Belajar Pemrograman Visual Basic Tingkat Dasar Dengan Mudah

Diposting pada

Jangan Lupa Di Share Ya ! , ,

Perkembangan teknologi yang pesat seringkali menghadirkan berbagai hal unik yang sangat diminati. Sayangnya, program-program yang terkenal berisi kumpulan sistem operasi, aljabar maupun jaringan lainnya seringkali menjadi momok yang menakutkan. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk belajar visual basic dasar bagi pemula.

Kunci Belajar Visual Basic Untuk Pemrograman


1. Kuasai Dasar Algoritma

Salah satu hal yang paling menakutkan dalam belajar pemrograman adalah algoritma. Tentunya, rumus yang terkenal sangat rumit ini merupakan inti dari semua kegiatan pemrograman. Oleh karena itu, anda bisa mencoba memahami konsep logika dasar secara bertahap untuk menguasai rumus ini.

Pasalnya, algoritma bisa dipelajari dengan cukup mudah secara bertahap. Dalam hal ini, anda bisa mencoba memahami berbagai rumus algoritma sebagaimana memahami instruksi memasak. Algoritma akan dimulai dari berbagai input data program, diproses hingga akhirnya memperoleh output dari hasil pemrograman.

Mempelajari algoritma yang dilakukan secara bertahap juga harus dimulai dari penguasaan konsep algoritma yang dibutuhkan dalam pemrograman. Anda bahkan perlu mengenali variabel, logika IF, konstanta, function, perulangan maupun tipe data. Tentunya, anda bisa memahami visual basic dasar dengan menguasai konsep ini terlebih dahulu.

Jadi apa yang dimaksud dengan algoritma ?. Dan bagaimana caranya mengimplementasikan algoritma bahasa pemrograman tersebut ke visual basic ?.

Nah jadi yang dimaksud dengan algoritma dalam istilah pemrograman yaitu :
Urutan atau langkah-langkah sistematis yang digunakan untuk menghitung ataupun menyelesaikan suatu masalah dalam pemrograman komputer. Jadi dapat diartikan bahwa algoritma merupakan fondasi penting untuk memulai dan membuat suatu program.

Baca Juga :  Mengenal Model Desain Jaringan Komputer Beserta Gambarnya

2. Mulai Dari Dasar Dan Lakukan Secara Perlahan

Mungkin anda sering melihat buku-buku di toko yang menyediakan cara belajar cepat maupun instan. Nyatanya, belajar dengan cara tersebut tidak selalu dapat berjalan optimal. Hal ini dikarenakan anda masih bingung dan belum memahami dasar dari hal yang ingin dipelajari. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari algoritma dan 1 jenis bahasa pemrograman untuk ke tahap selanjutnya.

Lazimnya, anda bisa mencoba pemahaman awal dengan memulai bahasa pemrograman C++ atau Pascal. Bahasa pemrograman jenis ini pada dasarnya akan mudah dipahami sebagai awal permulaan. Selain itu, anda juga perlu mempelajari alur kode program untuk memasuki aplikasi pemrograman seperti PHP, JAVA maupun Visual Basic Dasar.

3. Pahami Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah hal yang harus anda pertimbangkan untuk belajar pemrograman. Penggunaan bahasa inggris pada berbagai alat elektronik maupun panduan yang lebih simple dapat memudahkan anda untuk belajar berbagai hal, termasuk bahasa pemrograman.

Tentunya, anda juga harus menyadari bahwa berbagai ilmu pemrograman berasal dari amerika atau eropa.

Dengan memahami bahasa inggris, anda tentu akan lebih mudah mempelajari hal ini. Anda bahkan bisa mencoba menggunakan berbagai buku tutorial yang berasal dari negara lain seperti Eropa dan Amerika untuk mendapatkan kemajuan yang baik.

4. Latihan Coding

Kemudian selanjutnya saya akan memulai membuat suatu form, dan tampilan awalnya seperti dibawah ini :

tampilan-vb-2015

Namun untuk versi Visual Studio saya sarankan kalian bisa menggunakan Visual Studio 2015 ataupun yang versi sebelumnya yaitu Visual Studio 2012, disini sini kita langsung – Create new Project pada tampilan ini adalah bahasa pemrograman yang bisa menggunakan bahasa visual basic, C++ ataupun bahasa pemrograman lainnya.

Baca Juga :  Tips Mengetik 10 Jari Dengan Cepat Untuk Pemula

Pada contoh disini Saya memilih Visual Basic dan milih Windows form application, dan disini bisa kita ubah namanya yaitu menjadi form algoritma misalnya, nah jangan lupa untuk menaruh lokasi file nya ya, lalu klik tombol OKE.

Nah sudah muncul, inilah tampilan interface form pada bahasa pemrograman vb2015.

contoh-form-vb2015


create-new-project

Pada latihan kali ini coba kita belajar membuat sebuah form dengan tujuan menggunakan fungsi perulangan, kalian bisa mendesain terlebih dahulu Form dari pada Visual Basic kalau kalian buat sini posisi sebelah kanan kalian bisa melihat tab solusi an dan tab properties, disini ada toolbox.

Nah di sini terus yang kita gunakan adalah text box label dan button, langkah pertama kita cari text box untuk media inputan, dan jangan lupa pada staus di properties nya kita ubah nama teks atau kita kosongkan, jika sudah kalian desain atribut yang dibutuhkan di dalam form, maka barulah membuat coding seperti contoh dibawah ini :

Selain itu, anda juga harus terus latihan dan jangan cepat menyerah ketika mempelajari pemrograman menggunakan visual basic dasar. Tentunya, coding adalah salah satu cara yang harus selalu dilakukan untuk memperoleh penguasaan ilmu. Dalam hal ini, anda bisa mencoba berbagai cara seperti mencoba cara-cara unik yang belum pernah diajarkan sebelumnya.

form-jadi


contoh-coding

Coding memang bukanlah hal yang mudah. Namun, pembiasaan latihan coding dapat membuat anda terbiasa dan menemukan berbagai hal lain. Tentunya, cara ini juga harus dibarengi dengan mengasah kemampuan analisis untuk mencoba memecahkan berbagai masalah pemrograman yang sedang anda hadapi.

Begitu pula, setiap masalah yang dihadapi sebaiknya selalu diselesaikan. Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan ketika belajar pemrograman. Tentunya, penguasaan dasar algoritma dan penguasaan bahasa inggris sebagai bahasa pemrograman dapat membantu anda dalam memahami dan mengatasi berbagai kesulitan. Selain itu, belajar pemrograman ini juga harus diimbangi dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan pantang menyerah.

Baca Juga :  Panduan Mudah Belajar MS Word Untuk Orang Awam