Mengenal 6 Tokoh Penjelajah Samudra Asal Portugis dan Spanyol

Tokoh Penjelajah Samudra – Halo adik-adik semua, kembali lagi kami menyajikan informasi tentang dunia pendidikan yang diharapkan dapat membantu kalian yang sedang mencari materi pelajaran

yang sangat lengkap. Seperti yang sudah di bahas di ilmu sejarah bahwa negara kita terdiri dari benua dan samudra dimana perairan lebih luas dibandingkan daratannya. Zaman dulu

mereka menjelajah dari negara satu ke negara lainnya untuk berdagang dan mencari kawasan yang bisa didiami hingga menjadi cikal bakalnya penjajahan. Ada beberapa tokoh yang terkenal

sebagai penjelajah perairan yang menemukan pulau – pulau dan negara yang banyak menghasilkan rempah dan sebagai destinasi berdagang. Beberapa tokoh tersebut siapa aja yah guys.

tokoh penjelajah samudra

 

Penyebab atau Asal Muasal Penjelajah Samudra

Munculnya beberapa penjelajah kuat hubungannya dengan periode kegelapan untuk Eropa atau istilah populernya The Dark Middle Ages. Sesudah periode itu, bangsa Eropa coba bangun dengan melakukan penjelajahan samudra.

Bangsa Eropa mulai melaksanakan penjelajahan samudra pada era ke-15 M. Mencuplik buku Ensiklopedia Tokoh Besar Penjelajah Dunia formasi Team DAK’S Studio (2019: 37), timbulnya zaman penjelajahan samudra oleh bangsa Eropa didorong oleh faktor-faktor, yakni:

1. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani.
2. Maksud 3G, yaitu Gold, Glory, dan Gospel.
3. Cepatnya perubahan ilmu dan pengetahuan di Eropa.
4. Ada dampak tulisan Marco Polo, pendeta asal Italia.
5. Ada semangat Reconquista (penguasaan kembali).
6. Semangat Reconquista jadi pucuk kesadaran jika bangsa Eropa ingin merampas kembali hegemoni Kristen Eropa atas kekuasaan Islam yang sempat kuasai Semenanjung Iberia (Spanyol-Portugal).

Pada akhirnya, zaman penelusuran samudra diawali oleh bangsa Portugis dan Spanyol. Untuk menghindar bentrokan antara ke-2 nya dalam rencana merebutkan koloni, Paus di Vatikan menandatangi Kesepakatan Tordessilas. Kesepakatan ini membagikan daerah penelusuran jadi daerah barat (punya Spanyol) dan timur (punya Portugis).

Jalur dan Tokoh Penjelajah Samudra

Saat penelusuran berjalan, beberapa pelaut Portugis dan Spanyol lewat rute-rute tertentu. Mencuplik pada buku Explore Riwayat Indonesia Jilid 2 untuk SMA kreasi Dr. Abdurakhman, S.S. M.Hum dkk (2017: 07), berikut jalur dan figur pelacak samudra yang dari Portugis atau Spanyol.

penjelajah samudra

1. Bartholomeus Diaz (1486) – Portugis

Jalur pelacakannya diawali dari Lisabon, Portugis di tahun 1486. Diaz cari jalan untuk mendapati dunia timur dengan bergerak ke selatan telusuri pesisir sisi barat Benua Afrika. Tetapi, pelayarannya cuma sampai di Tanjung Keinginan, Afrika Selatan.

2. Christopher Colombus (1492) – Spanyol

Colombus melaut dari Spanyol ke barat, melalui Samudra Atlantik sampai datang di kepulauan Bahama (Karibia), teritori Benua Amerika. Colombus sebagai figur pelacak kelahiran Italia,

tetapi pelayarannya didanai oleh Ratu Isabella asal Spanyol.
Semenjak ekspedisi yang sudah dilakukan oleh Colombus, bangsa Eropa mulai bertandang ke Benua Amerika untuk membuat wilayah koloni.

3. Vasco da Gama (1497) – Portugis

Vasco da Gama melaut dari Lisabon ke selatan mengelilingi Benua Afrika sampai datang di India. Pelayarannya dipandang seperti penemuan pertama jalur laut dari Eropa ke India untuk

gantikan jalur darat “Lajur Sutra” yang dipandang tidak aman dan mahal. Di tahun 1502, Vasco da Gama kembali lagi ke India dengan bawa armada perang untuk membuat wilayah koloni Portugis.

4. Alfonso de Albuquerque (1503) – Portugis

Ikuti jalur Vasco da Gama, Alfonso de Albuquerque datang di India di tahun 1503. Tetapi, satu tahun selanjutnya dia harus kembali lagi ke Portugis.
Di tahun 1509, de Albuquerque

dipilih jadi Gubernur Portugis di India. Satu tahun sesudah menempati kedudukan itu, dia sukses mengalahkan Kerajaan Goa di pantai sisi barat India. Bahkan juga, dia sukses mengalahkan Kerajaan Malaka di Semenanjung Malaya di tahun 1511.

5. Ferinand Magellan (1519) – Spanyol

Pelayarannya diawali di tahun 1519 dengan visi melingkari dunia sekalian cari kepulauan rempah-rempah di daerah timur. Dari Spanyol, dia melaut ke barat daya dengan

menyebrangi Samudra Atlantik sampai ke ujung selatan Benua Amerika. Kemudian, armadanya melewati Samudra Pasifik dan datang di Kepulauan Filipina. Belum menyelesaikan tugasnya, dia wafat di Filipina di tahun 1521.

6. Juan Sebastian del Cano (1521) – Spanyol

Awalannya, Sebastian del Cano turut dalam pelayaran Magellan. Sesudah Magellan wafat, adalah yang melanjutkan perjalanan armada Spanyol.
Di tahun 1521, armada ini datang di

Kepulauan Maluku yang disebut wilayah pemroduksi rempah-rempah. Sesudah isi kapal dengan rempah-rempah, armada ini melaut kembali ke arah Tanjung Keinginan sampai datang di Spanyol di tahun 1522.

Nah teman-teman semuanya itulah tadi para tokoh penjelajah samudra yang tercatat dalam sejarah dunia, semoga informasi ini bisa bermanfaat menambah pengetahuan kita bersama.

Satu pesan yang selalu kami ingatkan ke kalian khususnya para generasi muda kita, jangan pernah malas untuk membaca karena membaca ialah jendela dunia, terimakasih ya guys.