Mengenal Tumbuhan Monokotil dan Ciri-Cirinya

Tumbuhan Monokotil – Halo sobat cerdas, menggali ilmu pengetahuan alam tentunya menarik sekali untuk kita ketahui. Setelah di artikel sebelumnya kita ulas mengenai tumbuhan dikotil kini saatnya

tentang Monokotil. Coba kalian perhatikan begitu banyak sekali tumbuhan yang tumbuh subur di alam kita ini. Bermacam tumbuhan itu pasti banyak memiliki faedah untuk kehidupan.

Sebagai salah satunya makhluk hidup yang tinggal di bumi, sebaiknya kita ketahui bermacam beberapa tumbuhan itu. Salah satunya tumbuhan yang penting Anda kenali yaitu tumbuhan monokotil.

Tumbuhan berbiji pada dasarnya dibagi jadi dua yakni tumbuhan monokotil / tumbuhan berbiji tunggal dan dikotil / tumbuhan berbiji double. Untul ulasan selengkapnya ada diartikel dibawah ini.

tumbuhan monokotil

Ulasan Lengkap Mengenai Tumbuhan Monokotil

Pengertian Monokotil

Tumbuhan Monokotil merupakan tumbuhan berkeping atau berbiji tunggal. Tumbuhan ini memiliki memiliki sepasang daun lembaga (daun kotiledon). Daun lembaga terbentuk lantaran tahap proses pembentukan biji pada tumbuhan.

Berdasarkan sumber Encyclopedia Britannica yang mendefinisikan bahwa monokotil ialah tumbuhan yang memiliki kotiledon tunggal. daunnya berserat sejajar, bunganya berkelipatan tiga, tidak memiliki kambium

atau getah pada batang, dia juga memiliki akar yang serabut atau adventif. dari pengertian diatas setidaknya kalian sudah bisa menggambarkan atau membayangkan tumbuhan dikotil seperti apa.

Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil

contoh tumbuhan monokotil

1. Mempunyai biji berkeping tunggal atau satu, dengan kambium yang terletak di antara floem dan xilem.
2. Memiliki berkas vaskuler atau pembuluh angkut di bagian batang yang bertipe kolateral tertutup, dengan kata lain di antara xilem dan floem tidak memiliki kambium.
3. Letak xilem dan floem tersebar dan tidak teratur, pada bagian batang dan akar tidak memiliki kambium sehingga terjadi tumbuhan sekunder.
4. Tidak tumbuh membesar namun ada juga sebagian tumbuhan monokotil yang berkambium, salah satunya seperti agave sisalana.
5. Memiliki akar serabut, pada bagian ujung akar memiliki pelindung koleoriza dan untuk ujung batang memiliki pelindung koleoptil.
6. Pada umumnya tumbuhan monokotil berdaun tunggal, kecuali jenis tanaman palem, dan berurat daun sejajar atau melengkung dan berpelah daun.
7. Pada bagian bunga, terdiri atas kelopak, mahkota dan benang sari yang berjumlah tiga atau kelipatan dari tiga.
8. Bagian batang tidak bercabang, memiliki rambut-rambut halus dan ruas-ruas pada batang bisa terlihat dengan jelas.
9. Umumnya memiliki daun tunggal, kecuali pada kelompok pada urat daun sejajar atau melengkung dan memiliki pelepah daun.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Kelapa

Bila disaksikan dari susunan pohon, kelapa masuk ke tipe palem-paleman. Memang pohon kelapa masuk ke kategorisasi tumbuhan keping satu. Kelapa benar-benar berguna untuk manusia, airnya dapat diminum sebagai obat, sementara buahnya dapat digunakan sebagai santan dan minyak kelapa, dan daunnya bisa digunakan untuk anyaman.

Keladi

Tumbuhan ini masuk ke barisan genus caladium atau suku talas-talasan, araceae dan umumnya nama tumbuhan ini sering dipakai untuk menyebutkan beberapa tumbuhan yang lain masih satu famili tetapi tidak terhitung dalam caladium. Seperti talas, karena keladi jarang-jarang diketemukan berbentuk umbi yang besar.

Jagung

Jagung yang mempunyai nama latin Zea Mays sp ialah sisi dari contoh tumbuhan monokotil dengan tumbuhan ini terhitung dalam salah satunya alternative yang dapat dimakan atau dikonsumsi selainnya padi. Jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi, kandungan didalamnya benar-benar berguna untuk manusia, sehatkan mata, jantung sampai menahan kanker dan anemia.

Padi

Mempunyai nama latin Oryza Sativa L, sebagai tumbuhan dengan akar serabut dan sisi dari tumbuhan monokotil. Selainnya sebagai makanan dasar, berperanan untuk sumber khusus karbohidrat, vitamin D dan dapat menahan penyakit kanker. Hasil tepung dari padi bisa juga dipakai untuk menjaga kulit dan dijadikan obat disentri.

Bawang Merah

Terhitung salah satunya bumbu masak harus, yang awalnya datang dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan samping utara negara itu. Sampai akhirnya menebar ke seluruh dunia, baik wilayah sub-tropis atau tropis. Bawang merah dikatakan sebagai varietas dari spesies Allium cepa.

Nah adik – adik sekalian itulah informasi mengenai tumbuhan monokotil yang berhasil kami rangkumkan untuk kalian, semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian untuk menambah pengetahuan.

Terus baca artikel dari kami karena kami selalu memberikan informasi paling komplit dan paling mudah dimengerti. Terimakasih banyak untuk kalian.

Kategori SD