Inilah Perkembangan Versi Android Terbaru Di Tahun 2020

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Dewasa ini, perkembangan teknologi selalu menghadirkan berbagai alat elektronik yang canggih untuk memudahkan pekerjaan manusia. Ponsel yang dulunya dikembangkan dengan beberapa tombol dan layar yang sempit telah berubah menjadi ponsel pintar dengan OS versi android yang telah dimulai sejak lama. Bahkan, OS tersebut juga mengalami perkembangan yang terus berlanjut.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Android


Sistem operasi atau operating system (OS) android yang telah berkembang pesat ini merupakan OS dengan basis Kernel Linux. Di Bawah naungan google, sistem ini pada mulanya dibuat untuk mendukung kamera digital yang terhubung dengan internet. Karena kondisi pangsa pasar yang minim, maka perusahaan ini mencoba mengembangkan perangkat mobile atau tablet.

Lazimnya, perusahaan Android Inc. yang bergerak dibawah naungan google ini telah berdiri sejak tahun 2005. Sayangnya, perusahaan ini sempat menghilang dan baru mendirikan sistem operasi pada tahun 2008. Meski demikian, sistem tersebut hanyalah permulaan dan menjadi ciptaan uji coba semata.

Selanjutnya, google juga meluncurkan ponsel pintar versi android dengan seri Nexus dengan bantuan HTC. Namun, proses pembuatan ini selalu dilakukan uji coba hingga akhirnya dapat melahirkan berbagai brand OEM. Tentunya, proses pengembangan ini selalu dilakukan secara bertahap dengan memperbaiki berbagai fitur dan menyajikan performa menarik yang sangat optimal.

Beberapa Jenis Perkembangan OS Android Hingga Tahun 2020

Kehadiran OS android yang pertama pada tahun 2008 menghadirkan resolusi 320×480 HVGA. Untuk mengembangkan OS ini, android kemudian mampu menghadirkan 1.0 apple pie yang biasa disebut android alpha. Sistem ini bahkan sudah menghadirkan berbagai fitur canggih seperti playstore, kamera, kontak, google agenda, Gmail, browser, maps dan youtube.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Edit Video Berkualitas

versi-kitkat

Kemudian, perusahaan ini juga terus melakukan inovasi hingga pada tanggal 9 februari 2009 telah berhasil mengeluarkan 1.1 Banana Bread untuk ponsel HTC. Meski demikian, perkembangan OS yang satu ini tidak jauh berbeda dengan 1.0 apple pie. Selanjutnya, perusahaan ini juga telah menghasilkan android generasi keempat berupa 1.5 cupcake.

Versi android yang satu ini telah mendobrak keluaran baru dengan menghasilkan fitur user interface, keyboard di layar dan Bluetooth. Meski demikian, perusahaan ini juga terus melakukan pembaharuan hingga merilis kembali jenis android 1.6 donut pada tanggal 16 September 2009. Tentunya, ponsel pintar yang satu ini memiliki perbaikan bug dan fitur navigasi turn by turn.

Tak lama kemudian, perusahaan ini juga merilis kembali 2.0 éclair yang dikeluarkan pada tanggal 16 Oktober 2009. Versi ini adalah pendobrak bluetooth 2.0 pada android yang sangat populer. Oleh karena itu, éclair sempat diinovasi menjadi versi 2.1 dengan nama yang sama dengan berbagai fitur tambahan seperti life wallpaper, multi touch dan sistem flash kamera terbaru.

android-marshmallow

Kemudian, perusahaan ini juga masih tetap mengeluarkan versi android terbaru berupa 2.2 frozen yogurt atau froyo. Versi yang satu ini diterbitkan sekitar 1 tahun setelah éclair dengan melakukan beberapa pembaharuan fitur. Dalam hal ini, froyo memiliki pembaharuan script chrome yang digunakan untuk menambah kecepatan google chrome.

Selanjutnya, perusahaan ini juga menerbitkan kembali versi 2.3 gingerbread yang dikeluarkan pada tanggal 6 desember 2010. Pembaharuan ini dilakukan dengan cara menghadirkan fitur internet calling, NFC dan download manager. Tentunya, pembaharuan yang dilakukan ini dapat menambah kenyamanan pengguna dalam memilih OS Android.

Tak lama kemudian, perusahaan ini juga mengeluarkan OS terbaru 3.0 honeycomb. OS yang satu ini bahkan dirancang untuk perangkat tablet yang memiliki layar besar. Selanjutnya, perusahaan ini juga mengeluarkan versi 4.0 Ice Cream Sandwich. Kecanggihan fitur multitasking yang dihadirkan OS ini membuat jenis Android mulai terkenal karena bisa digunakan untuk semua platform.

Baca Juga :  5 Macam Aplikasi Android Untuk Edit Foto Kualitas Terbaik

versi-oreo

Meski demikian, perusahaan ini tidak pernah jemu untuk terus melakukan inovasi sistem OS yang dikembangkan. Bahkan, versi android 4.1.2 Jelly Bean juga telah dikeluarkan pada tanggal 27 Juni 2012 dan diupdate sebanyak 2 kali. OS tipe tersebut memiliki inovasi dari segi user interface dan juga tambahan google search.

Banyaknya pengguna yang semakin tertarik dengan OS android juga membuat google merilis kembali versi terbarunya. Tentunya, 4.4.2 Kitkat juga telah dikeluarkan pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan beberapa pembaharuan yang dihadirkan dari segi fitur yang dimiliki. Bahkan, google juga melakukan pembaharuan kembali dengan menerbitkan 5.0 lollipop.

Tak hanya sampai disitu, kehadiran android 6.0 Marshmallow juga semakin memikat banyak pengguna. Versi ini bahkan dihadirkan dengan fitur tambahan USB Type C, peningkatan baterai dan juga sidik jari. Dengan hadirnya inovasi tersebut, menjadi salah satu alasan pengguna dalam meningkatkan privasi ponsel pintar yang dimilikinya.

Terdapat android 7.0 Nougat yang dirilis kembali oleh perusahaan pada tanggal 22 Agustus 2016. Tentunya, inovasi ini juga selalu menghadirkan fitur baru yang menyenangkan. Kehadirkan fitur multi window pada versi ini bahkan bisa memanjakan pengguna untuk melakukan beberapa kegiatan secara bersamaan. Misalnya saja, menonton video youtube sambil chattingan.

versi-pie

Versi android 8.0 oreo yang baru dirilis pada 21 Agustus 2017 lebih difokuskan pada efisiensi daya baterai dan kecepatan penggunaan. Tentunya, kondisi ini dapat menambah kecepatan boot hingga 2 kali lipat. Peningkatan efisiensi daya baterai yang dihadirkan juga mampu memanjakan anda untuk menggunakan ponsel dalam kurun waktu yang lama.

Begitu pula, perusahaan ini mengeluarkan OS versi terbaru yang telah dikeluarkan pada 6 Agustus 2018. Versi ini memiliki nama 9.0 pie dengan fitur dan desain yang sangat berbeda dari versi sebelumnya. Inovasi yang satu ini bahkan memberikan fitur unik untuk memprediksi tindakan pengguna melalui app action.

Baca Juga :  Tutorial Mod APK Android Bagi Pemula Mudah Dipahami

Selanjutnya, google juga kembali menghadirkan versi terbaru dengan nama android 10. Pasalnya, penggunaan nama 10 yang tidak menghadirkan nama makanan dikarenakan banyak masyarakat yang kurang mengenal nama dessert. Alasan lain dari nama ini juga ada yang menyatakan bahwa tidak ada nama makanan jenis dessert yang berawalan dengan huruf Q.

perkembangan-os-android

Selain itu, perusahaan ini juga diduga akan merilis kembali versi android pada tahun 2020. Pasalnya, google seharusnya merilis versi terbaru pada tanggal 3 Juni 2020. Sayangnya, protes yang terjadi di Amerika Serikat membuat perusahaan ini belum sempat merilis kembali keluaran terbaru dari Operating System Android.

Perkembangan sistem android yang selalu diinovasi telah menghadirkan berbagai fitur baru untuk memanjakan para konsumen. Bahkan, jenis Operating System yang satu ini telah banyak digunakan pada tablet, smartphone hingga jam tangan. Tentunya, kehadiran user friendly yang dimiliki oleh sistem ini membuat banyak orang tertarik sehingga mampu menenggelamkan pesaingnya.

Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui tentang perkembangan OS android. Pembaharuan yang terus dilakukan untuk menghadirkan kenyamanan bagi pengguna membuat OS yang satu ini semakin diminati dan telah digunakan oleh banyak smartphone di seluruh dunia. Selain menghadirkan fitur untuk menambah kenyamanan, OS ini juga mengembangan sistem keamanan yang optimal.