latin exposition yang maknanya mengawali atau buka. Kebahasaan eksposisi dipakai untuk sampaikan opini berkenaan satu persoalan

dengan menyuguhkan argument atau simpatisan berbentuk bukti, contoh, dan argumen yang rasional, hingga dapat menambahkan wacana pembaca dan pengetahuan. dengan demikian bisa gampang dipahami.

Pedoman Kebahasaannya

struktur teks eksposisi

Penting sekali nih ketahui aturan kebahasaan dari text eksposisi, supaya kamu bisa membandingkannya dengan text yang lain. Apa sich aturan kebahasan khusus yang ada di text eksposisi?

1. Memakai kalimat tehnis atau peristilahan yang terkait dengan topik yang diulas. Misalnya seperti penebangan liar, rimba lindung, bidang beberapaya, dan kehutanan.

2. Memakai kalimat yang memperlihatkan jalinan argumentasi. Misalkan, karena, bila, karena, mengakibatkan, dengan begitu, karena itu.

3. Juga bisa memakai kalimat yang mengatakan jalinan urutan (info waktu) atau kalimat yang mengatakan perbedaan atau pertentangan seperti pada akhirannya, tetapi, sebelumnya, selanjutnya, kebalikannya, berlainan halnya.

4. Memakai kata kerja psikis, seperti diharap, memprediksi, memprihatinkan, menakjubkan, mengaitkan, menyangka, beranggapan, berpendapat.

5. Memakai kalimat referensi, berdasarkan data….,mengarah pada pendapat….

6. Memakai kalimat persuasif, seperti seharusnya, diharap, perlu, sebaiknya, harus.

7. Memakai kalimat denotatif, yakni kata yang memiliki makna sebetulnya. Kata itu belum alami peralihan atau tambahan makna.

Susunan Teks Eksposisi

1. Tesis atau Pengakuan Opini

Sisi ini sebagai pembuka dalam text eksposisi. Sisi ini berisikan pengenalan rumor, permasalahan, atau penglihatan penulis pada umumnya mengenai topik yang hendak diulasnya.

2. Serangkaian Argument

Di sini, kamu akan mendapati beberapa opini atau argument penulis sebagai keterangan atas tesis yang disampaikan sebelumnya.

Argumentasi bisa berbentuk argumen rasional, data hasil penemuan, bukti-bukti, bahkan juga pengakuan beberapa pakar. Argument yang bagus harus bisa memberikan dukungan opini yang sudah dikatakan sebelumnya.

3. Penegasan Ulangi

Sisi ini, sering dikatakan sebagai simpulan atau penutup. Maksudnya untuk memperjelas opini awalnya dan menambahkan referensi atau anjuran pada persoalan yang diangkat.

Contoh Teks Eksposisi

1. Contoh mengenai Pengendalian Sampah
Management Pengendalian Sampah

Tesis:

Sampah, yang dilihat sebagai barang yang tidak bermanfaat, dapat menjadi sumber penghasilan jika diatur dengan baik. Sampah sebagai sumber daya yang bisa dibuat jadi barang berharga ekonomi.

Serangkaian Argument:

Apa yang sudah dilaksanakan masyarakat Pasar Ciputat, Tangerang, dapat menjadi contoh. Masyarakat di tempat sukses memproses sampah dengan perlengkapan yang disiapkan faksi swasta lewat kesepakatan dengan pemerintahan wilayah.

Contoh lain yakni aktivitas yang sudah dilakukan masyarakat Kaliabang, Kota Bekasi. Masyarakat dan pengurus RW di tempat lakukan pemrosesan sampah lingkungan. Sampah dapur atau sampah rumah tangga diganti jadi pupuk cair dan kompos. Sampah yang diproses ialah sampah basah langsung oleh warga. Cara yang sudah dilakukan dengan publikasi ke masyarakat supaya pisahkan sampah kering dan basah. Hasil kompos yang didapat dapat memenuhi keperluan lingkungan sekelilingnya dan masyarakat. Selain itu, hasil kompos dipasarkan ke lembaga pemerintahan dan swasta di lingkungan setempat. Produksi kompos dari sampah lingkungan dapat memberikan aktivitas untuk masyarakat dan penghasilan yang positif. Termasuk produksi pupuk cair dapat dirasa untuk menyuburkan tanah warga.

Penegasan Ulangi:

Berdasar beberapa contoh itu, pemrosesan sampah memanglah tidak terlepas dari keterkaitan masyarakat warga. Warga harus diajari memisah sampah anorganik dan organik. Peran pemerintahan dibutuhkan dalam permasalahan pembudayaannya dan publikasi. Bagaimana juga ada banyak masyarakat yang belum mengetahui langkah kumpulkan dan memproses sampah yang mereka menghasilkan.

Dalam memproses sampah dibutuhkan satu tehnologi. Ongkos pengadaan tehnologi pemrosesan sampah itu tidak sesuai dengan kewajiban pemerintahan untuk mempersiapkan dana beberapa ratus miliar setiap tahunnya untuk pembaruan jalan karena sampah. Jika pemerintahan sukses menggamit faksi swasta dalam pengadaan tehnologi pemrosesan sampah, ongkos dapat ditekan. Peranan swasta dapat diikutsertakan dalam pendistribusian dan pembelian produk-produknya. Usaha itu tentu saja semakin lebih enteng lagi.

2. Contoh mengenai Hari Pahlawan

Mawas diri Diri di Hari Pahlawan

Tesis:

Tiap negara memiliki pahlawan. Langkah terbaik menghargakan pahlawan ialah tidak lupakan jasa-jasanya. Itu penyebabnya kita perlu mengingati Hari Pahlawan tiap sepuluh November supaya bisa meniru semangat juang. Kita dapat meniru keikhlasan mereka saat berusaha menantang penjajah.

Serangkaian Argument:

Riwayat pentingnya mengingati Hari Pahlawan berawal dari perlawanan arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945. Dengan senjata bambu lancip, mereka menantang penjajah yang telah memakai senjata hebat terhitung pesawat terbang. Selanjutnya, dituruti dengan perlawanan di beberapa wilayah, terhitung di Sumatra Utara dan terutamanya di Kota Medan yang dikenali dengan pertarungan di Medan Tempat, Jalan Bali.

Karena perjuangan beberapa pejuang di periode lalu, bangsa Indonesia sanggup memproklamasikan kemerdekaan dan menjaga di periode revolusi fisik. Saat ini gantian anak-anak bangsa isi alam kemerdekaan dengan memberi yang terbaik untuk masa datang bangsanya.

Sayang, sedikit putra-putri bangsa Indonesia yang dapat diteladani karena prestasinya. Semakin banyak yang mengutamakan diri sendiri dan golongannya ketika telah berkuasa. Hal tersebut kelihatan sekali dalam barisan pemerintah (birokrasi) atau yudikatif dan legislatif. Mereka betul-betul manfaatkan kesempatan yang ada untuk membuat bertambah diri. Dalam pada itu, rakyat yang memerlukan perhatian justru diacuhkan.

Penegasan Kembali:

Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November di tahun ini bisa menjadi momen yang pas untuk lakukan mawas diri untuk semua pihak. Jika tiap anak negeri melakukan dengan penuh kesadaran, semoga hasilnya positif. Dalam kurun waktu dekat bangsa Indonesia bisa keluar krisis. Bila peringatan Hari Pahlawan cuma sebuah aktivitas kegiatan rutin, arti 10 November juga tidak sentuh warga, dapat menyadarkan pejabat-pejabat pemerintah tidak untuk sama-sama bentrok dan terus perjuangkan kebutuhan rakyat.

Pada momen Hari Pahlawan ini kita menghimbau beberapa petinggi di barisan pemerintah, terhitung BUMN dan BUMD, pimpinan DPR dan MPR dan semua anggota dewan supaya kembali lagi ke fitrah. Ingat-ingatlah perjuangan dan harapan beberapa pahlawan bangsa. Silahkan kita berusaha untuk memakmurkan rakyat. Karena itu, bekerjalah dengan keras, bertanggungjawab, dan professional.

Bukan periodenya kembali beberapa petinggi pemerintah jadikan dianya seperti raja yang berlimpah kemewahan, karena rakyat telah makin kritis. Begitupun kehidupan anggota dewan yang glamor. Momen Hari Pahlawan ini harus bisa digunakan oleh pemerintahan dengan sebagus-baiknya. Performanya bisa dirasa di beberapa sektor hingga rakyat berasa dianya tidak salah pilih. Pergerakan meniru beberapa pahlawan perlu disosialisasikan untuk menyadarkan beberapa petinggi pemerintah supaya tidak jadi pahlawan kesiangan.

Sahabat pintar dan adik-adik semua tersebut barusan pembahasan mengenai teks eksposisi mudah-mudahan yang kami sajikan ini dapat berguna untuk menambahkan pengetahuan kalian dan pecahkan persoalan kalian yang hadapi materi mengenai ini.