Rahasia Tips SEO Untuk Mendongkrak Visitor Website

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Visitor website adalah tujuan utama yang harus diraih oleh seseorang ketika memiliki blog. Namun, ketika berbagai cara sudah anda lakukan belum mendapatkan hasil sebagaimana yang diinginkan. Lantas, bagaimana tips SEO atau Search Engine Optimization yang sering digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung? Yuk simak disini.

Tips Jitu Mendongkrak Jumlah Pengunjung Website.


1. Riset Keyword

Menulis artikel yang baik sebaiknya sesuai dengan kebutuhan pembaca dan membahas topik yang sedang update. Dalam hal ini, anda tentu tidak diperkenankan menulis artikel dengan ide pribadi tanpa melakukan riset keyword. Pasalnya, penulisan dengan ide pribadi tanpa adanya keyword dapat menyebabkan artikel yang anda miliki sulit untuk ditemukan oleh mesin pencarian google.

kw-finder

Tentunya, tulisan yang bagus tanpa keyword tidak akan memiliki arti apapun, apalagi meningkatkan visitor website. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan beberapa tools untuk menemukan keyword yang banyak dicari.

ubber-suggest

Tools seperti ubersuggest, KWFinder dan Google Trends tentu bisa anda gunakan untuk menghasilkan artikel dengan banyak pengunjung.

google-trends

2. Gunakan Long Tail Keyword

Setelah melakukan riset keyword, anda tentu tahu bahwa jenis keyword yang sering digunakan dibedakan menjadi 2 jenis. Terdapat short tail keyword yang terdiri dari 1 hingga 2 kata dan long tail keyword yang terdiri dari banyak kata. Contoh dari short tail keyword adalah membuat blog. Sedangkan contoh long tail keyword adalah cara membuat blog gratis.

Pasalnya, keyword jenis short tail biasanya memiliki kuantitas pencarian yang tinggi. Sayangnya, kondisi tersebut juga didukung dengan persaingan yang tinggi pula. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan long tail keyword terlebih dahulu dalam membuat suatu artikel. Tentunya, cara ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung website karena cenderung memiliki persaingan yang rendah.

Baca Juga :  Kiat Sukses Belajar Youtube Bagi Pemula

3. Gunakan Judul Yang Menarik

Tips SEO lainnya yang harus anda lakukan adalah menggunakan judul yang menarik. Lazimnya, judul ini adalah alasan pertama seseorang dalam membuka dan mengunjungi artikel. Tentunya, pemilihan artikel pada halaman pencarian google yang pertama biasanya dipilih karena judul yang menarik dan sesuai dengan yang diinginkan.

Hasil riset yang dilakukan copyblogger bahkan menunjukkan bahwa 8 dari 10 orang seringkali memilih judul yang menarik ketika memilih artikel. Meski demikian, tidak semua artikel yang diklik tersebut akan dibaca secara keseluruhan. Oleh karena itu, judul yang digunakan oleh artikel ini bisa dicontoh untuk membuat judul lain yang menarik.

4. Tambahkan Visual Yang Mendukung Dan Menarik

Artikel yang lengkap dan menarik memang sering dijadikan rujukan. Sayangnya, konten yang menarik biasanya lebih disukai oleh pengunjung agar tidak membosankan. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan ide kreatif untuk menambahkan beberapa gambar maupun video agar pengunjung tidak langsung meninggalkan website anda.

Begitu pula, sebagian orang biasanya cenderung lebih menyukai gambar daripada tulisan. Oleh karena itu, anda bisa melakukan tips SEO untuk menambahkan visual seperti gambar dan video menarik yang mendukung artikel anda. Anda bahkan bisa menambahkan gambar illustrator maupun infografis yang mudah dibaca oleh visitor.

5. Tingkatkan Kecepatan Website

Kehadiran website yang aksesnya cepat akan lebih disukai oleh pengunjung. Beberapa orang bahkan akan meninggalkan website ketika halaman yang diklik sedang loading dalam durasi lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, kecepatan website yang sangat lambat akan berisiko ditinggalkan oleh pengunjung sebelum membukanya.

fast-loading-website-1

Hal ini tentu bisa menurunkan ranking website yang anda miliki atau biasa disebut bounce rate. Bahkan, kondisi ini bisa sangat merugikan karena mempengaruhi penurunan hasil pencarian google. Dengan mengetahui kondisi ini, anda sebaiknya meningkatkan kecepatan website yang dimiliki. Anda tentu bisa mencari tahu lebih lanjut terkait dengan kondisi ini.

Baca Juga :  Apa Itu Proxy Server? Berikut Fungsi Dan Manfaatnya

fast-loading-website-2

6. Mengevaluasi Konten

Setiap artikel yang telah anda upload pada website sebaiknya selalu dilakukan evaluasi. Dalam hal ini, anda bisa melihat berbagai performa yang dimiliki artikel. Tentunya, anda juga harus mengevaluasi konten yang tidak memiliki pengunjung karena hasil yang kurang baik. Tentunya, anda bisa melakukan tips SEO untuk memperbaiki konten tersebut agar dapat mendobrak visitor.

Perbaikan konten tersebut juga harus dilakukan dengan teliti, untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih optimal. Anda bahkan bisa meminta bantuan Google Search Console, untuk mengetahui keyword yang dapat tersaring pada website anda. Kemudian, anda bisa memperbaiki berbagai konten tersebut dengan benar.

7. Manfaatkan Internal Link

Begitu pula, anda juga bisa memanfaatkan internal link atau backlink dari artikel yang dimiliki. Anda bahkan bisa memanfaatkan artikel yang memiliki traffic yang baik sebagai medium backlink. Tentunya, pemberian internal link ini juga harus disesuaikan dengan konten yang telah dihubungkan. Dalam hal ini, mesin pencari biasanya dapat memahami konteks hubungan website tersebut.

Pemanfaatan internal link ini tentu bisa membuat halaman website yang anda miliki terindeks oleh mesin pencari. Anda bahkan bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membuat pengunjung berlama-lama mencari informasi terkait yang ada pada website anda. Tentunya, kondisi ini bisa mengurangi bounce rate dan meningkatkan traffic website.

8. Tambah Tombol Share Ke Media Sosial

Sebagian besar pemilik blog seringkali menginginkan artikel maupun website yang dimilikinya bisa mendobrak banyak pengunjung. Beberapa orang bahkan menginginkan artikelnya terkenal di media sosial untuk meningkatkan traffic website. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan tips SEO ini untuk memanfaatkan tombol share di website agar bisa dibagikan dengan mudah.

Baca Juga :  Rahasia editing Foto Dengan Photoshop

tombol-share-sosmed

Tentunya, pemanfaatan tombol share ini bisa menambah jumlah pengunjung dengan mengklik link yang dibagikan di media sosial. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur tombol share menarik yang ditawarkan oleh setiap plugin yang digunakan. Tentunya, paket lengkap tombol share ke berbagai media sosial bisa anda manfaatkan dengan baik.

9. Kirim Email Marketing

Beberapa orang mungkin menilai bahwa email marketing hanya akan mengganggu. Namun, kemampuan sistem marketing ini seharusnya tidak diremehkan. Beberapa studi bahkan telah membuktikan bahwa email marketing mampu mendongkrak visitor dengan baik dibandingkan dengan membagikan link yang ada melalui facebook maupun twitter.

email-marketing

10. Riset Kompetitor

Selain itu, anda juga bisa harus mengawasi pergerakan lawan dengan baik. Tentunya, tips SEO ini harus anda lakukan agar website yang anda miliki dapat memenangkan posisi hasil pencarian google. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan beberapa tool riter kompetitor dengan baik. Anda bahkan bisa memanfaatkan tool seperti ahrefs untuk melakukan kegiatan ini.

Pasalnya, ahrefs memiliki fitur site explorer yang bisa digunakan untuk mengetahui performa dari suatu situs. Fitur ini bahkan bisa menampilkan berbagai laporan seperti kualitas domain, backlink, traffic dan keyword yang digunakan. Tentunya, anda juga bisa memeriksa kata kunci yang masuk ke website kompetitor menggunakan tool yang satu ini.

Memiliki website dengan traffic yang baik dan jumlah pengunjung yang banyak adalah impian para blogger. Tentunya, beberapa tips ulasan di atas bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Meski demikian, beberapa ulasan tersebut tetap harus dilakukan secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal.