Umbi Akar : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Hai sahabat pintar, bicara mengenai tanaman tentu saja masing – masing mempunyai langkah tertentu untuk berkembang biak seperti pada umbi – umbian ada yang berkembang dengan Umbi Akar dan Umbi Batang.

Dan di artikel ini kita ulas mengenai penjelasan istilah ini yang kemungkinan beberapa dari kalian belum pahami atau ingin mengetahui lebih dalam lagi. Dua tipe metode berkembang biak tumbuhan itu kerap kelihatan mirip.

Bahkan juga menurut sebagian orang akui cukup susah membandingkan bila tidak memerhatikan secara detil. Dua tipe langkah berkembang biak itu sama dengan vegetatif.

umbi akar

Pembahasan Lengkap Mengenai Umbi Akar

Pemahaman Secara Umum

Pengembangbiakan vegetatif sebagai tipe pengembangbiakan secara tidak kawin. Tipe pengembangbiakan vegetatif dipisah jadi dua yakni vegetatif bikinan dan alami.

Pada akar dan umbi tangkai, langkah berkembang biak yang terjadi ialah secara alami. Sama berkembang biak dengan alami, dua tipe langkah pengembangbiakan ini sepintas kelihatan mirip.

Nach, berikut akan diulas langkah membandingkan umbi umbi akar dan tangkai. Dan akan diberi beberapa contoh tanaman yang terhitung umbi umbi tangkai dan akar.

ciri ciri umbi akar

Ciri-ciri Umbi Akar

Pertama, kita akan mengulas mengenai sangkut-paut umbi akar. Umbi akar ialah langkah pengembangbiakan dengan simpan cadangan makanan pada akar.

Hingga sisi tumbuhan yang jadi membesar ialah akar. Umbi akar mempunyai dua tipe berlainan berdasar asalnya.

Ada yang dari akar tunggang dan ada pula dari akar cabang. Umbi dari akar tunggang akan punyai satu tempat simpan cadangan makanan.

Berlainan dengan umbi dari akar cabang, dalam setu tumbuhan akan ada banyak sisi akar yang berperan sebagai penyimpan cadangan makanan. Pengembangbiakan tanaman tipe ini lewat sisi tunas yang tumbuh dari sisa batang.

Jika rekan-rekan ingin menanam tumbuhan tipe ini dapat dengan memakai tangkai tumbuhan yang ditanamkan di tanah. berikut sejumlah Ciri-cirinya :

1. Tumbuhan pada umbi akar tidak mempunyai daun dan kuncup.

2. Umbi akar pun tidak mempunyai ruas-ruas pada tumbuhannya.

3. Tumbuhan ini tidak mempunyai mata tunas di bagian umbi.

4. Umbi akar akan tumbuh seutuhnya dalam tanah.

Contoh

Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar ialah wortel, bengkuang, singkong, bunga lain-lain, dan dahlia.

Faedah Di dalamnya

Adapun faedah dari umbi akar diantaranya seperti berikut:

1. Menahan kanker

2. Pencegah depresi

3.Kaya akan vitamin D

4. Memiliki kandungan zat besi

5. Sumber vitamin C

6. Kandungan karoten

7. Kaya serat

8. Vitamin B6

9. Mempertahankan kesehatan mata

10. Menjaga fleksibilitas kulit

Tipe – Tipe Tumbuhannya Ialah

Jahe

Jahe atau juga dikenal bernama latin Zingiber officinale Rosc. kerap dipakai sebagai rempah untuk penyedap makanan. Bahkan juga, ada juga yang memakainya sebagai obat tradisionil.

Beberapa faedah jahe : Kurangi mual, Menolong menantang infeksi, Kaya anti-oksidan, Turunkan berat tubuh, Memudahkan tanda-tanda osteoarthritis, Jaga konsistensi kandungan gula darah.

Temulawak

Faedah temulawak umum dipakai sebagai penyembuhan tradisionil. Banyak yang memakai bahan herbal, baik rimpang segarnya atau suplemen, sebagai obat antiradang dan pengobat luka.

Temulawak ialah tanaman asli Indonesia yang memiliki bentuk serupa dengan kunyit. Tanaman yang mempunyai nama latin Curcuma zanthorrhiza ini umumnya seperti silinder berdiameter 6 cm.

Biasanya, tanaman ini mempunyai kulit yang warna kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak mempunyai akar tunggang. Akar yang dimiliki yakni akar rimpang.

Rimpang temulawak terbagi dalam rimpang anakan dan induk. Rimpang induknya berwujud bundar seperti telur dan warna kuning tua, sisi dalamnya warna jingga kecokelatan.

Kencur

Kencur yang punyai nama latin Kaempferia galanga L, rupanya masihlah sekeluarga dengan jahe atau Zingiberaceae. Maka tidak boleh bingung bila beberapa orang kerap salah membandingkan kencur dengan

jahe atau lengkuas karena memiliki bentuk yang nyaris mirip. Walau sebenarnya kenyataannya, kencur dapat bawa faedah yang lain dari jahe untuk kesehatan badan. Tanaman kencur banyak tumbuh

di daerah beriklim subtropis dan tropis. Wilayah penebaran biasanya ada di Asia, diantaranya di Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.

Wortel

Wortel ialah tumbuhan biennial yang simpan karbohidrat dengan jumlah besar untuk tumbuhan itu berbunga di tahun ke-2 . Kandungan pada sayur ini diantaranya:

Air, protein, karbohidat, lemak, serat, abu, beta karoten, nitrisi anti kanker, gula alami, kalsium, fosfor, besi, vitamin B dan C. hingga tidaklah aneh menajdi salah satunya bahan makanan favorite keluarga.

Bawang Merah dan Putih

Bawang Merah adalah bumbu masak khusus dunia yang dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di samping utaranya, tetapi selanjutnya menebar ke beragam seluruh dunia, baik sub-tropis atau tropis.

Bawang Putih ialah nama tanaman dari genus Allium sekalian nama dari umbi yang dibuat. Memiliki riwayat pemakaian oleh manusia lebih dari 7.000 tahun, khususnya tumbuh di Asia tengah, dan telah lama jadi bahan makanan di wilayah sekitaran Laut tengah, dan bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Lengkuas

Lengkuas tipe tumbuhan temu-temuan yang dapat hidup di wilayah daratan tinggi atau daratan rendah. Kandungan pada lengkuas, diantaranya: Magnoliophyta, Liliopsida, Plantae, Zingiberales, Zingiberaceae, Alpinieae, Alpinia, Alpinia galanga.

Teman dekat pintar semua, tersebut barusan serangkaian info tentang Umbi Akar mudah-mudahan pembahasan yang kami suguhkan ini dapat berguna untuk kalian baik yang sekolah atau sekadar menambahkan wacana kalian.